Sukses

Kalimalang Saat HUT Proklamasi

Saban tahun, berbagai lomba digelar di atas aliran sungai yang menjadi bahan baku air bersih Jakarta itu. Perjuangan para peserta lomba merebut hadiah menjadi pemandangan menarik sekaligus lucu.

Liputan6.com, Jakarta: Saat-saat penuh kemeriahan itu tiba. Di sepanjang Kalimalang, Jakarta Timur, saban tahun, Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ditunggu banyak orang. Sejumlah lomba digelar di atas aliran sungai yang menjadi bahan baku air bersih Jakarta itu. Yang menjadi favorit, panjat pinang, tentunya, seperti pada peringatan HUT ke-59 Proklamasi Kemerdekaan RI, Selasa (17/8). Ada juga lomba meniti di sebatang pohon pinang serta gebuk bantal.

Puluhan lomba yang digelar kali ini diikuti ratusan orang. Mereka memperebutkan hadiah utama, berupa sepeda dan televisi. Perjuangan peserta lomba merebut hadiah menjadi pemandangan menarik dan lucu sekaligus. Manakala ada peserta yang gagal ke puncak, otomatis mereka jatuh ke sungai. Peserta yang kecebur disambut sorak-sorai penonton. Begitu juga saat salah satu peserta lomba gebuk bantal berhasil disingkirkan lawannya hingga jatuh ke air.

Pada saat yang sama, kegembiraan merayakan HUT Proklamasi juga berlangsung di wilayah lain di Indonesia. Di Sea World, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, pengunjung dihibur pengibaran bendera Merah Putih raksasa berukuran 3 x 8 meter di dalam akuarium utama oleh para penyelam. Sejumlah artis Tanah Air ikut menyelam. Para pengunjung mengiring upacara pengibaran dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan [baca: Jusuf Kalla Merayakan HUT RI di Bogor].

Ratusan siswa SMU Labschool, Rawamangun, Jakarta Timur, mengikuti lari lintas juang sepanjang 25 kilometer. Uniknya, sepanjang kegiatan itu mereka harus mengenakan seragam pejuang lengkap dengan senjata bambu runcing [baca: Peringatan HUT RI ala SMU Labschool].

Warga Buyat, Sulawesi Utara, yang berada di Kantor Lembaga Bantuan Hukum Kesehatan, Manggarai, Jakarta Selatan, juga mengikuti berbagai perlombaan yang digelar di sana. Ada lomba makan kerupuk dan panjat pinang. Bedanya, bukan hadiah yang digantung di puncak batang pinang, tapi ikan kertas berbintik-bintik seolah sakit lantaran tercemar limbah. Cuma satu ikan yang sehat. Ikan itulah yang harus diambil peserta [baca: Ragam Kegiatan di Hari Kemerdekaan].

Di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, peringatan HUT Kemerdekaan dirayakan dengan melibatkan puluhan hewan, seperti gajah, unta, orang utan. Bersama pelatihnya, hewan-hewan itu mengikuti upacara bendera.(SID/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini