Sukses

7 Makanan Ini Terbukti Dapat Mencerahkan Kulit Anda

Penasaran apa saja makanan yang terbukti dapat membuat kulit Anda cerah? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin memiliki kulit bersih dan cerah? Jika Anda masih saja bermasalah dengan jerawat dan pori-pori tersumbat, ketahuilah bahwa ada beberapa faktor yang berkontribusi dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, dilansir dari ehow.com, Jumat (6/7/2018), berikut ini adalah beberapa makanan yang terbukti dapat mencerahkan kulit. Penasaran apa saja?

1. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon adalah salah satu sumber asam lemak omega 3 terbaik. Omega 3 memiliki siat anti inflamasi yang kuat, dapat mengatasi kondisi peradangan pada kulit seperti jerawat.

Sedangkan asam lemak esensial juga dapat membantu mempertahankan penghalang lemak alami kulit Anda, melindungi kulit dari infeksi. Apa Anda suka makan salmon?

2. Biji chia

Tanaman yang merupakan sumber omega 3 juga penting untuk mencerahkan kulit. Biji chia juga merupakan tanaman yang kaya akan kandungan kalsium, protein, dan serat yang baik untuk merawat kulit secara keseluruhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa makanan yang terbukti dapat mencerahkan kulit

3. Biji-bijian

Biji-bijian penuh dengan serat, membuat gula darah lebih stabil. Anda juga bisa mengonsumsi biji-bijian yang telah diolah, seperti roti putih, nasi, atau pasta untuk mencegah timbulnya jerawat.

4. Teh rooibos

Teh ini berfungsi untuk membantu menenangkan jerawat. Sama halnya dengan teh hijau, teh rooibos mengandung antioksidan, membantu memerangi iritasi yang mungkin menyebabkan jerawat.

Bedanya, teh rooibos bebas kafein yang lebih menghidrasi dan membantu mencerahkan kulit dengan lebih baik. Teh rooibos mengandung beberapa mineral, termasuk kalsium, zat besi, dan magnesium yang dapat menyehatkan kulit dari dalam maupun dari luar.

5. Buncis

Buncis ternyata sangat hebat dalam mengelola jerawat, berkat kandungan sengnya yang berlimpah. Seng memainkan peran dalam sistem kekebalan tubuh, membantu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat.

3 dari 3 halaman

Beberapa makanan yang terbukti dapat mencerahkan kulit

6. Bayam dan kale

Sayuran hijau seperti bayam dan kale dapat membantu Anda memerangi jerawat. Kedua sayuran ini dapat menghidrasi dan mencerahkan kulit, terutama karena keduanya memiliki kandungan vitamin A.

Vitamin A berfungsi dengan sistem kekebalan tubuh Anda, serta mempromosikan pergantian sel yang sehat, membuat kulit tetap sehat dan cerah. Beta karoten dalam kedua sayuran ini juga bisa memberi kilau pada kulit Anda.

7. Kacang brasil

Kacang brasil memiliki kandungan selenium, yang berfungsi sebagai antioksidan kuat melawan iritasi dan peradangan. Sudah pernah mencoba mengonsumsi kacang brasil?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.