Sukses

Air Beras Jadi Rahasia Rambut Rapunzel Wanita Cina

Begini cara wanita Cina gunakan air beras untuk membuat rambut sehat

Liputan6.com, Jakarta Wanita cina terkenal dengan kulit yang mulus. Banyak wanita Asia yang iri dengan anugrah kulit putih dan rambut panjang wanita Cina. Sebuah desa di Cina bernama The Long Hair Village di Cina kuno Huangluo memiliki penduduk wanita dengan rambut yang sehat dan berkilau.

Para wanita Yao terkenal dengan rambut panjang dan berkilau mereka. Sebagian besar dari wanita di wilayah ini memiliki rambut yang panjangnya lebih dari 1,4 meter. Seperti dikutip dari Bright Side pada Jumat (29/6/2018) rambut rapunzel yang sehat milik wanita Cina ini didapat dari air beras yang difermentasi. Bagaimana bisa?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air Beras Jadi Rahasia Rambut Rapunzel Wanita Cina

Sejak jaman kuno, para wanita Yao serta putri kerajaan Cinta telah menggunakan air beras yang mereka masak untuk mencuci rambutnya. Bagi mereka, rambut panjang dan berkilau menjadi milik mereka yang paling berharga. Pasalnya melambangkan umur panjang, kemakmuran, kekayaan, dan nasib baik.

Para wanita Yao menganggap bahwa rambut mereka adalah suci. Tidak boleh ada yang menyentuh bahkan melihat rambutnya kecuali suami dan anak-anaknya. Dulu, seseorang yang melihat rambut rapunzel ini, akan dipaksa menjadi menantu keluarga tersebut.

Lalu, bagaimana air beras mampu merawat kesehatan rambut wanita Cina?

3 dari 3 halaman

Khasiat air beras

Berdasarkan studi, air beras yang difermentasi memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah kaya antioksidan, mineral, dan vitamin E yang mampu meningkatkan elastisitas rambut dan memiliki khasitas memulihkan.

Selain itu, kandungan inositol dan karbohidratnya dikenal mampu memperbaiki rambut rusak. Kandungan ini juga akan menjaga rambut dari kerusakan yang lebih parah. Sedangkan kandungan asam amino dalam beras berfungsi untuk menguatkan akar rambut.

Untuk menggunakan air beras sebagai bagian dari perawatan rambut, Anda bisa mencoba resep berikut ini.

Bahan:

  1. Secangkir beras
  2. Air
  3. Minyak esensial

Cara membuat:

  1. Bilas secangkir beras hingga benar-benar bersih
  2. Kemudian tambahkan semangkuk air sambil sesekali diaduk
  3. Diamkan pada suhu kamar pada satu hingga dua hari untuk masa fermentasi. Air beras akan berubah menjadi asam.
  4. Rebus air beras fermentasi dan biarkan hingga dingin
  5. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda.
  6. Gunakan air ini sebagai sampo alami dengan memijat ke kulit kepala dengan lembut.
  7. Bilas rambut sampai bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.