Sukses

Apakah Mengekstraksi Komedo Baik untuk Kulit?

Apa manfaat dari mengekstraksi komedo dan kebaikannya untuk kulit? Simak di sini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Apa Anda sering bermasalah dengan komedo di kulit wajah? Jika iya, mungkin ekstraksi adalah cara terbaik dan memuaskan untuk menghilangkan komedo selamanya.

Namun, mengekstraksi komedo yang tidak dilakukan dengan cara yang tepat hanya akan menyakiti kulit lebih lanjut. Sebelum melakukannya, ada baiknya Anda memahami beberapa hal berikut ini tentang mengekstraksi komedo, seperti dilansir dari huffingtonpost.com, Rabu (6/6/2018).

Apa itu ekstraksi?

Ekstraksi adalah proses mengeluarkan kotoran di dalam pori-pori kulit wajah. Kotoran ini bisa karena riasan wajah, keringat, atau sebum.

Sebum sendiri adalah zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous tubuh yang dapat membantu melindungi kulit dari bakteri tertentu dan membuatnya tetap terhidrasi. Sayangnya, kelebihan sebum justru dapat menyebabkan jerawat dan komedo.

Proses ekstraksi biasanya melibatkan seorang profesional yang berpengalaman, menggunakan alat khusus, atau kadang-kadang tangan mereka akan menekan pori-pori kulit wajah untuk membantu mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya. Para ahli menganjurkan untuk melakukan ekstraksi selalu dengan alat, tidak menggunakan tangan.

Hasil dari ekstraksi sendiri biasanya adalah bola minyak keras serupa biji wijen kecil yang keluar dari pori-pori kulit. Inti dari ekstraksi komedo adalah untuk membantu membersihkan kulit dan menyembuhkan jerawat lebih cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa manfaat mengekstraksi komedo untuk kulit Anda?

Apa ekstraksi bisa menyebabkan sesuatu yang salah?

Ya, jika tidak dilakukan dengan benar. Ekstraksi yang tidak dilakukan dengan cara yang benar bisa meninggalkan bekas luka dan akhirnya mendorong bakteri masuk lebih jauh ke dalam kulit, menyebabkan lebih banyak jerawat.

Jika Anda melakukan ekstraksi terlalu agresif, folikel akan lebih meradang, memicu reaksi lebih banyak jerawat, dan infeksi bakteri. Selain itu, jika Anda melakukannya di tempat yang sama terlalu sering, maka akan meningkatkan risiko jaringan parut.

3 dari 3 halaman

Apa manfaat mengekstraksi komedo untuk kulit Anda?

Seberapa sering Anda harus melakukan ekstraksi?

Sebenarnya jawaban setiap orang bervariasi. Jika Anda memiliki kulit normal, lakukanlah sebulan sekali, sedangkan kulit berminyak sebaiknya melakukan ekstraksi sebanyak dua kali dalam sebulan.

Para ahli sepakat untuk melarang ekstraksi yang dilakukan sendiri di rumah. Ekstraksi sebaiknya dilakukan oleh para profesional yang memastikan mereka telah terlatih dan dengan alat-alat yang bersih.

Ingatlah bahwa ekstraksi tidak akan menyelesaikan masalah kulit Anda. Ekstraksi memang baik untuk membuka pori-pori dan membersihkannya, namun penumpukan kotoran juga akhirnya akan kembali lagi.

Hindari polusi udara dan rutin melakukan eksfoliasi. Selain itu, beberapa kandungan produk kecantikan yang bisa membantu Anda mengatasi komedo adalah alpha hydroxy acids, beta hydroxy acids, dan retinol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.