Sukses

Bedanya Gaun Pernikahan Putri Diana, Kate Middleton, dan Meghan Markle

Liputan6.com, Jakarta Dalam empat dekade terakhir, Kerajaan Inggris sukses menghelat tiga Royal Wedding, Putri Diana-Pangeran Charles, Pangeran William-Kate Middleton, dan Pangeran Harry-Meghan Markle. Meski tiap royal wedding terikat tradisi kerajaan, salah satu yang paling bervariasi adalah gaun pengantin. Melansir dari elle.com, Senin (21/5/2018), mari kita bandingkan;

The Designer

Putri Diana

Kala itu bernama Diana Spencer memilih gaun yang dirancang oleh pasangan suami istri David dan Elizabth Emanuel yang berbasis di London. Sebelum mendesain gaun pengantin yang dipakai saat menikah dengan Pangeran Charles, 29 Juli 2018, Lady Di memang kerap dibuatkan gaun adibusana dan sudah lama jadi desainer favoritnya.

Kate Middleton

Gaun pengantin Duchess of Cambridge, Kate Middleton juga dirancang oleh seorang Londoner, desainer Sarah Burton untuk Alexander McQueen pada 29 April 2011. Gaun lace tersebut berhasil menguasai tren busana pengantin selama tiga tahun belakangan.

Meghan Markle

Gaun pengantin minimalis Meghan Markle dirancang oleh Clare Waight Keller yang tinggal di Birmingham. Ia juga Direktur Artistik rumah mode Prancis, Givenchy.

 

2 dari 5 halaman

The Style

Putri Diana

Gaun Princess Diana berjaya di masanya dengan potongan rumit yang extravagan. Lengan kerah balon dan banyak renda di seluruh bagian gaun yang jadi tren di tahun 1980-an.

Kate Middleton

Sang menantu pertama memilih gaun dengan desain renda, satin, dan tulle mirip gaun pengantin Putri Grace dari Monaco. Kala itu dunia menyanjung gaun putih gading dengan V neck tapi tetap sopan, lengan penuh renda, dan sedikit padding di pinggung untuk menonjolkan keindahan tubuh pengantin wanita. Gaun yang menjuntai panjang ini dipegangi sang adik Pippa Middleton sebagai pengiring pengantin.

Meghan Markle

Meghan mengukir sejarahnya sendiri sebagai orang Amerika yang masuk keluarga Kerajaan Inggris. Ia memilih gaun berbeda dan memimpin tren baru dengan potongan yang clean dan minimalis. Jika gaun tersebut mengingatkan Anda pada Audrey Hepburn, hal itu karena Givenchy adalah desainer favorit ikon fashion tersebut.

3 dari 5 halaman

The Veil and Tiara

Putri Diana

Tak ingin dikalahkan oleh gaunnya, Diana memakai kerudung panjang terbuat dari 153 meter kain tule dan memakai tiara keluarga Spencer. Tiara tersebut merupakan pusaka abad ke-18 yang dipinjamkan Diana oleh ayahnya.

Kate Middleton

Sedangkan Kate memilih kerudung mid-length tipis yang terbuat dari tulle sutra yang dihiasi dengan bunga sulaman tangan. Tiara miliknya adalah the Cartier halo juga dipinjamkan oleh HRH The Queen. Tiara tersebut memiliki hampir 1.000 berlian yang merupakan kado Ratu Elizabet ke-18 dari sang ayah Raja George VI.

Meghan Markle

Ratu Elizabeth kembali meminjamkan lagi satu tiaranya, the Queen Mary Diamond Bandeau yang dibeli dari London jeweler Garrard pada tahun 1925. Meghan memasangkan tiara dengan kerudung sutra 16 kaki yang menampilkan bunga bordir mewakili 53 Persemakmuran Inggris bersama dengan bunga California Poppy.

4 dari 5 halaman

The Price

Gaun Putri Diana yang rumit diperkirakan sekitar 115 ribu Dolar AS atau sekitar 330 ribu Dolar AS menurut standar saat ini.

Sementara gaun Kate Middleton dikabarkan seharga 434 ribu Dolar AS.

Nah, untuk Meghan Markle belum ada kisaran pasti harga gaun pengantinnya. Tapi melihat gaun pengantin Givenchy Kim Kardashian saat dinikahi Kanye West seharga 500 ribu Dolar AS di tahun 2014, sudah ada bayangan jika pasti melampaui nilai tersebut.

5 dari 5 halaman

The Shoes

Putri Diana memakai sepatu pernikahan Diana Clive Shilton yang dirancang selama enam bulan. Sepatu tersebut dihiasi payet, mutiara, dengan tumit rendah.

Hal itu karena tidak ingin tampil lebih tinggi dari suaminya. Juga untuk membuatnya tidak tersandung saat pemberkatan. Inisial C dan D di bawah tumit juga diukir sebagai penyatuan mereka.

Kate Middleton memilih stiletto almond toes yang terbuat dari satin gading dan bording tangan serta renda yang sama dengan kerudungnya. Sama seperti gaun pengantin, veil dibuat oleh Alexander McQueen.

Dan Meghan Markle memakai pump shoes simpel atau di Inggris populer dengan sebutan court shoues dari Manolo Blahnik.

 

Artikel Selanjutnya
Setelah Royal Wedding, Meghan Markle Sulit Hadapi Hidup Baru?
Artikel Selanjutnya
Hadir di Royal Wedding, Perempuan Mirip Putri Diana Ini Bikin Heboh