Sukses

Perawatan Ekstra dengan Masker Wajah Alami dari Buah-buahan di bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Wajah merupakan bagian tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari, polutan, juga radikal bebas lainnya. Karena itu wajah perlu dirawat dan diberi nutrisi ekstra. Nutrisi untuk wajah bisa berupa masker yang diaplikasikan secara rutin agar kesehatan kulit wajah terjaga. Apalagi di bulan Ramadan seperti saat ini, kulit wajah pun akan lebih mudah dehidrasi.

Masker wajah memang banyak yang sudah dikemas dan tersedia di pasaran. Namun Anda bisa membuat masker wajah sendiri dengan menggunakan buah-buahan yang mudah didapatkan. Anda juga tidak perlu mengeluarkan anggaran besar untuk pergi ke salon dan melakukan perawatan.

Dilansir dari dari buku berjudul "Dari Alam untuk Kecantikan Sempurna karya Sukmo Pinuji", berikut adalah resep masker perawatan wajah alami dari buah-buahan yang bisa Anda aplikasikan sesuai jenis kulit Anda dan mampu menjaga kelembapan kulit selama bulan ramadan, disarikan 

Masker Apel

Apel sangat baik digunakan untuk jenis kulit yang berminyak dan mudah berjerawat. Apel  kaya vitamin yang terdiri dari vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan vitamin C. Apel juga diperkaya dengan kandungan mineral antara lain kalsium, magnesium, potasium, dan zat besi. Untuk membuat masker apel, siapkan satu buah apel ukuran sedang. Parutlah apel tersebut lalu campur dengan lima sendok makan madu. Oleskan ke seluruh wajah kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah mengering, bersihkan wajah.

Masker Wortel

Wortel juga merupakan buah yang sangat bagus untuk jenis kulit berminyak. Wortel mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin B yang baik bagi kulit. Kandungan beta karoten dan potasium yang ada di dalam wortel juga dapat membantu merawat kulit. Untuk membuat masker wortel, siapkan dua atau tiga buah wortel. Rebus wortel tersebut kemudian dihancurkan sampai lembut. Campurkan dengan setengah sendok madu kemudian oleskan pada wajah. Tunggu hingga 10 menit kemudian bersihkan wajah.

 

2 dari 3 halaman

Masker Alpukat

Buah alpukat sangat cocok digunakan untuk kulit kering karena buah ini mengandung lemak sehat yang sangat baik untuk melembapkan kulit kering. Buah ini juga kaya akan protein, karotenoid, dan mineral-mineral penting lainnya. Untuk membuat masker alpukat, sediakan setengah buah alpukat kemudian haluskan. Campur dengan lima sendok madu. Aplikasikan resep tadi ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu cuci bersih wajah.

 

3 dari 3 halaman

Masker Pisang

Pisang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki kulit cenderung kering. Buah ini kaya akan vitamin C, B6, potasium, serta mengandung pelembap alami yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Untuk membuat masker pisang, sediakan dua buah pisang matang lalu haluskan. Campurkan dengan lima sendok makan madu. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah, tunggu hingga 10 menit sebelum dibersihkan.

Ana Fauziyah