Sukses

Manfaat Ragam Jenis Kacang untuk Kecantikan

Simak ragam jenis kacang yang baik untuk kecantikan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, tak hanya dibutuhkan perawatan dari luar saja. Tapi kecantikan kukit juga harus didukung dengan asupan panganan yang kita konsumsi. Makanan tersebut harus mengadung vitamin, mineral dan zat lainnya yang diperlukan untuk kulit Anda. Lalu bagaimana dengan kacang? Apakah benar kacang-kacangan dapat menutrisi kulit dan menjaganya untuk tetap sehat dan cantik? Simak manfaat kacang berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Almond

Jenis kacang yang sering ditemukan dalam olahan es krim dan kue ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan kulit. Almond merupakan salah satu sumber terbaik dari vitamin E yang dapat menutrisi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari. kamu bisa merasakan khasiat almond dengan cara dikonsumsi langsung atau diaplikasikan dalam bentuk almond oil. Dengan konsumsi almond secara rutin, kamu bisa mendapatkan kulit yang bersih dari jerawat, terjaga kelembutannya, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Satu hal yang perlu diingat, almond cukup padat akan kalori. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang secukupnya, ya!

2. Brazil Nuts

Brazil nuts umum digunakan dalam bentuk minyak. Minyak dalam brazil nuts merupakan sumber yang kaya akan vitamin A, E, selenium, magnesium, dan thiamine. Tak hanya itu, ekstrak brazil nut oil juga mengandung phytosterols dan asam amino. Minyak dari kacang ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki masalah dengan kulit kering, aging skin, psoriasis, dan eczema. Vitamin A dan E dalam brazil nuts kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit. Kandungan selenium dalam brazil nuts dapat meningkatkan imun yang mempercepat regenererasi sel kulit sehingga kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dan elastis. Selain itu, selenium yang terkandung juga berfungsi untuk melawan dan mencegah sel kanker pada kulit.

3 dari 3 halaman

3. Cashew

Sudah familiar dengan cashew nuts atau kacang mete, kan? Jenis kacang ini sering kali ditemukan dalam produk olahan cokelat berkat rasanya yang lezat serta teksturnya yang renyah tetapi mudah digigit. Selain enak untuk dikonsumsi, cashew nuts juga kaya akan beragam vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan niacin pada kacang ini dapat melindungi kulit dari dermatitis. Selain itu, cashew nuts juga memaksimalkan penggunaan zat besi pada tubuh sehingga radikal bebas dapat tereliminasi dan meningkatkan produksi melanin yang berfungsi merawat jaringan kulit guna mencegah munculnya kerutan.

4. Pistachio

Pistachio juga merupakan salah satu jenis kacang yang bermanfaat untuk kesehatan kulit berkat kandungan vitamin, mineral, dan beragam antioksidan. Jenis kacang yang satu ini kaya akan kandungan vitamin E yang dapat melembapkan kulit serta mengurangi tanda penuaan pada kulit. Mulai dari garis halus, kerutan, hingga dark spots. Dengan mengonsumsi pistachio secara rutin, kadar gula darah dapat menjadi seimbang dan membuat kulit menjadi sehat dan terhindar dari blemish. Kandungan vitamin A, C, dan E, serta zinc dan folic acid juga bertindak sebagai anti-oksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.

5. Walnut

Walnut merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Kandungan Omega-3 pada pada walnuts dapat memperkuat membran sel kulit, membantu kulit dalam mengikat cairan dan nutrisi, serta menjaga kulit dari racun yang dapat merusak sel kulit. Tak hanya itu, walnut juga memiliki kandungan lemak baik yang memiliki kandungan anti-inflamasi dan juga memiliki peran dalam melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Kamu yang memiliki masalah dengan dark circle juga dapat menggunakan walnut oil untuk mencerahkan area bawah mata. Selain mencerahkan, efek soothing dari minyak ini juga dapat membantu mengempiskan kantong mata.

Penulis: Nisita Widinati

Sumber: Vemale.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.