Sukses

Makeup Sempurna untuk Pemilik Kulit Gelap? Ini Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Makeup yang baik dan tepat dapat memancarkan kecantikan seorang wanita. Namun terkadang tidak semua wanita memahami bagaimana memilih produk makeup yang cocok, dan sesuai dengan warna kulit.

Kulit wajah dengan warna gelap seringkali lebih sulit untuk dirias dengan tepat. Jika Anda menginginkan makeup yang tepat untuk kulit gelap, ikuti tips ini seperti yang dilansir dari Boldsky pada Kamis (1/2/2018).

1. Perhatikan pemilihan warna

Kunci menemukan produk makeup yang tepat, terutama bagi kulit gelap adalah memilih warna makeup yang tepat. Warna yang salah dapat menyebabkan makeup yang berlebihan. Maka, sesuaikan warna makeup yang akan Anda gunakan dengan warna kulit. Secara garis besar, ada tiga jenis undertone kulit, yakni warm, cool, dan neutral. Dari ketiga jenis warna tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa jenis warna dari satu undertone.

  • warm: peach, kuning, dan emas
  • cool: merah, pink, dan biru
  • neutral: bisa menggunakan perpaduan warna dari dua jenis undertone sebelumnya.

2. Pilih foundation yang sesuai

Sekali Anda mengetahui undertone kulit Anda, akan membuat Anda lebih mudah memilih jenis foundation yang tepat. Aplikasikan sedikit foundation pada wajah, namun perlu Anda ingat warna seluruh tubuh Anda karena warna foundation harus sesuai dengan tubuh Anda. Jangan sampai terlihat belang antara satu bagian tubuh dengan bagian tubuh lainnya. Jika Anda ragu, Anda bisa menguji dua hingga tiga corak foundation di tempat yang sama. Tunggu beberapa saat dan tentukan dari ketiga warna tersebut, mana yang paling cocok di kulit Anda.

2 dari 3 halaman

3. Pilih blush on

Bagi Anda pemilik kulit gelap, pilih produk makeup untuk blush on dengan warna-warna ungu muda, jingga, atau cranberry. Namun jangan takut untuk mencoba warna berani. Jika Anda memiliki tone kulit yang hangat, Anda bisa menggunakan warna fuchsia yang cerah. Jika Anda memiliki tone kulit dingin, Anda bisa menggunakan warna tangerine.

4. Warna eyeshadow

Setiap warna yang kaya pada mata akan membuat Anda terlihat cantik. Shade seperti biru cerah, ungu, hijau emerald, deep burgundy akan membuat kulit Anda terlihat sempurna. Sedangkan warna bronze dan emas akan membuat kulit Anda menjadi hangat dan mencerahkan mata Anda. Hindari penggunaan warna putih karena akan membuat kulit Anda kering dan kusam. Jika Anda menyukai warna matte, maka pilihlah warna netral seperti cokelat atau nude.

3 dari 3 halaman

5. Gunakan bronzer

Ilustrasi Foto Kuas Makeup (iStockphoto)

Bronzer akan memberikan ilusi dan meningkatkan warna kulit Anda. Pilih warna bronzer yang tepat, jangan terlalu muda atau terlalu tua. Terapkan pada dahi dan tulang pipi bagian atas akan membuat kulit Anda nampak hangat.

6. Warna lipstik

Warna pink atau violet akan membuat bibir Anda nampak lebih segar. Sementara warna matte dan warna berry akan menghangatkan corak Anda. Jika Anda memang memiliki warna kulit yang hangat, gunakan lipstik berwarna peach, jingga kemerah-merahan, dan juga nuansa cokelat. Sedangkan jika Anda memiliki tone warna kulit yang dingin, maka ungu muda dan merah muda akan menjadi pilihan terbaik untuk bibir Anda.