Sukses

Terpesona Kilau Berlian Berwarna yang Memukau

Jika ingin merasakan sensasi berbeda dari batu mulia ini, maka berlian berwarna bisa jadi jawabannya.

Liputan6.com, Jakarta Kilau berlian memang mampu membuat siapapun terpesona. Apalagi berlian asli, satu karat pun sudah dapat menjadi pusat perhatian. Perhiasan dengan berlian pun banyak dicari orang karena pesonanya.

Warna putih merupakan warna umum dari berlian, maka tak heran paduannya dengan warna pakaian apapun terlihat cantik. Namun, jika ingin merasakan sensasi berbeda dari batu mulia ini, maka berlian berwarna bisa jadi jawabannya.

Brand Manager Mondial Jeweler Yogie Siswantoro mengatakan, berlian berwarna tengah menjadi tren akhir-akhir ini. Sebab, berlian berwarna masih cukup langka, apalagi dengan warna-warna yang unik.

"Paling banyak sekarang adalah berlian kuning. Ada juga yang lebih langka lagi yakni berlian hijau dan pink," kata Yogie di sela-sela pameran perhiasan koleksi spesial Mondial dan Miss Mondial di Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Warna yang dimiliki berlian berwarna adalah karena batu ini mengandung nitrogen. Warnanya tergantung dari tempat mereka ditambang.

Warna kuning dan cokelat merupakan yang paling umum. Meski jumlahnya tetap lebih sedikit daripada berlian putih. Semantara warna hijau, ungu, atau merah cenderung lebih langka lagi.

Semakin pekat warnanya, semakin langka pula berlian. Kelangkaan dan intensitas warna ini juga berpengaruh terhadap harga berlian.

"Jika untuk berlian putih satu karatnya berharga Rp 150-170 juta, untuk berlian berwarna biasanya lebih mahal. Satu karat berlian kuning dapat mencapai Rp 1,5 miliar," ujar Yogie.

Namun, berlian berwarna juga tengah dicari orang sehingga nilai itu bisa terus meningkat. Jika sudah dibuat perhiasan, berlian berwarna biasanya dikombinasikan dengan berlian dan emas putih sehingga semakin menarik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.