Sukses

Terkuak, 5 Kesalahan Cara Mencuci Jeans yang Belum Diketahui

Berikut lima kesalahan ketika mencuci jeans yang belum Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Jeans merupakan fashion item yang dimiliki oleh hampir semua orang. Jeans dapat membuat penampilan Anda stylish dan keren secara praktis. Anda juga bebas memadupadankan dengan berbagai jenis atasan. Namun, ada hal yang kurang diperhatikan pengguna jeans yaitu perawatannya.

Jeans terbuat dari material yang smart sehingga bisa menyesuaikan suhu tubuh dan bakteri, sehingga Anda tidak perlu mencuci terlalu sering. Aktivitas yang padat dan dilakukan secara outdor tentu tetap akan berpengaruh pada jeans Anda sehingga tetap harus Anda bersihkan minimal satu kali dalam sebulan.

Namun, masih banyak yang melakukan kesalahan ketika mencuci jeans sehingga mempengaruhi warnanya. Seperti yang lansir dari situs GoodHouseKeeping, Rabu (18/8/2016), berikut kesalahan saat mencuci yang dapat membuat kerusakan pada jeans.

1. Mencuci tanpa membalikkan sisi dalam

Tidak masalah ketika Anda ingin mencuci jeans menggunakan mesin. Namun perhatikan beberapa detil yang sederhana namun bisa berdampak pada kerusakan jeans Anda. Ketika memasukkan ke dalam mesin pastikan Anda telah membalik jeans sehingga sisi luar jeans terlindungi dari gesekan dengan kain lainnya. Selain itu juga pastikan juga zipper terkunci agar tidak rusak saat mesin beroperasi.

2. Memasukkan terlalu banyak jeans

Anda mungkin saja ingin menyelesaikan proses mencuci jeans secara cepat, sehingga memasukkan semua jeans kotor Anda ke dalam mesin cuci. Namun hal ini akan membuat jeans Anda rusak. Di dalam mesin, jeans tersebut kekurangan ruang untuk berkerak yang dapat menyebabkan paku pada satu jeans merobek jeans lainnya.

Ilustrasi celana jeans (Reuters)

3. Urutan mencuci yang salah

Pada saat mencuci jeans menggunakan mesin cuci, Anda kerap tidak memperhatikan siklusnya. Pilih mencuci dengan lembut pada mesin cuci Anda dan usahakan untuk menggunakan air dingin. Pada saat mengeringkan, gunakan temperatur yang rendah agar tidak merusak material jeans.

4. Tidak memilih detergen khusus

Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal saat mencuci jeans, gunakanlah detergen khusus yang menjaga warna tetap baik dan menonaktifkan klorin di dalam air yang dapat memudarkan warna jeans Anda.

5. Membiarkan jeans terlalu lama di mesin pengering

Kain akan menyusut ketika Anda mengeringkan terlalu lama. Begitu juga halnya dengan jeans. Anda akan mendapati jeans Anda dalam keadaan kusut jika membiarkan terlalu lama di dalam mesin cuci. Usahakan untuk mengeringkan sebentar, kemudian langsung mengeluarkan jeans Anda. Anda dapat melanjutkan proses pengeringan dengan menggantungkan jeans namun hindari sinar matahari yang terlalu terik. Selamat mencoba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini