Sukses

Manfaat Susu untuk Kecantikan

Ternyata susu tidak hanya sehat untuk dikonsumsi namun juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Susu sudah jadi bagian dari kehidupan manusia sejak dini. Hingga dewasa pun, masih banyak orang dewasa yang secara rutin mengonsumsi susu setiap hari. Namun tahukah Anda bahwa susu juga memberikan manfaat bagi kecantikan kulit?

Cleopatra yang bisa pakai susu untuk memelihara kecantikannya, tapi Anda pun bisa dengan mengikuti tips yang dilansir Allure.com pada Senin (15/8/2016) berikut ini.

Cleopatra yang terkenal akan kecantikannya dipercaya sering berendam di bak penuh susu untuk melembutkan kulitnya. Hal ini memang benar karena susu mengandung lactic acid yang mampu merontokkan sel-sel kulit mati hingga kulit pun jadi lebih lembut. Namun, dalam kecantikan ternyata manfaat susu tak cuma itu saja!

Hairstylist ternama Richard Marin menyarankan untuk sesekali membilas rambut dengan susu murni untuk menambah kilau rambut. Selain membuat rambut terlihat mengilap, bahan acid yang ada dalam susu membantu untuk merontokkan kotoran di kulit kepala dan membuat rambut terasa lebih halus. Manfaat lainnya adalah susu akan menambah berat pada rambut. Bilas seluruh rambut dengan susu (gunakan susu murni biasa, bukan susu skim dan untuk tambahan gizi di rambut susu murni bisa dicampur dengan madu) atau taruh susu di botol semprot dan semprotkan pada rambut. Sisir terus rambut selama beberapa menit, idealnya 10-20 menit. Bilas dengan air lalu keramas seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut dan akan lebih mudah untuk di-blow lurus. Bahkan tanpa di-blow pun rambut akan terlihat lebih lurus karena tambahan berat dari susu tadi.

Untuk kulit, susu tak hanya bisa menghaluskan saja tapi juga melembapkan dan meredakan peradangan. Jika kulit Anda terasa perih dan panas karena terbakar sinar matahari, coba kompres dengan susu dingin agar peradangannya mereda dan rasa panasnya hilang. Tapi jika kulit Anda tergolong peka maka hati-hati menggunakan susu karena lactic acid yang ada dalam susu berpotensi untuk membuat kulit terasa perih di kulit yang peka. Untuk kulit tubuh yang cenderung berjerawat, coba sesekali gunakan masker yang terbuat dari campuran yogurt tawar tanpa rasa dan tanpa gula dengan kandungan probiotik dan madu murni.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini