Sukses

Minum Teh Hijau Setiap Hari Bikin Wajah Bersih dari Jerawat

Kulit wajah Anda berjerawat?Tak perlu lagi bingung, teh hijau solusi mudahnya.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda sering mendengar bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan antioksidan yang tinggi. Ternyata sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh National Yang-Ming University, Taiwan menunjukkan bahwa satu manfaat lagi teh hijau yang jarang diketahui oleh publik, yaitu menghilangkan jerawat pada wajah orang dewasa, seperti dilansir dari foodandwine.com, Senin (30/5/2016).

Dalam studi tersebut, peneliti mengamati 80 partisipan wanita dengan rentang usia antara 25 sampai 45 tahun. Setiap partisipan memiliki masalah kulit berjerawat dari tingkat yang biasa sampai dengan yang paling berat.
Sebagai bagian dari penelitian, selama empat minggu berturut-turut, beberapa partisipan dipilih secara acak untuk meminum ekstrak teh hijau tanpa kafein dengan rutin.

Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa para partisipan yang meminum ekstrak teh hijau secara rutin mengalami kesembuhan dari jerawat yang terdapat pada hidung, mulut, dan dagu. Berkurangnya jerawat di wajah mereka terlihat sangat signifikan.

Teh hijau telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama bertahun-tahun, seperti untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Teh hijau | Via: istimewa

"Teh hijau adalah antioksidan, anti inflamasi, dan beberapa juga mengandung kafein yang dapat membantu menjaga sistem tubuh Anda tetap bersih, serta berfungsi sebagai detoksifikasi," papar Celeste Hilling, seorang ahli perawatan kulit, sekaligus pendiri dari Authority Skin.

Teh hijau juga mengandung banyak bahan kimia yang sangat bermanfaat bagi kulit.

"Penelitian ini sangat menarik, karena selama ini kami tahu bahwa EGCG, sebuah polifenol di dalam teh hijau merupakan antioksidan yang kuat, serta dapat membantu peradangan jerawat," jelas Dr. S. Manjula Jegasothy, seorang pendiri dari Miami Skin Institute.

Komunitas medis juga mengakui bahwa ekstrak teh hijau memiliki sifat antibakteri, namun Anda disarankan untuk mengonsumsinya sebanyak satu cangkir dalam sehari.

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi jika jerawat muncul di wajah, bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini