Sukses

Trendi IKAT Indonesia ala Didiet Maulana di Fashion Nation

Capsule Collection Fashion Nation 2015 menampilkan rancangan-rancangan trendi IKAT Indonesia dari desainer Didiet Maulana.

Liputan6.com, Jakarta Fashion Nation 2015 speaks a lot about Batik. Hal ini bisa terlihat dari mulai pembukaannya yang menampilkan interpretasi dekonstrukstif atas batik yang dihadirkan oleh desainer Mel Ahyar dan Ek Thongprasert hingga pameran karya intsalasi Didi Budiardjo yang bertema `Sawunggaling`.

Satu hal lagi yang tak boleh luput disebut adalah Capsule Collection yang melibatkan 3 label fesyen tanah air. Meneruskan kesuksesan Capsule Collection di Jakarta Fashion Week 2015 pada akhir tahun 2014 lalu, Senayan City kembali menghadirkan kolaborasi serupa di Fashion Nation 2015.

Jika karya-karya Mel Ahyar dan Ek Thongprasert merupakan satu new grand concept mengenai batik, Capsule Collection pada ajang yang dilakukan untuk ke-9 kalinya ini merupakan satu opsi mode keseharian dengan tetap mengusung satu pendekatan berbeda terhadap batik.

TIKPrive by Iwet Ramadahan mengkaryakan motif kawung sebagai potongan-potongan motif dalam rancangan-rancangan busana wanita maupun prianya. Sementara Purana by Nonita Respati menampilkan inspirasi palet tropis dalam bentuk busana-busana berbahan tenun yang berwarna-warni hasil teknik pewarnaan jumputan atau tie-dye.

Furthermore, an inviting modern collection with ethnic shades -known as IKAT Indonesia- was presented by Didiet Maulana’s. Pada sebuah look tampak bikini tops dari tenun ikat cantik berpadu dengan high-waisted skirt dan outerwear lengan pendek berwarna senada. Motif tenun ikat dominan warna hijau dan copper bersapu kuning yang dipakai Didiet pada koleksi ini membawa nuansa abstract art yang bold nan intens.

Kala motif tersebut ditampilkan berdampingan dengan warna-warna plain pada sebuah rancangan modern seperti kemeja abu-abu lengan panjang yang dikenakan Rio Dewanto atau varsity jacket hitam yang dipakai Mike Lewis, hasilnya adalah a trendy statement yang benuansa kultural.

Capsule Collection Fashion Nation 2015 dari ketiga label fesyen tersebut dapat diperoleh di pop up boutique di Senayan City pada 9-18 April 2015. (bio/ret)

 

(Fotografer: Herman Zakharia - Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini