Sukses

Alami Gangguan Pendengaran Tiba-Tiba, Mertua Kiky Saputri Didiagnosis Stroke Kuping

Mertua komika Kiky Saputri mengalami gangguan pendengaran secara tiba-tiba dan didiagnosis stroke kuping.

Liputan6.com, Jakarta Mertua komika Kiky Saputri mengalami gangguan pendengaran secara tiba-tiba dan didiagnosis stroke kuping.

Tindakan medis dengan penyuntikan sudah dilakukan tapi keadaan semakin parah. Mertua Kiky pun dilarikan ke rumah sakit di Singapura dan dokter disana tertawa lantaran baru mendengar istilah stroke kuping.

"Mertua saya didiagnosa stroke kuping karena tiba-tiba pendengarannya terganggu. Disuntik dalemnya malah makin parah pendengarannya," kicau Kiky di Twitter pribadinya.

"Akhirnya ke RS Spore dan diketawain sama dokternya mana ada stroke kuping. Itu cuma flu jadinya bindeng ke telinga dan sekarang udah sembuh. Kocak kan?," Kiky menambahkan.

Terkait kejadian ini, dokter spesialis bedah saraf Feda Makkiyah menyampaikan bahwa jika dilihat dari cerita Kiky Saputri, kondisi mertuanya lebih ke arah flu dan sinusitis. Feda sendiri tak pernah mendengar istilah stroke kuping.

"Stroke kuping tidak pernah saya dengar. Kalau dilihat ceritanya lebih ke arah flu dan sinusitis sehingga sekret atau lendir dari sinus nya memenuhi belakang telinga. Jadi, ini gejala singkat yang bisa sembuh jika memang gejala akut," ujar Feda kepada Health Liputan6.com melalui pesan teks pada Selasa (7/3/2023).

Feda menambahkan, biasanya stroke atau penurunan aliran pembuluh darah ke otak yang tiba-tiba bisa menyerang mata.

"Penglihatan gelap dan akan tetapi kemudian bisa membaik kembali," ujar Feda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Tim Vaskuler RS PON

Senada dengan Feda, Tim Vaskuler Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) menyampaikan bahwa istilah "stroke kuping" tidak digunakan dalam bidang kedokteran.

"Istilah 'stroke kuping' tidak digunakan dalam bidang kedokteran. Gangguan pendengaran memang bisa menjadi salah satu gejala dari stroke, tapi umumnya gejala gangguan pendengaran akibat stroke tidak berdiri sendiri," kata tim yang diwakili Ketua Indonesian Stroke Society (ISS) dr Adin Nulkhasanah, SpS, MARS, itu. 

Terdapat gejala penyerta lainnya, contoh seperti vertigo, gangguan keseimbangan, gangguan sensorik (kebas/baal) pada wajah, serta mulut mencong, lanjut Adin.

Gangguan pendengaran pada stroke dapat disebabkan oleh kerusakan pada area otak atau saraf yang bertanggung jawab atas pendengaran.

Kondisi ini dapat terjadi ketika pasokan darah ke area tersebut terganggu. Gangguan pasokan darah ini dapat disebabkan karena adanya sumbatan pembuluh darah atau adanya perdarahan akibat pecah pembuluh darah.

3 dari 4 halaman

Menurut Dokter Lainnya

Dokter spesialis saraf yang lain, Zicky Yombana, sempat membahas soal stroke telinga di kanal YouTube pribadinya.

Pembahasan ini tidak terkait dengan kondisi yang dialami mertua Kiky Saputri. Video penjelasan Zicky sendiri diunggah pada 23 Juni 2022, jauh sebelum kejadian yang menimpa mertua sang komika.

Dalam video berjudul 'Stroke Telinga Karena Headset', Zicky membahas soal seorang pemuda berusia belasan tahun mengalami stroke telinga akibat penggunaan headset.

Menurutnya, stroke yang dikenal di dunia kedokteran adalah gangguan aliran darah yang menuju otak. Baik karena sumbatan atau pendarahan akibat pembuluh darah pecah.

"Bisa enggak stroke menyebabkan gangguan pendengaran? Bisa, tapi stroke yang menyebabkan gangguan pendengaran itu terjadi karena area di otak yang berhubungan dengan pendengaran terganggu," kata Zicky dikutip pada Selasa 7 Maret 2023.

4 dari 4 halaman

Stroke Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran

Lebih lanjut Zicky menjelaskan, otak manusia berfungsi mengatur semua pergerakan tubuh dan berbagai aktivitas. Termasuk aktivitas mendengar, melihat, bicara, merasa, menggerakkan jantung, dan pergerakan lainnya.

Otak sendiri memiliki area-area tertentu, jika yang terganggu adalah aliran darah ke area pusat pendengaran maka pendengaran bisa terganggu.

"Jadi kalau ditanyakan apakah stroke bisa menyebabkan gangguan pendengaran? Ya. Stroke yang bagaimana? Stroke yang membuat pembuluh darah terganggu. Terganggu ke arah mana? Terganggu ke arah pusat pendengaran. Di mana? Di otak," katanya.

Namun, dia tidak setuju jika stroke yang mengganggu pendengaran bisa disebabkan penggunaan headset.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.