Sukses

Bikin Netizen Khawatir, Penyanyi K-Pop IU Ungkap Alami Gangguan Pendengaran Selama Setahun Terakhir

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan lalu, Bintang K-pop IU tampil di stadion utama Olimpiade di Kompleks Olahraga Jamsil, Seoul dan menampilkan pertunjukan yang luar biasa. Dari balon udara panas hingga kembang api, drone, dan banyak lagi, IU menyambut para penggemarnya dengan banyak festival.

Tapi, setelah penampilannya, penyanyi itu membuat pengakuan yang memilukan yang membuat jutaan penggemar datang untuk menghiburnya.

Seperti dikutip dari Zoomtventertainment dan laman Meaww, sepertinya IU menderita gangguan pendengaran sejak tahun lalu.

Sebenarnya sebelumnya juga dalam sebuah film dokumenter konser tahun 2021, IU mengungkapkan bahwa ia memiliki gangguan pendengaran dan sering mengalami kesulitan karena kecemasannya akan mempengaruhi pendengarannya.

Pada konser The Golden Hour, penyanyi Lilac ini berbicara kepada para penggemar, dan mengatakan, "Sejujurnya, penampilan hari ini sedikit sulit. Sebenarnya, saya memiliki beberapa masalah dengan telinga saya, jadi saya mempersiapkan pertunjukan dengan hati yang gugup."

"Telingaku agak buruk akhir-akhir ini. Telingaku terbuka dengan sendirinya, jadi pendengaranku mirip dengan pendengaranmu saat menguap. Saat aku mendengar diriku bernyanyi, itu menjadi terlalu keras dan berdering." IU didiagnosis dengan Patulous Eustachian Tube Disfunction.

Ini terutama dapat mempengaruhi para penyanyi karena suaranya sendiri terdengar lebih keras dari biasanya. Ini juga mengganggu pendengaran normal karena seseorang dapat mendengar napasnya sendiri atau memompa darah dengan keras. IU menambahkan itu semakin buruk saat bernyanyi. “Saat saya cemas, ada tekanan yang semakin besar saat saya bernyanyi, sehingga telinga saya lebih mudah terbuka,” ujarnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Mendengar hal itu, Uaenas (nama panggilan untuk penggemar IU) mengingat kembali perjuangan IU saat ia memeriksakan telinganya di film dokumenter 'Pieces' tahun 2021.

Beberapa dukungan dari penggemarnya seperti,"Mendengar ini setelah mengetahui, mendengar dari iu sendiri bahwa kondisi telinganya sudah kembali dan tidak baik-baik saja lagi," ujar seorang penggemar melalui twitter akunnya @_delightmoon 

"Sangat menyakitkan untuk menonton karena Anda dapat menyadari bagaimana ia mencoba mendengarkan musik dan nada dengan baik. Ada jeda cepat karena ia kesulitan mendengarnya," ujar yang lainnya, pengguna twitter dengan akun @ofcourseitsIU 

Seorang penggemar dengan nama akun @jiuaena menambahkan, "Mendengarkan My Sea setelah mendengar kondisi telinga IU, kesayangan mungil kami yang selalu bekerja keras untuk memberikan kami pertunjukan terbaik FOREVER WITH 1U4ENA." 

 

 

 

3 dari 4 halaman

IU Menenangkan Penggemar

Namun untuk menenangkan Uaenas, ia mengatakan bahwa itu bukan kondisi serius. Ia menjelaskan, "Ini tidak serius, tetapi situasinya adalah saya tidak bisa mengendalikan telinga saya dengan baik dan itu sudah berlangsung sejak sekitar setahun yang lalu."

Namun, bukan berarti IU tidak mengalami kesulitan dalam mempersiapkan pertunjukan dengan gelar yang belum pernah ada sebelumnya.

 

4 dari 4 halaman

Kondisi Tenggorokan IU Baik

Menjelaskan perjuangannya, ia menyatakan, "Untungnya, kondisi tenggorokan saya sangat baik, tetapi setelah penampilan kemarin, telinga saya menjadi sedikit lebih buruk, jadi saya pikir saya mengalami hari yang buruk saat berlatih tadi malam dan hari ini."

Ia tak lupa memberikan pujian kepada penggemar atas cinta yang mereka berikan.

"Saya datang ke atas panggung dengan berpikir, 'Saya tidak tahu apa yang akan terjadi' saat saya mulai menyanyikan lagu pertama. Tetapi saya pikir kalian benar-benar melakukan segalanya untuk pertunjukan hari ini."

Pada konser The Golden Hour, yang diadakan pada tanggal 17 dan 18 September adalah penampilan solo offline terbesar IU dalam tiga tahun terakhir. Hal yang membuatnya menjadi momen ikonik adalah bahwa ini juga pertama kalinya penyanyi solo wanita Korea naik ke panggung di stadion utama Olimpiade, yang merupakan stadion dengan kapasitas 70k tempat duduk.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS