Sukses

Bukan Ceramah, Begini Cara Anak Down Syndrome Syiar Islam Selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang punya cara masing-masing dalam syiar agama, ada yang membagikan ilmu seperti ustaz atau pendakwah ada pula yang melakukannya dengan cara lain seperti penyandang down syndrome asal Sumatera Barat, Imansyah Aditya Fitri.

Remaja yang akrab disapa Adit ini memiliki keahlian bermain drum. Selama Ramadan, ia memainkan lagu religi yang mengajak manusia mendekatkan diri kepada Tuhan dan mengajarkan kebaikan pada sesama via permainan drum-nya. Salah satu lagu yang dibawakan adalah lagu bertajuk Alhamdulillah dari penyanyi religi Opick.

Hal ini disampaikan ibu Adit, Emsyarfi, dengan permainan drum sang buah hati, ia berharap dapat menyalurkan semangat dan manfaat bagi sesama di bulan suci ini.

“Sekarang baru ada Adit yang rutin semangati sahabat muslim dengan mengirim lagu religi dua hari sekali sebulan penuh InshaAllah,” ujar Emsyarfi kepada kanal Disabilitas Liputan6.com melalui pesan teks, Kamis (15/4/2021).

Video-video lagu itu pun kemudian dibagikan melalui beberapa platform seperti grup WhatsApp, Instagram, dan Facebook.

Unggahan ini pun mendapat sambutan baik dari warganet. Banyak yang mengucapkan selamat Ramadan dan tak sedikit orang memuji kepiawaian Adit membawakan lagu religi dengan drum-nya.

“Keren bang Adit, selamat berpuasa, semoga dilancarkan,” tulis pemilik akun Instagram @rika.kartika.14606936.

“Bang Adit keren banget,” tulis warganet lainnya @ernarizki716.

2 dari 4 halaman

Kegiatan Selama Ramadan

Emsyarfi menambahkan, selama Ramadan, kegiatan Adit tetap beragam, tapi intensitasnya dikurangi.

“Sebenarnya semua aktivitas masih bisa dilakukan anak down syndrome di bulan Ramadan. Namun, kegiatan yang membutuhkan energi besar semisal olahraga atau bagi Adit bermain drum, dikurangi intensitasnya biar masih konsentrasi sampai waktu buka tiba,” katanya.

Adit sendiri tetap menjalankan olahraga sederhana seperti jalan pagi dan bersepeda. Ia juga masih berlatih drum dengan jam latihan yang dikurangi separuhnya.

“Karena latihan drum butuh energi cukup besar. Mendekati lebaran Adit akan sibuk bantu ibu bikin kue lebaran untuk dijual,” tutupnya.

3 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini