Sukses

Tak Sekadar Melatih Kekuatan Otot, Olahraga Juga Berperan Meningkatkan Taraf Hidup Anak Down Syndrome

Anak dengan Down syndrome perlu melakukan aktivitas fisik guna menjaga kebugaran layaknya anak pada umumnya.

Liputan6.com, Jakarta Anak dengan Down syndrome perlu melakukan aktivitas fisik guna menjaga kebugaran layaknya anak pada umumnya.

Berbagai olahraga dapat dilakukan untuk menstimulasi mobilitas dengan melatih otot-otot tubuhnya. Beberapa olahraga yang cocok untuk Down syndrome adalah berenang, menari, basket, dan main bola.

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari Klikdokter, olahraga adalah salah satu cara meningkatkan taraf hidup anak Down syndrome. Pasalnya, olahraga memiliki berbagai manfaat seperti:

Melatih Kekuatan Otot

Anak Down syndrome memiliki kekuatan otot yang tidak sesuai dengan anak sebayanya. Karena itu, kemampuan motorik kasar anak sindrom Down pun lebih lambat.

“Kemampuan motorik kasar yang dimaksud adalah kemampuan tengkurap, duduk sendiri, merangkak hingga berjalan dan berlari,” tulis Iqbal melansir Klikdokter, Kamis (7/1/2021).

Maka dari itu, olahraga dapat menjadi cara melatih kemampuan motorik tersebut agar dapat bekerja lebih optimal.

Menguatkan Jantung

Kebanyakan anak dengan sindrom Down memiliki kelainan jantung, lanjut Iqbal. Dengan berolahraga, peredaran darah ke organ, terutama jantung, akan menjadi lancar.

Walaupun tidak menyembuhkan, paling tidak olahraga dapat melancarkan peredaran darah sehingga jantung dan organ lainnya mendapatkan oksigen yang cukup.

Mencegah Obesitas

Penyandang Down syndrome sangat rentan terkena obesitas. Melihat hal ini, menurut Iqbal sebaiknya perkenalkan anak sedini mungkin dengan kegiatan lapangan yang dapat membakar kalori secara cepat.

Lebih lanjut, obesitas yang terjadi pada anak sindrom Down memiliki dampak kesehatan yang sama dengan orang normal lainnya. Dari penyakit stroke, pembuluh darah, dan lain-lain.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minimalisasi Infeksi

Meminimalkan Infeksi

Anak Down syndrome sangat rentan terhadap infeksi. Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan imunitas sehingga risiko infeksi dapat diminimalisasi.

Bersosialisasi

Olahraga, khususnya olahraga beregu, mempunyai manfaat dalam melatih anak sindrom Down bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, baik itu dengan teman yang tidak memiliki Down syndrome maupun sesama penyandang.

Hal ini akan membuat kepercayaan diri anak meningkat serta membantunya lebih mandiri.

Melatih Keseimbangan

Beberapa latihan keseimbangan bisa jadi bagian yang paling menyenangkan bagi anak dengan Down syndrome. Kegiatan seperti menyeimbangkan satu kaki dengan tangan di pinggul dalam keadaan mata tertutup akan menantang koordinasi dan perencanaan motorik anak.

3 dari 3 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.