Sukses

Peringati HUT TNI, Remaja Down Syndrome Ini Mainkan Drum dan Berdandan Layaknya Tentara

Liputan6.com, Jakarta Hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) diperingati setiap 5 Oktober. Untuk menyemarakkannya, Imansyah Aditya Fitri, seorang penyandang down syndrome asal Padang memainkan drum dengan lagu Selamat Datang Pahlawan Tidar.

Lagu yang bercerita tentang pahlawan kemerdekaan yang dirindukan masyarakat ini sangat identik dengan TNI. Tak hanya lagu yang sesuai, remaja 17 tahun ini juga berdandan ala tentara dengan kaos loreng dan ikat kepala merah putih.

Dalam video yang dibagikan kepada Liputan6.com dan diunggah di Instagram drummercookies, remaja yang akrab disapa Adit itu menabuh drum dengan penuh semangat dan ketukan yang tepat.

Menurut sang ibu, Emsyarfi, video ini dibuat dengan inisiatif sendiri untuk membuat anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia dipandang baik dan mampu melakukan hal yang kreatif.

“Saya ingin ABK diterima di semua lini kehidupan. Dihargai di semua lini kehidupan. Caranya dengan menyertakan mereka berpartisipasi sekecil apapun dalam berbagai kegiatan di negeri ini,” kata Emsyarfi melalui pesan singkat, Senin (5/10/2020).

2 dari 4 halaman

Mendapat Tanggapan Baik

Pembuatan video permainan drum tersebut dibuat dengan persetujuan dari pihak TNI. Emsyarfi sebelumnya meminta izin untuk mengenakan baju tantara dan membawakan lagu itu.

“Saya bertanya dulu kepada banyak petinggi TNI di berbagai kota, apakah boleh Adit pakai kaos TNI dan memainkan lagu TNI? Ternyata diizinkan asal bermainnya benar dan tidak dijadikan candaan.”

Dalam menguasai satu lagu perlu dilakukan latihan terus menerus selama satu minggu. Walau demikian, Adit yang memang sudah biasa bermain drum tidak menemukan kesulitan yang berarti dalam mempelajari lagu ini.

“Saya bersungguh-sungguh melatih Adit agar bisa memainkan lagu TNI ini dengan benar. Alhamdulillah Adit enjoy dan mainnya bagus.”

Emsyarfi juga sudah mengirimkan video Adit ke beberapa anggota TNI dan mendapatkan pujian dari mereka.

“Saya sudah kirim ke beberapa teman TNI, katanya ‘keren, terima kasih Adit’ tapi saya belum menemukan yang mau apresiasi tampilan adit ini di acara TNI.  Semoga nanti ada yang apresiasi lebih dari sekadar pujian,” pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Infografis Disabilitas

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: