Sukses

Sesame Street Buat Video Pentingnya Pakai Masker untuk Anak Autisme di Masa Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Sesame Street merilis video untuk membantu anak-anak penyandang autisme beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam menggunakan masker wajah di masa pandemi ini.

Sesame Workshop, lembaga nirlaba di balik Sesame Street, meluncurkan serangkaian video yang menampilkan Julia, muppet berusia 4 tahun dengan autisme dan bagaimana ia belajar menghadapi perubahan cara beraktivitas akibat COVID-19.

Dalam video tersebut, Sesame Street menunjukkan Julia melakukan beberapa aktivitas. Dimulai dari bermain secara virtual dengan Elmo, berlatih memakai masker selama melakukan panggilan video dengan ayahnya, dan mengunjungi taman untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama untuk belajar segala perubahan yang ada.

Selain video, Sesame Workshop juga menawarkan artikel dan cerita untuk membantu orang tua dan pengasuh dalam mendukung anak-anak mereka saat mereka menghadapi perubahan dalam rutinitas.

“Kami tahu bahwa anak-anak dengan autisme dan keluarganya mengalami tantangan unik selama pandemi COVID-19. Dimulai dari jadwal, rutinitas, dan pedoman dapat berubah dengan sedikit peringatan,” kata Jeanette Betancourt, wakil presiden senior U.S. social impact di Sesame Workshop, dikutip dari DisabilityScoop.

“Sumber daya baru dirancang untuk membantu keluarga mengelola keadaan yang tidak terduga, membiasakan anak-anak dengan perilaku baru seperti mengenakan masker, dan menerapkan strategi praktis ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Ini semua dijelaskan dengan sedikit bantuan dari Julia.”

 

2 dari 4 halaman

Inisiatif untuk keluarga penyandang autisme

Konten yang dirilis minggu ini merupakan konten yang terbaru dari Sesame Workshop. Konten ini dirancang untuk membantu anak-anak mengatasi pandemi. Selain itu, Musim semi ini, organisasi tersebut meluncurkan inisiatif “Peduli Satu Sama Lain” untuk membantu keluarga mengelola kecemasan dan menetapkan rutinitas baru. Saat itu, mereka juga menawarkan tips terkait COVID-19 khusus untuk keluarga penyandang autisme.

Seluruh materi autisme ini adalah bagian dari prakarsa “Sesame Street and Autism: See Amazing in All Children” yang  telah diluncurkan pada tahun 2015 dan konten ini mencakup berbagai video dan sumber daya online serta beberapa episode “Sesame Street” yang berfokus pada Julia.

 

(Vania Accalia)

3 dari 4 halaman

Infografis 180 Juta Warga Indonesia Target Vaksin Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: