Sukses

Juliari Batubara: Penyandang Disabilitas Punya Potensi Wujudkan Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan bahwa penyandang memiliki potensi untuk berkontribusi dalam mendukung Indonesia yang lebih maju. 

"Disabilitas memiliki potensi dan keahlian serta dapat berkontribusi mendukung cita-cita pemerintah mewujudkan Indonesia maju," kata Juliari dalam sambutannya di puncak perayaan Hari Disabilitas Internasional di Senayan, Jakarta pada Selasa (3/12/2019).

Menteri yang akrab disapa Ari itu mengatakan bahwa disabilitas sendiri merupakan isu multi-sektor yang membutuhkan perhatian dari banyak pihak. 

"Diperlukan kerja bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, kalangan dunia usaha, organisasi penyandang disabilitas, dan elemen masyarakat. Hal ini sudah sangat tegas dimandatkan dalam Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," kata Ari. 

Ari sendiri menjelaskan tema Hari Disabilitas Internasional di Indonesia yang bertajuk "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul" berarti Indonesia bersemangat mendorong penyandang disabilitas bisa berperan aktif dan menjadi agen perubahan.

2 dari 2 halaman

Pesan Wapres Ma'ruf Amin

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin memberikan pesan khusus kepada para penyandang disabilitas. 

"Kobarkan terus semangat untuk meningkatkan kemampuan," katanya.

"Jangan sekali-sekali berputus asa. Sumbangan saudara-saudara bagi bangsa dan negara, sangat dibutuhkan," tambah Ma'ruf Amin. 

Wapres mengatakan bahwa disabilitas sesungguhnya memiliki hak dan peran yang sama dengan non-disabilitas. Dia juga menambahkan, pemerintah juga berkomitmen untuk mendukung mereka dengan dasar hukum, kebijakan, peraturan, dan fasilitas.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Nerissa Cannon, Lakukan Perjalanan Sejauh 3.700 KM Dengan Kursi Roda
Artikel Selanjutnya
Mendobrak Stereotip Penyandang Disabilitas (Bagian 2): Saat Mereka Bicara Cinta