Sukses

Mouse dan Keyboard Khusus Untuk Disabilitas Karya Mahasiswa UGM

Ukuran Diamond sekitar 50 x 20 cm, ketinggian 15 cm dan kemiringan 15 derajat agar lebih nyaman digunakan penyandang disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Industri Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menciptakan mouse dan keyboard komputer untuk penyandang disabilitas.

Karyanya diberi nama Diamond atau Difabel mouse dan keyboard. Penyandang disabilitas tangan bisa dengan mudah mengakses komputer.

Ketua Tim Mahasiswa UGM Hilmy Andang Kurniawan mengatakan, hasil temuan tersebut untuk lomba I-Create di Bangkok.

"Berkat prestasi tersebut kami dihubungi pihak PT Telkom Indonesia untuk mengembangkannya," ujar Hilmy.

Hilmy mengatakan, Diamond sengaja dibuat untuk memudahkan penyandang disabilitas bagian atas saat menggunakan komputer.

"Diamond dibuat lebih besar dengan ukuran tertentu karena peletakannya di bawah. Keyboard ini sudah kami modifikasi, dengan hanya 34 tombol, lebih sederhana jika dibanding keyboard biasa, 46 tombol," papar Hilmy.

Hilmy menjelaskan, 34 tombol terdiri 26 tombol huruf abjad seperti komputer umumnya, sedangkan tombol lain menjadi satu dengan tombol simbol lain.

Menurut dia, ukuran Diamond sekitar 50 x 20 cm, ketinggian 15 cm dan kemiringan 15 derajat. Hal itu menurutnya agar Diamond lebih nyaman digunakan penyandang disabilitas.

"Pada awalnya kita membuat prototipe Diamond ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 5 juta. Namun biaya tersebut bisa ditekan menjadi hanya Rp 3 juta setelah adanya bantuan pengembangan dari PT Telkom. Untuk tahap awal, kita buat 10 buah dan diberikan kepada yayasan atau sekolah khusus bagi penyandang disabilitas," pungkas Hilmy.

 

Reporter : Arie Sunaryo

Sumber  : Merdeka.com

 

(Annisa Suryanie)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.