Sukses

Deretan Gim NFT yang Wajib Dipelototi di Semester II 2024

Selain NFT, banyak gim web3 juga menampilkan token sepadan yang berfungsi sebagai mata uang dalam gim yang juga dapat diperdagangkan di bursa yang didukung.

Liputan6.com, Jakarta - Sektor gim yang terdesentralisasi telah berkembang menjadi industri bernilai miliaran dolar. Beberapa proyek sedang membangun gim menarik di blockchain dan menggunakan teknologi terdesentralisasi dalam aspek terpenting dari gim tersebut. Menurut CoinGecko, total kapitalisasi pasar ruang gimFi adalah sekitar USD 16 miliar, sebuah bukti ekosistem gimFi yang berkembang pesat.

Teknologi NFT adalah salah satu teknologi utama yang digunakan oleh proyek gim terdesentralisasi. Menggunakan NFT untuk mewakili item gim unik, gim terdesentralisasi memungkinkan gamer untuk mempertahankan kepemilikan penuh atas item dalam gim mereka, berbeda dengan gim mainstream.

Selain NFT, banyak gim web3 juga menampilkan token sepadan yang berfungsi sebagai mata uang dalam gim yang juga dapat diperdagangkan di bursa yang didukung. Seiring berkembangnya sektor gameFi, banyak gim NFT menarik yang terus bermunculan, menarik banyak gamer dan membangun ekosistem dan ekonomi untuk bermain gim di blockchain.

Melansir CoinGecko, berikut deretan NFT Gim yang menarik dipelototi pada semester II 2024:

1. Shrapnel

Shrapnel adalah gim first-person shooter (FPS) AAA (Triple A) yang dikembangkan oleh Neon Machine yang berbasis di Seattle. Menurut pengembangnya, akses awal untuk Shrapnel akan tersedia pada 2024 dengan rilis publik gim tersebut ditetapkan pada tahun 2025.

Shrapnel terjadi di dunia di mana sebuah asteroid bertabrakan dengan bulan, menyebabkan meteorit bulan membombardir pita selebar 500 kilometer di sekitar Bumi, dan area ini tidak dapat dihuni dan ditutup dari seluruh dunia. Pemain bermain sebagai anggota Operator Mercenary Extraction Force (MEF) untuk memasuki Zona. Mereka harus mencari dan mengambil sumber daya yang berharga, sambil berjuang melawan operator lain untuk mencapai lokasi ekstraksi yang diperebutkan dan mengklaimnya sebagai milik mereka.

Pemain dapat mengumpulkan perlengkapan (sebagai NFT) dari pemain yang terbunuh dalam aksi, dan juga dapat memperoleh jarahan yang berhasil diekstraksi (NFT) yang dapat digunakan pemain untuk membuat pemuatan mereka di sesi mendatang. Mereka juga dapat membuat barang-barang rias lainnya untuk dijual di pasar Pecahan Peluru, sekaligus membeli dan menjual perlengkapan di pasar untuk SHRAP.

SHRAP adalah token resmi dari gim Shrapnel. Ini adalah token standar ERC-20 yang dicetak pada Avalanche C-chain. SHRAP akan digunakan untuk insentif dan utilitas para gamer, di mana pemain dapat mempublikasikan konten gim mereka di blockchain Avalanche sebagai NFT menggunakan token SHRAP, dan juga membeli dan menjual di pasar Shrapnel dengan SHRAP.

SHRAP juga merupakan token tata kelola proyek, di mana pemain dapat memberikan suara pada konten yang dibuat pemain menggunakan token SHRAP mereka untuk meningkatkan visibilitas konten. Shrap dapat diperdagangkan di bursa Kucoin, HTX, Crypto.com, Trader Joe, dan Uniswap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Heroes of Mavia

Heroes of Mavia adalah gim strategi multipemain yang dikembangkan oleh Skrice Studios dan dibangun di Base. Gim strategi membangun markas ini memiliki banyak tantangan bagi para gamer: bangun kota, latih pasukan, bertempur dengan kerajaan tetangga, dan perluas wilayah untuk mencari supremasi.

NFT di Heroes of Mavia meliputi tanah, dekorasi, patung, kulit, senjata, peralatan bangunan, dan item permainan lainnya. Pemain membangun kota mereka, mengamankan markas mereka dengan tembok, menara, dan jebakan untuk mengusir tetangga yang bersaing.

Tanah mengandung sumber daya alam seperti emas, minyak, dan batu rubi. Fasilitas dalam gim lainnya akan mencakup pasar NFT, di mana pemain dapat menukar kepemilikan gim yang unik. Heroes of Mavia tersedia untuk perangkat seluler dan dapat diunduh dari Apple Store untuk perangkat iOS dan Google Play store untuk perangkat Android.

Token di Heroes of Mavia antara lain token MAVIA, Ruby, dan Sapphire. Ruby dan Sapphire keduanya merupakan token dalam gim. Ruby diperoleh melalui gimplay reguler dan dapat digunakan sebagai biaya masuk untuk turnamen gim, serta untuk membuat dan memperdagangkan item Legendaris. Saphire dapat dibeli dalam gim dengan fiat dan digunakan sebagai token khusus untuk peningkatan, menyelesaikan konstruksi, dan membeli pembangun tambahan.

MAVIA adalah satu-satunya token permainan Heroes of Mavia yang dapat diperdagangkan dan juga merupakan token tata kelola proyek, di mana pemegang dapat memberikan suara pada proposal perbaikan menggunakan token tersebut. MAVIA dapat diperdagangkan di Uniswap, Bybit, dan Kucoin.

 

3 dari 5 halaman

3. Pixels

Pixels memadukan pertanian, eksplorasi, dan pembangunan komunitas di dunia terbuka. Itu dibangun di Jaringan Ronin, dan sejak itu telah mengembangkan komunitas pemain yang besar.

Pemain dapat mengembangkan avatar virtual mereka melalui 15 keterampilan berbeda, membuat item yang dapat dijual ke NPC dalam gim, diperdagangkan dengan pemain lain, atau mendekorasi lahan pertanian mereka. Setiap aktivitas menghabiskan energi avatar Anda; namun, pemain dapat menggunakan barang habis pakai untuk mengisi ulang energinya.

Pemain juga dapat membeli Pixels LAND, yang dapat mereka kembangkan dan hias sesuai keinginan mereka. Hanya ada 5.000 plot, dan ini memberi pemilik ruang inventaris tambahan, tidak ada batasan perdagangan dan penarikan, serta pengganda penghasilan PIXEL dan banyak lagi. Meskipun Anda tidak memiliki Pixels LAND, Anda masih dapat mengunjungi lahan pemain lain!Pixels umumnya gratis untuk dimainkan, dan menggunakan mata uang kripto off-chain yang disebut Koin dan mata uang on-chain yang disebut PIXEL.

PIXEL digunakan untuk membeli item, upgrade, dan kosmetik yang berada di luar gimplay utama Pixels. Pemain juga dapat membeli Koin dengan PIXEL untuk kemajuan dalam gim yang lebih cepat, dan juga memerlukan PIXEL untuk memulai dan bergabung dengan guild. Berdasarkan informasi dari proyek tersebut, PIXEL yang dibelanjakan dalam gim akan dikirim ke kas milik komunitas selama 12 bulan, setelah itu kepemilikannya akan dialihkan ke DAO.

Meskipun demikian, meskipun tujuan tim pada akhirnya adalah untuk mendesentralisasikan gim melalui DAO, saat ini fokus mereka adalah pada produk dan gim inti.

 

4 dari 5 halaman

4. Guild of Guardians

Kerajaan Elderym telah runtuh dan diserang oleh Ketakutan. Yang tersisa di antara kehancuran total kerajaan dan Ketakutan hanyalah para Penjaga. Ambil peran sebagai Penjaga dan selamatkan kerajaan Anda yang sekarat di Guild of Guardians yang imersif, yang dikembangkan oleh Mineloader dan diterbitkan oleh Immutable.

Gim strategi role-playing ini memungkinkan pemain membangun tim Penjaga yang tangguh dan berbaris menuju kemenangan melawan Dread yang padat. Anda dapat memilih salah satu karakter yang tersedia, mengembangkan strategi pertarungan unik, dan mulai melawan Dread.

Di Guild of Guardians, pemain mengalami penjelajahan bawah tanah dan pertarungan RPG regu roguelite, penggabungan dan perkembangan berbasis resep, serta perdagangan dan kepemilikan web3. Setiap karakter permainan adalah NFT dan memiliki karakteristik dan kemampuan unik. NFT dalam gim dapat diperdagangkan di pasar gim atau pasar eksternal yang mendukungnya. Karakternya bisa menjadi seorang pembunuh, seorang pejuang, seorang penebus, atau seorang penjaga, dan statistiknya mencakup kecerdasan dan kekuatan. Guild of Guardians dapat dimainkan di perangkat seluler dan tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

GOG adalah token ERC-20 dan token asli dari Guild of Guardians. Pemain dapat menggunakan token tersebut untuk mencetak NFT gim, mempertaruhkan token untuk mendapatkan potensi bonus loyalitas, dan membeli serta menjual NFT di pasar NFT. Di masa depan, pemegang GOG juga akan memegang hak tata kelola dan memberikan suara pada keputusan gim. pemain akan dapat memberikan suara pada proposal peningkatan menggunakan token GOG mereka. GOG dapat diperdagangkan di SushiSwap, OKX, dan BingX.

 

5 dari 5 halaman

5. Aurory

Seekers of Tokane adalah RPG berbasis giliran roguelike oleh Aurory di jaringan Solana. Pemain berperan sebagai Pencari, menjelajahi Tanah Tokane yang dipenuhi makhluk yang dikenal sebagai Nefties, yang dapat diperoleh pemain sebagai teman dalam perjalanan mereka.

Pencari dapat memasuki portal yang mengangkut mereka ke peta yang dibuat secara prosedural, tempat mereka dapat menjelajahi dan melawan 'Nefties' liar dengan duel berbasis giliran seperti Pokemon. Memenangkan pertempuran bisa memberi pemain hadiah seperti jarahan, kristal, dan Telur Neftie, yang bisa ditetaskan dengan inkubator. Seekers of Tokane dapat dimainkan di desktop dan perangkat seluler.

NFT dalam gim ini termasuk Aurorian, Nefties, telur Neftie, dan barang koleksi lainnya. Aurorian adalah kumpulan 10.000 karakter NFT yang dapat dimainkan yang mewakili Legends of Tokane, dan dilengkapi dengan akses tambahan ke hak suara dalam proses pengambilan keputusan DAory, ekspedisi berjangka waktu untuk mendapatkan AURY dan hadiah lainnya, akses awal, dan banyak lagi.

Nefties menemani pemain melalui misi mereka dan bertindak berdasarkan perintah mereka, dan merupakan NFT berbasis DNA, di mana statistik sebenarnya berasal dari DNA mereka alih-alih disimpan sebagai metadata NFT yang berbeda, memungkinkan tim untuk mengubah rentang statistik Nefties tanpa perlu melakukannya. memodifikasi NFT yang dipancarkan saat memastikan keseimbangan gim.

Aurory mengoperasikan ekonomi multi-token. Dua token dalam gim TOKE dan OKA tidak dapat diperdagangkan dan terutama digunakan dalam gimplay biasa. Menurut proyek tersebut, kedua token tersebut digunakan untuk menentukan distribusi hadiah AURY untuk para pemain. OKA digunakan untuk memberikan penghargaan kepada pemain yang memenangkan peringkat PVP selama Nefties mereka memiliki poin OKAnergy, sedangkan TOKE digunakan untuk memberi penghargaan kepada pemenang peringkat PVP yang Nefties-nya telah kehabisan poin OKAnergy.

AURY adalah token asli permainan dan diperlukan untuk aktivitas seperti menetaskan telur Neftie, mengikuti turnamen, dan melakukan pembelian di pasar. Di pasar, pemain dapat memperdagangkan Nefties, telur, barang koleksi, dan kosmetik dengan token AURY. AURY dapat diperdagangkan di Bybit, HTX, Kucoin, dan Raydium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini