Sukses

Pasar Kripto Pulih, Crypto Exchange Reku Untung Besar di Kuartal I 2024

Kebangkitan signifikan dalam pasar kripto pada 2024, terutama dengan Bitcoin mencapai harga tertinggi sepanjang masa menjadi salah satu pendorong kinerja positif Crypto Exchange Reku

Liputan6.com, Jakarta - Pasca keruntuhan FTX pada akhir 2022 dan nilai mata uang kripto yang menurun, hal ini memberikan pandangan suram terhadap pasar aset digital hingga lebih dari setahun setelahnya.

Meskipun begitu, pada akhir 2023 hingga awal 2024 pasar kripto kembali pulih. Harga beberapa aset kripto termasuk Bitcoin mencapai harga tertinggi baru pada awal kuartal I 2024. Mengomentari hal ini, Co-Founder & Co-CEO Reku Jesse Choi, mengumumkan jika perusahaan mereka mulai memperoleh keuntungan.

"Saya senang untuk berbagi bahwa kuartal I 2024 adalah yang terbaik bagi kami dalam dua setengah tahun terakhir, baik dari segi volume perdagangan maupun hasil finansial,” kata Choi dikutip dari siaran pers, Jumat (24/5/2024).

Choi menambahkan,tidak hanya menjadi kuartal terbaik bursa dari segi volume, tetapi juga sangat menguntungkan. Ia mengungkapkan margin keuntungan melebihi 50% yang merupakan pencapaian yang signifikan.

Choi menjelaskan kebangkitan signifikan dalam pasar kripto pada 2024, terutama dengan Bitcoin mencapai harga tertinggi sepanjang masa, sebagian besar dapat dikaitkan dengan dua faktor utama yaitu the Bitcoin halving event, dan pengakuan yang lebih luas terhadap sektor kripto melalui diperkenalkannya ETF Bitcoin oleh BlackRock.

 

“Halving Bitcoin adalah sebuah peristiwa terjadwal yang mengurangi hadiah untuk menambang blok baru menjadi separuhnya. Hal ini terjadi lebih awal tahun ini,” jelasnya.

 

Pengurangan tersebut dalam jumlah Bitcoin baru yang diperkenalkan menyebabkan harga Bitcoin naik, karena pasokan yang berkurang dengan permintaan yang tetap atau meningkat cenderung mendorong harga naik.

Pasar dengan seksama memperhatikan halving ini dan melihatnya sebagai peristiwa yang menguntungkan untuk nilai Bitcoin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluncuran ETF Bitcoin

Kemudian peluncuran ETF Bitcoin BlackRock telah memainkan peran penting dalam melegitimasi kripto dalam lanskap keuangan institusional.

ETF ini memungkinkan eksposur investasi institusional dan ritel yang lebih besar, meningkatkan likuiditas Bitcoin dan mengintegrasikannya ke dalam pasar keuangan yang lebih luas.

Langkah BlackRock ini sangat berpengaruh karena posisinya sebagai manajer aset terbesar di dunia, menambahkan lapisan kredibilitas dan stabilitas pada pasar kripto yang sebelumnya dianggap terlalu fluktuatif dan berisiko bagi sebagian besar investor.

ETF ini tidak hanya menyederhanakan investasi dalam Bitcoin tetapi juga menjanjikan pelacakan harga yang lebih akurat dan potensi biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan metode investasi lainnya.

Perkembangan ini secara bersama-sama telah mendorong sentimen bullish di pasar kripto global, yang menyebabkan peningkatan adopsi dan investasi, baik dari investor institusional maupun pedagang ritel, sehingga mendorong harga Bitcoin ke level baru.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.