Sukses

Donald Trump Terima Sumbangan Kripto Super Besar, Mau Tahu Nilainya?

Trump telah memperoleh lebih dari USD 5 juta atau setara Rp 79,6 miliar sumbangan dari perusahaan cryptocurrency lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Donald Trump belakangan ini menjadi berita utama karena keterlibatannya dengan cryptocurrency. Pada awal Mei, dia menjadi pembawa acara NFT di mana dia makan malam dengan pendukung salah satu proyek NFT-nya. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (17/5/2024), saat makan malam, dia menyuarakan dukungan terhadap mata uang kripto dan ingin menciptakan lingkungan di mana perusahaan mata uang kripto dapat beroperasi di AS tanpa takut akan peraturan. 

Komentar ini muncul setelah Donald Trump menghasilkan jutaan dolar dari mata uang kripto dari beberapa sumber, yang semuanya merupakan sumbangan gratis.

Trump pertama kali mulai mendapatkan mata uang kripto pada akhir 2022, setelah peluncuran koleksi NFT Trump Digital Trading Cards. Proyek ini menggunakan nama, gambar, dan kemiripan Trump untuk merilis 45.000 NFT dengan harga masing-masing USD 99 atau setara Rp 1,57 juta (asumsi kurs Rp 15.930 per dolar AS). 

Trump menerima royalti karena mengizinkan perusahaannya, Collect Trump Cards, merilis koleksinya. Secara total, Trump telah menerima lebih dari 1.800 ETH dari proyek tersebut.

Pada akhir 2023, Trump menjual 1.075 ETH untuk menghasilkan pendapatan sebesar USD 2,4 juta. Trump masih memiliki lebih dari 800 ETH, saat ini bernilai USD 2,4 juta.

Namun, ETH bukan merupakan sumbangan kepadanya, karena Trump memperoleh royalti dengan mengizinkan perusahaan lain memasarkan NFT. Trump telah memperoleh lebih dari USD 5 juta atau setara Rp 79,6 miliar sumbangan dari perusahaan cryptocurrency lainnya.

Trump menerima 580,000 token Maga Coin (TRUMP) ketika proyek tersebut diluncurkan pada Agustus 2023. 

Koin meme tersebut difokuskan untuk menyediakan token bagi pendukung Trump untuk berinvestasi yang berfungsi sebagai pasar taruhan de facto pada pemilu bagi banyak investor, menurut Steven Steele, direktur pemasaran proyek tersebut.

Para pendiri proyek mengirimkan token tersebut kepada Trump sebagai taktik pemasaran untuk menunjukkan dukungan mereka kepada mantan presiden tersebut.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasib Industri Kripto di Tangan Donald Trump pada Pemilu AS?

Kepala Riset Valas dan Riset Aset Digital Standard Chartered Bank, Geoff Kendrick, percaya kemenangan mantan Presiden AS Donald Trump dalam pemilihan presiden AS pada November akan menjadi positif bagi bitcoin.

Mengomentari implikasi pemilu AS pada November terhadap sektor kripto, analis tersebut berkomentar, pemerintahan Donald Trump yang kedua akan memberikan dampak positif secara umum melalui lingkungan peraturan yang lebih mendukung.

“Trump awalnya menentang kripto dan bitcoin selama masa kepresidenannya. Namun, dia telah meluncurkan beberapa Non Fungible Token (NFT) sejak meninggalkan jabatannya,” kata Kendrick, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (11/5/2024).

Bulan lalu, dia menggambarkan bitcoin sebagai bentuk mata uang tambahan, dan mencatat kripto telah memiliki kehidupannya sendiri. Selain itu, dia mengakui popularitas bitcoin.

Lebih lanjut, Kendrick menyoroti kekhawatiran mengenai keberlanjutan utang dan defisit pemerintah AS. Hal ini berpotensi menyebabkan kurva imbal hasil (yield curve) yang lebih curam pada Treasury AS, seiring dengan meningkatnya titik impas (break-even) dan premi berjangka yang lebih tinggi. 

“Kami pikir skenario seperti itu akan mendukung aset digital secara luas karena investor mencari aset alternatif,” jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Peringatan Stanchart

Awal bulan ini, Standard Chartered Bank memperingatkan harga bitcoin mungkin turun menjadi USD 50.000 dengan alasan faktor spesifik kripto dan pengaruh makroekonomi yang lebih luas. 

Kendrick telah merevisi perkiraannya menyusul pengumuman suku bunga Federal Reserve yang kurang hawkish dari perkiraan pada Rabu lalu, bersamaan dengan laporan pekerjaan AS yang kuat pada Jumat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini