Sukses

El Salvador Menambang Bitcoin Rp 463 Miliar Pakai Energi dari Gunung Berapi

Pada 2021, El Salvador membuat sejarah dengan menjadi negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - El Salvador telah menambang total 474 Bitcoin senilai USD 29 juta atau kurang lebih Rp 463 miliar (estimasi kurs rupiah 15.968 per dolar AS) dengan menggunakan energi panas bumi dari gunung vulkanik sejak 2021.

Bitcoin ini ditambang dengan tenaga dari gunung berapi Tecapa, menggunakan 300 pemroses penambangan. Negara ini telah mengalokasikan 1,5 megawatt (MW) listrik untuk penambangan mata uang kripto dari total 102 MW yang diproduksi oleh pembangkit listrik milik negara tersebut.

Dikutip dari cointelegraph, Kamis (16/5/2024), di tengah meningkatnya pengawasan terhadap ketergantungan penambangan BTC pada listrik dan bahan bakar fosil, El Salvador telah muncul sebagai pionir dalam penambangan energi terbarukan.

Pada 2021, El Salvador membuat sejarah dengan menjadi negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar Amerika Serikat (AS). Sejak itu, pemerintah telah mengadopsi beberapa kebijakan yang berfokus pada Bitcoin, termasuk mendirikan pembangkit listrik tenaga panas bumi untuk menambang BTC.

El Salvador sekarang memiliki total 5.750 BTC senilai sekitar USD 354 juta.

Sejak 2021, organisasi global seperti Bank Dunia dan lainnya telah mengkritik keras negara Amerika Tengah karena mengadopsi Bitcoin.

Pasar bearish dari tahun 2022 hingga 2023 meningkatkan pengawasan, dengan banyak yang mempertanyakan tindakan Presiden El Savador Nayib Bukele. Namun, Bukele menggandakan taruhan Bitcoinnya dengan mengumumkan bahwa negara tersebut akan membeli satu BTC setiap hari.

Bukele dengan mudah memenangkan pemilihan presiden El Salvador tahun 2024 dengan dukungan luas secara nasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Kontroversial

Penambangan Bitcoin dan penggunaan bahan bakar fosil telah lama menjadi topik kontroversial di industri kripto.

Greenpeace yang didukung Ripple, antara lain, telah mengadvokasi peralihan Bitcoin dari bukti kerja menjadi bukti kepemilikan.

Gubernur New York Kathy Hochul menandatangani moratorium penambangan bukti kerja menjadi undang-undang pada 22 November 2023, menjadikannya negara bagian pertama di Amerika yang melarang aktivitas penambangan kripto PoW selama dua tahun.

Elon Musk

Setelah membeli Bitcoin senilai USD 1,5 miliar, CEO Tesla Elon Musk berjanji untuk memasukkannya sebagai metode pembayaran untuk mobil Tesla. Namun, dia segera membatalkan keputusannya, dengan alasan dampak negatif pertambangan terhadap lingkungan.

Musk mengatakan dia akan mempertimbangkan kembali langkah ini hanya ketika lebih dari 50% penambangan Bitcoin beroperasi pada sumber energi terbarukan.

Sejak Musk membuat janjinya, banyak laporan menunjukkan bahwa lebih dari 60% penambangan BTC bergantung pada sumber energi terbarukan.

Musk belum mengakui laporan ini atau menerapkan opsi pembayaran BTC. Tesla saat ini menghadapi tuntutan hukum karena berulang kali melanggar Undang-Undang Udara Bersih dengan melepaskan polutan berbahaya dari pabriknya di Fremont ke lingkungan sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini