Sukses

Pertukaran Kripto FTX Jual Anak Perusahaan di Eropa

Bursa FTX telah setuju untuk menjual FTX Europe kembali ke pendiri aslinya seharga USD 32,7 juta atau setara Rp 509,9 miliar

Liputan6.com, Jakarta - Bursa kripto FTX yang bangkrut telah menyelesaikan perselisihan berkepanjangan seputar anak perusahaannya di Eropa, menandai langkah signifikan dalam perjalanan perusahaan yang penuh gejolak.

Dilansir dari Coinmarketcap, Senin, (26/2/2024), menurut laporan Reuters pada 24 Februari, bursa telah setuju untuk menjual FTX Europe kembali ke pendiri aslinya seharga USD 32,7 juta atau setara Rp 509,9 miliar (asumsi kurs Rp 15.594 per dolar AS), menunjukkan tantangan dalam mendapatkan pembeli alternatif untuk anak perusahaan tersebut. 

Startup Swiss Digital Assets AG (DAAG), yang kemudian berganti nama menjadi FTX Europe, awalnya diakuisisi pada 2021 dalam kesepakatan penting senilai USD 323 juta atau Rp 5 triliun. 

Menghadapi gejolak keuangan, FTX berusaha mendapatkan kembali dana besar yang telah diinvestasikan dalam akuisisi tersebut. 

Pertukaran tersebut memulai tindakan hukum, mengklaim pembelian tersebut dibiayai menggunakan dana pelanggan dan berpendapat harga akuisisi mewakili kelebihan pembayaran yang sangat besar.

Pendiri startup tersebut, Patrick Gruhn dan Robin Matzke, dengan keras membantah tuduhan perusahaan tersebut dan melancarkan serangan balik, menuntut USD 256,6 juta atau setara Rp 4 triliun dari FTX.

Perselisihan tersebut, yang ditandai dengan tuduhan dan tuntutan balik, mencapai resolusi pada 21 Februari 2024. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto FTX Bakal Jual Saham Startup AI Anthropic

Sebelumnya diberitakan, pertukaran kripto yang bangkrut, FTX, bakal menjual sahamnya di startup kecerdasan buatan (AI) Anthropic menurut keputusan hakim AS pada Kamis, 22 Februari 2024.

Hakim Kebangkrutan AS John Dorsey di Wilmington, Delaware menyetujui proposal FTX untuk menjual saham tersebut setelah FTX mencapai kompromi di pengadilan dengan sekelompok pelanggan FTX yang menentang penjualan tersebut.

FTX menginvestasikan USD 500 juta atau setara Rp 7,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.594 per dolar AS) di Anthropic pada 2021, dan saat ini memegang 7,84 persen saham di perusahaan tersebut, menurut dokumen pengadilan.

Perusahaan telah meminta izin untuk menjual saham tersebut sebagai bagian dari upaya yang diawasi pengadilan untuk melikuidasi asetnya dan membayar kembali pelanggan yang kehilangan akses ke rekening mereka ketika perusahaan tersebut bangkrut pada 2022.

“Kami menjual saham Anthropic, karena kami menjual segalanya, dan menyimpan uangnya di bank,” kata pengacara FTX Andy Dietderich pada sidang pengadilan, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (23/2/2024).

FTX berharap untuk menjual sahamnya dengan mendapatkan keuntungan, dan akan mempertahankan fleksibilitas untuk menjual sahamnya pada waktu yang paling optimal dan tepat, menurut dokumen pengadilan.

Investasi FTX pada 2021 awalnya memberinya 13,56% saham ekuitas di Anthropic. Saham FTX telah terdilusi oleh penggalangan dana perusahaan berikutnya, yang mencakup investasi $4 miliar dari Amazon.com.

Pelanggan yang menentang penjualan tersebut beralasan FTX sebenarnya bukan pemilik saham Anthropic, karena dibeli dengan dana yang digelapkan dari simpanan nasabah FTX.

Namun mereka pada Kamis setuju untuk mengizinkan penjualan dilanjutkan, selama mereka diizinkan untuk berargumentasi nanti pelanggan FTX memiliki uang yang dihasilkan dari penjualan di masa mendatang.

3 dari 4 halaman

3 Orang Didakwa di AS Terkait Peretasan Pertukaran Kripto FTX

Sebelumnya, pihak berwenang Amerika Serikat (AS) mendakwa tiga orang terkait dugaan keterlibatan mereka dalam peretasan pertukaran mata uang kripto FTX. Ketiga terduga identitasnya masih dirahasiakan.

Mereka dituduh mengatur skema pertukaran sim yang canggih untuk mendapatkan akses tidak sah ke dana FTX. Serangan yang terjadi pada November 2022 itu mengakibatkan kerugian lebih dari USD 400 juta atau setara Rp 6,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.731 per dolar AS).

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (5/1/2024), pertukaran sim adalah teknik di mana penyerang menipu operator telepon seluler untuk mentransfer nomor telepon korban ke kartu sim yang mereka miliki. 

Begitu pelaku memiliki kendali atas nomor telepon, mereka dapat melewati langkah-langkah keamanan yang mengandalkan verifikasi pesan teks, sehingga memungkinkan mereka mengakses akun dan informasi sensitif. 

Pencurian tersebut terjadi pada saat yang penuh gejolak bagi FTX saat bursa tersebut mengajukan kebangkrutan Bab 11.

FTX mengajukan kebangkrutan bersama dengan 130 afiliasinya pada November 2022, karena tidak dapat memenuhi penarikan pelanggan di tengah keruntuhan bank run karena penyalahgunaan simpanan pelanggan.

Pendiri bursa, Sam Bankman-Fried, dinyatakan bersalah atas tujuh tuduhan penipuan dan konspirasi. Dia menghadapi hukuman hingga 115 tahun penjara dan sidang hukumannya dijadwalkan pada 28 Maret 2024.

 

4 dari 4 halaman

Jual Kepemilikan Kripto, Cadangan Kas FTX Sentuh Rp 69,5 Triliun

Sebelumnya diberitakan, pertukaran kripto yang bangkrut, FTX, terus menjual kepemilikan kriptonya untuk meningkatkan aset likuid sebelum rencana pembayaran kembali kepada kreditor. FTX telah melepas sejumlah besar aset kripto, menggandakan cadangan kasnya menjadi selama dua bulan.

Dilansir dari Decrypt, Selasa (30/1/2024), pada Desember 2023, penasihat menjual kripto dari empat afiliasi terbesar grup FTX dan hampir menggandakan cadangan kas entitas menjadi USD 4,4 miliar atau setara Rp 69,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.814 per dolar AS) dari USD 2,3 miliar atau setara Rp 36,3 triliun pada Oktober.

Sejak kebangkrutan FTX mulai dibenahi, perusahaan setuju untuk menjual kepemilikan kripto sejak September 2023, dompet yang terkait dengan FTX sering kali menyetor dana ke bursa lain, dan melepaskan kripto senilai ratusan juta dolar dari platform staking.

Awal bulan ini, muncul laporan FTX sendiri mungkin bertanggung jawab atas arus keluar hampir USD 1 miliar atau setara Rp 15,8 triliun dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) dalam lima hari pertama perdagangannya sebagai ETF.

Sekitar waktu yang sama, Alameda Research secara sukarela menolak gugatan terhadap penerbit GBTC Grayscale atas dugaan larangan penebusan yang tidak tepat pada saham dana tersebut gugatan yang diajukan sebelum GBTC diubah menjadi dana yang diperdagangkan di bursa (ETF).

Meskipun upaya FTX untuk memulihkan nilai dalam bentuk aset likuid kemungkinan besar akan berdampak besar pada pembayaran kembali kreditor, beberapa pelanggan bursa menantang cara penilaian klaim mereka.

Saat ini, nilai dana pelanggan akan dipatok pada nilai aset mereka yang diperdagangkan saat FTX mengajukan Bab 11 Kebangkrutan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.