Sukses

Mengintip Kekayaan Miliarder Bitcoin, Mulai dari Pendiri Binance hingga Coinbase

Forbes menempatkan Changpeng Zhao, pendiri Binance sebagai orang terkaya dalam industri mata uang kripto.

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin dikenal sebagai salah satu aset digital dengan kapitalisasi pasar terbesar, hingga USD 1 triliun per Ferbuari 2024

Dikutip dari Investopedia, Jumat (16/2/2024) Bitcoin secara luas juga dianggap sebagai salah satu mata uang digital tersukses yang pernah dibuat. Dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) pertama diluncurkan pada Oktober 2021, mendorong mata uang kripto ke level tertinggi baru sepanjang masa.

Banyak dari pemegang mata uang kripto itu juga memperoleh kekayaannya dengan menciptakan produk untuk mengembangkan ekosistem Bitcoin yang masih baru.

Misalnya, beberapa telah menciptakan bursa untuk memperdagangkan mata uang kripto dan turunannya.

Namun perlu diketahui juga, Bitcoin masih memasuki kelas aset yang berisiko. Hal itu karena belum adanya batasan peraturan dan volatilitas harga mata uang kripto telah menarik para oknum dan investor.

Daftar Miliarder Real-Time versi Forbes, menempatkan Changpeng Zhao, pendiri pertukaran mata uang kripto Binance sebagai orang terkaya dalam industri mata uang kripto, ia diperkirakan memiliki kekayaan hingga USD 4,5 miliar atau setara Rp. 70,3 triliun.

Berikut adalah daftar 5 miliarder bitcoin terkaya yang mengumpulkan kekayaan mereka dari industri tersebut:

Changpeng Zhao

Changpeng Zhao adalah pendiri Binance, pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan. Menurut Forbes, kekayaan bersih Zhao tercatat USD 4,5 miliar pada Februari 2023.

Zhao, yang berimigrasi ke Kanada pada usia 13 tahun dari china, mengenal Bitcoin melalui permainan poker bersama teman-temannya.

Dia menggunakan cryptocurrency setelahnya dan bahkan menjual apartemennya untuk Bitcoin pada tahun 2014.

Binance, yang dimulai pada tahun 2017, menangani transaksi yang mencapai miliaran dolar setiap hari.

Meskipun mungkin tidak setenar Coinbase di mata pelanggan di AS, Binance lebih besar dan menawarkan lebih banyak koin dan turunannya kepada pelanggan dibandingkan pesaing utamanya.

Tetapi kenaikan bursa yang cepat telah berdampak buruk pada regulasinya. Perusahaan ini berada di bawah pengawasan peraturan di beberapa yurisdiksi keuangan dan terpaksa beroperasi tanpa kantor pusat.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Song Chi Hyung

Song Chi-hyung dikenal sebagai pendiri Dunamu, perusahaan induk dari pertukaran mata uang kripto terkemuka Upbit di Korea Selatan.

Song Chi-hyung meluncurkan Upbit pada tahun 2017. Dalam kurun waktu hanya tiga bulan, Upbit menjadi pertukaran kripto teratas di Korea Selatan.

Menurut laporan kuartal ketiganya, bursa tersebut menghasilkan pendapatan sebesar USD 175 juta. Pada tahun 2021, perusahaan ini memiliki total pendapatan komprehensif sebesar USD 1,73 triliun.

Menurut daftar Miliarder Real-Time Forbes, Chi-hyung memiliki kekayaan lebih dari USD 3,7 miliar atau Rp. 57,8 triliun.

3 dari 4 halaman

Brian Amstrong

Brian Armstrong adalah pendiri Coinbase, bursa mata uang kripto terbesar di Amerika Utara berdasarkan volume perdagangan.

Dia ikut mendirikan bursa ini pada tahun 2012 setelah berhenti dari pekerjaannya sebagai insinyur perangkat lunak di Airbnb.

Armstrong kini memiliki 19 persen saham di Coinbase dan kekayaannya diperkirakan bernilai USD 2,7 miliar atau Rp. 42,1 triliun.

4 dari 4 halaman

Jed McCaleb

Jed McCaleb merupakan tokoh terkenal dalam cryptocurrency, karena ia adalah pendiri bursa terkenal Mt. Gox.

Dia menjual bursa tersebut pada tahun 2013, satu tahun sebelum peretas mencuri mata uang kripto senilai hampir USD 460 juta.

McCaleb kemudian membantu peluncuran mata uang kripto dan blockchain Ripple dan Stellar. Dia masih memegang sekitar 3,4 miliar saham XRP, yang pada Februari 2023, membuatnya memiliki total kekayaan hampir USD 2,4 miliar atau Rp. 37,5 triliun.

Chris Larsen

Cris Larsen adalah tokoh terkenal lainnya di industri mata uang kripto, yang ikut mendirikan Ripple bersama Jed McCaleb.

Dia masih menjadi ketua eksekutif perusahaan. Sebelum uang kripto muncul, Larsen ikut mendirikan pemberi pinjaman hipotek online e-Loan, yang kemudian dijual ke Yahoo.

Larsen, terkait pada mata uang kripto dan blockchain, mengatakan kepada Forbes, bahwa “Nilai internet lebih dari sekadar memberikan cara baru dalam melakukan keuangan. Saya pikir, pada dasarnya, ini merupakan langkah terakhir dalam globalisasi."

Forbes menempatkan kekayaan Larsen sebesar USD 2,2 miliar atau Rp. 34,3 triliun pada Februari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini