Sukses

Harga Bitcoin Diramal Tembus USD 100 Ribu

Youtuber sekaligus analis cryptocurrency terkenal, Kevin Svenson prediksi lonjakan yang berkorelasi di pasar saham akan membuka jalan bagi kenaikan bitcoin setelah halving.

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin diperkirakan memiliki potensi melonjak atau reli. Baru-baru ini, seorang Youtuber sekaligus analis cryptocurrency terkenal, Kevin Svenson telah memberikan alasan kuat untuk lonjakan Bitcoin (BTC).

Svenson mengatakan, peristiwa penting yang akan datang dapat membuat Bitcoin berada pada jalur peningkatan yang eksplosif. Momen tersebut seperti halving Bitcoin yang diperkirakan terjadi dalam dua bulan ke depan dan secara. Halving Bitcoin secara historis bertindak sebagai katalisator perubahan pasar.

Melansir Bitcoin Haber (BH) News, Jumat (9/2/2024), Svenson mengantisipasi peristiwa halving, yang memangkas separuh imbalan penambang dan terjadi setiap empat tahun, akan mempercepat peningkatan dramatis dalam nilai pasar Bitcoin.

Sementara berkaca pada dinamika tahun pemilu, ia memperkirakan lonjakan yang berkorelasi di pasar saham, yang akan membuka jalan bagi kenaikan Bitcoin setelah halving, dengan titik keluar pasar yang ideal pada paruh kedua 2025. Analisis grafik Svenson membuatnya percaya bahwa Bitcoin akan menembus batas USD 100.000, kemungkinan pada akhir tahun ini.

Dia mengatakan Oktober 2025 sebagai kemungkinan puncak dari siklus saat ini, yang serupa dengan periode pasca-halving pada tahun-tahun sebelumnya. Dia menyarankan investor untuk merencanakan keluar dari pasar pada jangka waktu ini, memperingatkan kemungkinan pasar bearish berikutnya.

Berdasarkan prediksi Svenson, kinerja pasar Bitcoin saat ini tampaknya sejalan dengan pandangannya. Cryptocurrency mengalami kenaikan lebih dari 3 persen selama sehari terakhir, dengan harga USD 45.330.

Keuntungan ini merupakan tanda yang menjanjikan bagi mereka yang berspekulasi tentang potensi lonjakan pertumbuhan Bitcoin pasca-halving. Investor dan peminat mengamati pasar dengan napas tertahan, berharap peristiwa halving yang akan datang memang akan memicu pertumbuhan yang diramalkan oleh Svenson dan menandai awal dari kenaikan signifikan Bitcoin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Advokat Kripto Prediksi Harga Bitcoin Sentuh Rp 3,7 Miliar Usai Halving

Sebelumnya diberitakan, seorang advokat kripto Scott Melker, juga dikenal sebagai “Wolf of All Streets,” memberikan wawasan tentang peristiwa halving bitcoin yang dijadwalkan akan terjadi pada April 2024 dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh The Street awal pekan ini. 

Dalam laporan tersebut, dia menjelaskan Halving dapat mendorong harga bitcoin menjadi USD 240.000 atau setara Rp 3,7 miliar (asumsi kurs Rp 15.731 per dolar AS). 

Melker adalah trader terkenal, investor, penulis, dan pembawa acara podcast Wolf of All Streets. Pada 2020, ia memenangkan Penghargaan Binance Influencer of the Year untuk Amerika Utara.

“Bitcoin halving akan terjadi ketika jumlah blok yang ditambang mencapai 840.000 pada bulan April 2024, maka imbalan per blok akan berkurang dari 6,25 menjadi 3,125 bitcoin,” ujar Melker, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/2/2024)

Melker menjelaskan, ini pada dasarnya berarti pasokan baru yang dikeluarkan berkurang setengahnya. Menjadi dua kali lebih sulit bagi penambang untuk menghasilkan uang dengan menambang bitcoin.

Melker mencatat dalam siklus halving terakhir, Bitcoin naik dari level tertinggi USD 20.000 atau setara Rp 314,6 juta hingga level tertinggi USD 69.000 atau setara Rp 1 miliar, itu merupakan apresiasi sebesar 250,86%.

“Jika kita mengambil 250% berikutnya dan membawanya dari USD 69.000 (harga tertinggi bitcoin sepanjang masa) ke siklus berikutnya, kita melihat bitcoin berada di sekitar USD 240.000,” ujar dia.

Banyak investor yang optimistis halving akan mendongkrak harga bitcoin. Pendiri Skybridge Capital Anthony Scaramucci memperkirakan halving akan mendorong harga BTC menjadi USD 170.000 atau setara Rp 2,6 miliar. 

Standard Chartered memperkirakan awal bulan ini BTC bisa mencapai USD 200.000 atau setara Rp 3,1 miliar tahun depan. 

Sementara itu, pemodal ventura Tim Draper baru-baru ini menggandakan prediksi BTC-nya, memperkirakan harga bitcoin akan mencapai USD 250.000 atau setara Rp 3,9 miliar tahun ini. Miliarder ini juga membayangkan suatu momen ketika orang-orang tidak menginginkan dolar AS lagi.

 

3 dari 4 halaman

Meta Bakal Gandeng Google untuk Promosi ETF Bitcoin di Facebook hingga Instagram

Sebelumnya diberitakan, raksasa teknologi besar sudah mulai melakukan pemanasan di pasar kripto dengan produk yang diatur dengan baik seperti ETF Bitcoin.

Dengan iklan ETF Bitcoin yang ditayangkan awal minggu ini di laman penelusuran Google dan YouTube, pemain lain seperti Meta kemungkinan akan segera bergabung.

Dalam pengamatannya, Presiden ETF Store, Nate Geraci telah menyarankan Facebook dan Instagram akan segera mengizinkan tampilan iklan untuk ETF Bitcoin. Wawasan Geraci mengisyaratkan potensi perubahan dalam kebijakan periklanan di platform media sosial populer, dengan harapan platform tersebut akan terbuka terhadap iklan yang terkait dengan ETF Bitcoin spot dalam waktu dekat.

Mengacu pada Facebook sebagai “boomer honeypot” yang potensial, Geraci menyiratkan bahwa basis pengguna raksasa media sosial tersebut, yang mencakup demografi individu berusia lanjut yang signifikan, dapat memainkan peran penting dalam memperluas jangkauan iklan ETF Bitcoin.

Melansir Coingape, Minggu (5/2/2024), ketika lanskap mata uang kripto dan ETF terus bersinggungan, prospek platform media sosial utama yang menggunakan iklan ETF Bitcoin dapat menandai perkembangan signifikan bagi industri kripto.

Selain itu, meluncurkan iklan ETF Bitcoin di FB dan Instagram mungkin menarik karena platform ini memiliki basis pengguna milenial dan GenZ yang besar, yang lebih terbiasa dengan dunia kripto.

Namun, tidak semua orang bersedia menawarkan iklan kripto. Induk Facebook, Meta, tampaknya memiliki kisah perubahan haluan karena harga saham Meta melonjak secara mengejutkan sebesar 20 persen pada Jumat, 2 Februari kemarin, setelah mengumumkan rencana pembayaran dividen pertama perusahaan.

 

4 dari 4 halaman

Umumkan Buyback

Perusahaan telah mengizinkan pembelian kembali saham (buyback) senilai USD 50 miliar dan mengumumkan dividen triwulanan sebesar 50 sen per saham. Hal ini terjadi karena hasil yang kuat serta keuntungan yang besar dari investasinya pada teknologi baru seperti metaverse. Raihan ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan investor terhadap Meta yang telah berjuang selama beberapa waktu.

Di sisi lain, rencana restrukturisasi perusahaan tampaknya membuahkan hasil yang baik. Meta telah berfokus pada pengurangan biaya selama setahun terakhir, yang mengakibatkan pemecatan lebih dari 21.000 karyawan sejak akhir tahun 2022. Pimpinan perusahaan Mark Zuckerberg menyebut tahun 2023 sebagai tahun efisiensi.

Menariknya, Meta juga akan bersaing dengan raksasa teknologi besar yakni Microsoft dan Alphabet di bidang AI. Perusahaan telah menunjukkan kemajuan dalam AI dengan peluncuran model Llama 2 , dan Llama 3 mendatang menunjukkan inovasi berkelanjutan di bidang ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.