Sukses

Bos Aset Manajemen Ini Prediksi Harga Bitcoin Sentuh Rp 4,5 Miliar pada 2028

Liputan6.com, Jakarta Pendiri dan CEO Morgan Creek Capital Management, Mark Yusko mengungkapkan Bitcoin (BTC), cryptocurrency terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, dapat mencapai USD 300.000 atau setara Rp 4,7 miliar (asumsi kurs Rp 15.731 per dolar AS) pada 2028, 

Yusko membuat prediksi sambil membandingkan bitcoin dengan emas. Emas tidak portabel atau dapat dibagi, sedangkan bitcoin bisa. 

"Bitcoin memperbaiki kedua masalah ini, dan sama-sama langka," kata Yusko, menegaskan aset digital pada akhirnya dapat mengejar valuasi logam mulia, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (3/2/2024).

Dia memperkirakan harga USD 300.000 dapat dicapai pada 2028, ketika bitcoin akan mengalami halving event selanjutnya. 

Kira-kira setiap empat tahun, hadiah bitcoin, yang diterima penambang karena berhasil menambang sebuah blok, dipotong setengahnya untuk mengontrol ekonomi pasokan blockchain. 

Peristiwa ini dikenal sebagai halving dan sering dipandang sebagai katalis positif bagi harga mata uang digital karena mengurangi tekanan inflasi pada bitcoin. Halving berikutnya akan terjadi sekitar April 2024, diikuti oleh satu kali pada 2028.

Prediksi bullish Yusko bergantung pada penggunaan contoh sejarah sebelumnya tentang bagaimana perilaku harga bitcoin setelah setiap peristiwa halving. 

"Setiap Bitcoin mengurangi separuh kami telah menambahkan nol, dan pada April mendatang saya pikir kami bisa mencapai USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar," katanya.

Yusko bergabung dengan pendukung bitcoin lainnya yang baru-baru ini memperkirakan harga yang lebih tinggi untuk mata uang digital. Baru-baru ini, bank multinasional Inggris, Standard Chartered, memperkirakan bitcoin dapat mencapai USD 120.000 atau setara Rp 1,8 miliar pada akhir tahun. 

Sementara itu, penyedia layanan Crypto Matrixport, mengatakan pihaknya melihat bitcoin naik hingga USD 125.000 atau setara Rp 1,8 miliar pada akhir 2024.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

Video Terkini