Sukses

Proyek Obligasi Bitcoin El Salvador Bakal Meluncur pada 2024

El Salvador membuat sejarah awal tahun ini ketika mengesahkan undang-undang yang menetapkan kerangka hukum untuk obligasi yang didukung Bitcoin.

Liputan6.com, Jakarta - Obligasi Bitcoin yang sangat ditunggu-tunggu di El Salvador, juga dikenal sebagai proyek "Volcano Bonds," telah menerima persetujuan peraturan dan dijadwalkan untuk diluncurkan pada kuartal I 2024. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (13/12/2023), persetujuan untuk Volcano Bond diberikan oleh Komisi Aset Digital El Salvador, sebagaimana dikonfirmasi oleh The Kantor Bitcoin Nasional (ONBTC) El Salvador pada 11 Desember.

El Salvador membuat sejarah awal tahun ini ketika mengesahkan undang-undang yang menetapkan kerangka hukum untuk obligasi yang didukung Bitcoin pada 11 Januari. Volcano Bond bertujuan untuk mengatasi kewajiban utang negara dan membiayai pengembangan “Kota Bitcoin” yang diusulkan El Salvador.

Menurut ONBTC, obligasi tersebut akan diterbitkan di Platform Sekuritas Bitfinex, yang merupakan situs perdagangan terdaftar untuk ekuitas dan obligasi berbasis blockchain di El Salvador.

El Salvador, yang terkenal dengan pendiriannya yang ramah terhadap Bitcoin, telah secara aktif menjalankan inisiatif untuk memanfaatkan manfaat mata uang kripto

Selain Volcano Bonds, negara ini baru-baru ini meluncurkan proyek penambangan Bitcoin senilai USD 1 miliar atau setara Rp 15,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.612 per dolar AS), didukung oleh Tether dan bekerja sama dengan Luxor Technology. 

Proyek ini bertujuan untuk membangun taman pembangkit listrik berkapasitas 241 MW yang disebut "Volcano Energy" di Metapan untuk menambang Bitcoin.

El Salvador telah memasukkan bitcoin ke dalam cadangan nasionalnya, mengadopsi strategi rata-rata biaya dolar sejak 2022. Menurut angka dari situs pelacakan perbendaharaan BTC, aset bitcoin El Salvador berjumlah 2.381 BTC.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

El Salvador Untung Rp 55,7 Miliar dari Investasi Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, El Salvador telah memasukkan bitcoin (BTC) ke dalam cadangan nasionalnya, mengadopsi strategi rata-rata biaya dolar sejak 2022. 

Menurut angka dari situs pelacakan perbendaharaan BTC, aset bitcoin El Salvador berjumlah 2,381 BTC, bernilai sedikit di atas USD 98 juta atau setara Rp 1,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.474 per dolar AS) dengan nilai tukar saat ini. 

Pada Senin, 4 Desember 2023, Presiden El Salvador, Nayib Bukele dengan antusias berbagi di platform media sosial X laporan keuangan BTC El Salvador telah berhasil bertransisi. 

Bukele menekankan dengan nilai tukar yang berlaku, El Salvador siap tidak hanya untuk memulihkan investasi awalnya dalam bitcoin tetapi juga untuk mendapatkan keuntungan sebesar USD 3,6 juta atau setara Rp 55,7 miliar. 

“Tentu saja kami tidak punya niat untuk menjual, itu tidak pernah menjadi tujuan kami. Kami menyadari sepenuhnya bahwa harga akan terus berfluktuasi di masa depan, hal ini tidak mempengaruhi strategi jangka panjang kami,” kata Bukele, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (6/12/2023).

Pernyataan terbaru dari Bukele muncul setelah laporan keuangan positif serupa dari Microstrategy mengenai investasi BTC-nya. Pemimpin El Salvador menekankan pentingnya para kritikus dan penulis artikel negatif mempertimbangkan kembali posisi mereka, dan mendesak mereka untuk menarik kembali pernyataan mereka.

Bukele berpendapat hal tersebut merupakan tindakan yang tepat dan hal yang bertanggung jawab untuk dilakukan adalah mereka mengeluarkan pencabutan, meminta maaf, atau, paling tidak, mengakui El Salvador kini menghasilkan keuntungan.

 

3 dari 4 halaman

El Salvador Luncurkan Lahan Penambangan Bitcoin Negara Pertama

Sebelumnya diberitakan, El Salvador secara resmi meluncurkan lahan penambangan Bitcoin lokal pertamanya. Proyek yang dinamai Volcano Energy memulai penambangan blok melalui Lava Pool dalam kemitraan dengan Luxor Technology.

Proyek energi terbarukan senilai USD 1 miliar atau setara Rp 15,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.602 per dolar AS) di negara ramah Bitcoin ini menjadi berita utama pada awal 2023.

Perusahaan penerbit stablecoin Tether jadi salah satu perusahaan yang berinvestasi dalam proyek tersebut yang berencana menghasilkan listrik dari sumber terbarukan di El Salvador untuk menggerakkan operasi penambangan Bitcoin di masa depan di negara tersebut.

Volcano Energy memanfaatkan pengalaman Luxor dalam menyediakan perangkat lunak dan layanan penambangan Bitcoin. Proyek ini juga akan menggunakan Hashrate Forward Marketplace Luxor untuk memitigasi volatilitas pasar melalui strategi manajemen risiko otomatis yang digunakan oleh operator penambangan Bitcoin besar lainnya.

Pernyataan dari kepala strategi Volcano Energy Gerson Martinez menyoroti upaya berkelanjutan El Salvador untuk mengamankan keuntungan sebagai penggerak pertama sebagai negara yang mengadopsi Bitcoin.

“Visi kami adalah untuk menciptakan perusahaan energi dan pertambangan bitcoin yang terintegrasi secara vertikal yang nilainya meningkat bagi investor dan seluruh warga negara Salvador,” kata Martinez, dikutip dari Cointelegraph, Kamis (5/10/2023).

Di sisi lain, Chief Operating Officer Luxor, Ethan Vera mengatakan pendirian Volcano Energy dan dimulainya penambangan Bitcoin lokal akan berkontribusi pada etos desentralisasi geografis Bitcoin.

 

4 dari 4 halaman

Tahap Pertama

Pengumuman tersebut juga menyebutkan potensi negara-negara dengan sumber energi terbarukan yang melimpah untuk menggunakan penambangan Bitcoin guna meningkatkan keekonomian proyek energi baru. 

“Operasi penambangan dapat memberikan pembeli fleksibel sebagai pilihan pertama dan terakhir” bagi produsen energi dan bertindak sebagai sumber pendapatan alternatif,” jelas Vera. 

Tahap pertama proyek Volcano Energy melibatkan pembangunan taman energi terbarukan berkapasitas 241 megawatt (MW) di Metapán yang akan terdiri dari 169 MW energi surya fotovoltaik dan 72 MW tenaga angin. Tujuan jangka panjang dari proyek ini adalah untuk memanfaatkan energi panas bumi yang melimpah di negara ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini