Sukses

Pertama di Dunia, El Salvador akan Masukkan Bitcoin ke Kurikulum Sekolah

Percontohan untuk membawa kursus Bitcoin ke setiap sekolah di negara tersebut direncanakan pada 2024.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendidikan di El Salvador bermitra dengan Mi Primer Bitcoin (MPB), sebuah organisasi pendidikan nirlaba, untuk menjadikan konten terkait Bitcoin sebagai bagian dari kurikulum sekolah di negara tersebut. 

Program percontohan ini akan melatih 150 guru untuk memberikan pendidikan Bitcoin, membawa program ini ke 75 sekolah negeri. Percontohan untuk membawa kursus Bitcoin ke setiap sekolah di negara tersebut direncanakan pada 2024. 

Dalam wawancara baru-baru ini pendiri MPB, John Dennehy membenarkan keterlibatan organisasi tersebut dalam inisiatif bersama ini.

“Bagian pertama dari proses ini dimulai pada tanggal 7 September dengan 150 guru dari 75 sekolah negeri diajari konten dasar terkait Bitcoin, dibantu oleh orang-orang dari Bitcoin Beach, proyek Bitcoin lainnya. Para guru ini akan kembali ke sekolah dan siap memberikan kursus Bitcoin kepada murid-muridnya,” kata Dennehy, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (8/9/2023).

Dennehy menyatakan, jika uji coba ini berhasil, program ini akan diperluas ke seluruh sekolah di El Salvador pada tahun depan. Mengenai dampak penyebaran pengetahuan Bitcoin di sekolah.

Pertama El Salvador, Lalu Dunia

Tujuan pengajaran tentang Bitcoin dan manfaatnya bagi mereka yang tidak mempunyai rekening bank dan kurang terlayani tidak hanya terbatas pada El Salvador, pemerintah pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. 

Dennehy menunjukkan meskipun proyek MPB dimulai di El Salvador, tujuannya adalah untuk memperluas jangkauannya ke negara-negara lain. 

“El Salvador memimpin dalam pendidikan Bitcoin publik, dan kami berharap negara-negara lain akan mengikuti. Dunia sedang menyaksikan,” jelas Dennehy.

Diperkirakan MPB telah membantu 25.000 siswa mempelajari kisah Bitcoin dan cara melakukan transaksi dasar dengan dompet. Dennehy juga mengungkapkan MPB sedang dalam pembicaraan untuk membawa pengalaman mengajar Bitcoin ke dua negara lain yang dirahasiakan.

Salah satunya adalah Uruguay, ketika organisasi tersebut mengumumkan dimulainya pendaftaran gratis untuk kursus mendatang. Selain itu, Cuba Bitcoin, komunitas Bitcoin di Kuba, baru-baru ini memposting mereka sedang mempersiapkan kursus MPB edisi pertama di Kuba, dengan ketersediaan terbatas.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini