Sukses

Harga Bitcoin Berpotensi Turun hingga di Bawah Rp 381 Juta

Tren penurunan harga bitcoin ini juga diikuti oleh volume transaksi yang masih terbilang rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto, khususnya bitcoin (BTC), terus mengalami penurunan yang signifikan, memunculkan pertanyaan apakah saat ini adalah peluang emas untuk membeli dengan harga diskon. 

Pergerakan harga bitcoin telah mencerminkan penurunan yang cukup tajam dalam beberapa pekan terakhir. Akibat penurunan lebih lanjut ini, harga Bitcoin diprediksi dapat turun hingga di bawah Rp 381 juta. 

Koreksi ini terjadi setelah periode kenaikan yang signifikan sebelumnya yang membuat Bitcoin kembali berada di atas harga USD 30.000 atau sekitar Rp 457 juta (asumsi kurs Rp 15.298 per dolar AS).

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, melihat Bitcoin dan pasar kripto secara keseluruhan masih dibayangi tekanan ketidakpastian yang kuat sehingga cenderung bergerak sideways dan menurun. Tren penurunan ini juga diikuti oleh volume transaksi yang masih terbilang rendah. 

"Untuk saat ini, banyak pelaku pasar, baik itu trader maupun investor, masih memilih untuk bersikap hati-hati dan mengambil pendekatan wait and see. Mereka menunggu hingga arah pasar lebih jelas, mengingat adanya banyak ketidakpastian yang sedang berlangsung," kata Fyqieh dalam siaran pers, dikutip Sabtu (26/8/2023).

Di Amerika Serikat, para investor tampaknya masih merasa ragu untuk kembali menanamkan minat mereka pada aset berisiko. Ini terlihat dari perkembangan kenaikan imbal hasil obligasi yang terjadi belakangan ini. 

Imbal hasil Treasury AS jangka panjang bahkan telah mencapai level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Kenaikan ini secara tidak langsung memberikan dampak pada minat pembelian aset-aset berisiko seperti kripto, karena likuiditas pasar menjadi terbatas. 

Transaksi Bitcoin Masih Rendah 

Aset Bitcoin sendiri baru-baru ini diperdagangkan pada level terendah dalam dua bulan terakhir, yaitu sekitar USD 26.000 atau Rp 396 juta. Hal ini mencerminkan adanya tren investasi kripto yang cenderung bergerak sideways, tanpa arah yang pasti. 

Menurut Fyqieh, Bitcoin mungkin masih memiliki potensi untuk mengalami penurunan yang lebih dalam jangka pendek. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arus Keluar Bitcoin dan Ethereum Sentuh Rp 26,3 Triliun dalam 30 Hari

Sebelumnya, selama 30 hari terakhir, harga bitcoin dan ethereum juga relatif stabil. Namun, data terbaru mengungkapkan sejumlah besar bitcoin telah ditarik dari bursa, dengan 43.301 BTC, senilai USD 1,16 miliar atau setara Rp 17,2 triliun. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (25/8/2023), selain bitcoin, data Cryptoquant menunjukkan platform perdagangan kripto terpusat juga mengalami arus keluar ethereum yang signifikan meninggalkan bursa mereka selama sebulan terakhir. Sekitar 340.000 eter, senilai USD 613,71 juta atau setara Rp 9,1 triliun telah meninggalkan bursa.

Secara total Bitcoin dan Ethereum telah melihat arus keluar dari bursa dalam sebulan terakhir sebesar USD 1,77 miliar atau setara Rp 26,3 triliun.

Bursa Kripto yang Mencatatkan Arus Keluar Terbesar

Sejumlah besar pertukaran kripto utama telah melihat arus keluar bitcoin yang signifikan. Data Cryptoquant menunjukkan platform perdagangan terpusat Exodus memegang 2,5 juta bitcoin. Dalam sebulan terakhir saja, 43.301 BTC, senilai lebih dari USD 1,16 miliar, telah meninggalkan platform ini.

Sedangkan, menurut data yang dicatat oleh analitik blockchain Coinglass, Binance saat ini memegang cadangan bitcoin terbesar, dengan saldo 555.435 pada Minggu malam. Namun, selama 30 hari terakhir, pertukaran tersebut telah mengalami arus keluar sekitar 10.102 BTC. 

Coinbase berada di posisi kedua dengan cadangan 486.630 bitcoin, dan mengalami peningkatan moderat sekitar 316 BTC dalam sebulan terakhir. Bitfinex, bursa terbesar ketiga dalam hal kepemilikan BTC, juga mengalami sedikit peningkatan sekitar 339 BTC selama periode yang sama.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Lembaga Asuransi Bank AS Peringatkan Risiko Kripto untuk Perbankan

Sebelumnya, Lembaga Asuransi Bank AS atau Federal Deposit Insurance Corp AS (FDIC) menambahkan kripto sebagai salah satu dari lima kategori besar tahun ini dalam laporan risiko tahunannya.

Menurut laporan ini kripto merupakan gambaran bahaya yang dianggap oleh regulator perbankan sebagai prioritas utama saat ini. Tinjauan Risiko 2023, yang sebagian besar melihat kembali pada gejolak kripto pada 2022. 

Agensi tersebut mengatakan siap untuk terlibat dalam diskusi pengawasan yang kuat dengan lembaga penyimpanan yang diawasinya. 

“Seperti yang dijamin, FDIC akan mengeluarkan pernyataan tambahan terkait keterlibatan organisasi perbankan dalam aktivitas terkait aset kripto,” kata FDIC, dalam laporannya, dikutip dari CoinDesk, Jumat (25/8/2023).

Bank Harus Menjaga Jarak dengan Kripto

Laporan tersebut tidak membuat kebijakan baru, dan menambah pandangan yang konsisten dari lembaga perbankan AS termasuk Kantor Pengawas Mata Uang dan Federal Reserve, tetapi sebagian besar bank harus menjaga jarak dari aset digital, kecuali regulator federal mereka merasa nyaman.

The Fed mengumumkan program pengawasan baru yang akan mencakup pengawasan kripto untuk perusahaan induk bank yang diawasinya. Ini melihat kejadian beberapa bank ramah kripto runtuh awal tahun ini, termasuk Silvergate, Signature dan Silicon Valley Bank, yang terakhir menjadi bank terbesar ketiga yang runtuh dalam sejarah AS.

 

4 dari 4 halaman

Salah Satu Bank Terbesar Rusia Rosbank Bakal Pakai Kripto untuk Pembayaran

Sebelumnya, salah satu bank terbesar Rusia, Rosbank, akan menggunakan cryptocurrency untuk melakukan pembayaran lintas batas. Bank yang terkena sanksi itu telah melakukan uji coba transaksi dengan klien korporat dan swasta.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (23/8/2023), Departemen Keuangan AS tahun lalu memberi sanksi kepada Rosbank dan pemiliknya, oligarki Vladimir Olegovich Potanin, yang terdaftar di Bloomberg sebagai orang terkaya Rusia.

Vedomosti tidak mengatakan cryptocurrency mana yang akan digunakan bank tetapi menambahkan ia bekerja dengan perusahaan fintech B-Crypto untuk proyek tersebut. Potanin, yang menghasilkan miliaran dari komoditas dan skema pinjaman untuk saham yang kontroversial di negara itu, telah berbicara tentang ekonomi digital sebelumnya: 

Pada 2022, dia mengatakan aset token dan mata uang digital bank sentral akan membantu negara bergerak maju.

Tahun lalu, Wakil Menteri Keuangan Rusia, Alexey Moiseyev juga mengatakan negara sedang menjajaki penggunaan stablecoin untuk melakukan pembayaran dengan “negara sahabat.” Idenya adalah negara tidak perlu melakukan transaksi dalam dolar atau euro.

Rusia memiliki peraturan yang rumit seputar mata uang kripto. Bank sentral negara tersebut mengatakan tahun lalu penambangan dan transaksi Bitcoin harus dilarang, tetapi kementerian keuangan mengatakan inovasi tidak boleh ditahan dan menyerukan regulasi.

Presiden Rusia Vladimir Putin bahkan mengatakan Rusia bisa menjadi pusat penambangan Bitcoin. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.