Sukses

Transfer Besar Kripto PEPE Coin Takuti Investor, Harga Anjlok 15 Persen

Lebih dari 16 triliun token mengalir keluar dari dompet multisig PEPE ke alamat dompet beberapa bursa besar kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Transfer besar-besaran terjadi pada koin meme PEPE Coin senilai jutaan dolar membanjiri bursa kripto pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Pergerakan ini menakuti investor yang menurunkan harganya dan menarik perhatian pada aksi seram proyek, di antara pemegang mata uang kripto meme coin.

Dilansir dari CoinDesk, Sabtu (26/8/2023), lebih dari 16 triliun token mengalir keluar dari dompet multisig PEPE pada Kamis dalam perjalanan ke alamat yang terkait dengan Binance, OXK, dan Bybit.

Tindakan itu terjadi tak lama setelah detektif on-chain mencatat perubahan yang mengganggu pada pengawasan bagaimana dompet seperti brankas itu menangani persetujuan transaksi.

Alih-alih memerlukan lima dari delapan dompet untuk menandatangani transaksi, dompet tersebut berubah menjadi hanya dua dari delapan. 

Tindakan yang sangat tidak biasa ini mewakili pertama kalinya multisig proyek yang sangat penting penjaga sebagian besar pasokan token mengirimkan koin meme. Harga PEPE coin anjlok setelah aksinya terungkap, turun 15 persen.

PEPE adalah memecoin deflasi yang diluncurkan di Ethereum. Cryptocurrency dibuat sebagai penghargaan untuk karakter meme di internet Pepe the Frog, yang dibuat oleh Matt Furie, yang mendapatkan popularitas di awal tahun 2000-an.

proyek ini bertujuan untuk memanfaatkan popularitas koin meme, seperti Shiba Inu dan Dogecoin, dan berusaha untuk memantapkan dirinya sebagai salah satu kripto berbasis meme teratas. 

PEPE mengimbau komunitas cryptocurrency dengan melembagakan kebijakan tanpa pajak, sistem redistributif yang memberi penghargaan kepada pemegang saham jangka panjang, dan mekanisme pembakaran untuk mempertahankan kelangkaan koin PEPE.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kripto Meme Coin PEPE Sempat Naik Drastis, Ini Komentar CEO Indodax

Sebelumnya, akhir akhir ini, perkembangan pasar kripto dihebohkan dengan kripto baru bergambar katak hijau bernama PEPE Coin (PEPE). Kripto ini naik drastis dalam 30 hari terakhir.  

Mengomentari fenomena PEPE Coin, CEO Indodax Oscar Darmawan menjelaskan, Pepe merupakan meme kripto yang diluncurkan oleh developernya yang saat ini masih belum diketahui identitasnya di sekitar pertengahan April 2023 dan dibangun di atas blockchain Ethereum.

"Animo terhadap PEPE Coin ini besar. PEPE Coin langsung melesat di posisi 71 padahal baru diluncurkan sekitar satu bulan yang lalu.,” kata Oscar dalam siaran pers, dikutip Senin (29/5/2023). 

Meskipun PEPE Coin mendapatkan Atensi yang masif, sebagai pelaku industri Oscar tetap mengingatkan investor kripto perlu berhati hati dan tetap melakukan analisa fundamental dan teknikal yang benar. Jangan sampai investor terjebak FOMO

Oscar menambahkan investor juga perlu membaca whitepaper dari kripto itu sendiri yang menjelaskan orang orang yang ada di belakang project tersebut, roadmap dari aset kripto tersebut yang menjelaskan apa yang telah dibuat dan akan dilakukan. 

Investor juga bisa dengan jeli melihat komunitas, sosial media, news terkait PEPE Coin, dan mengakses CoinMarketCap atau CoinGecko untuk melihat soal PEPE Coin tersebut.

Meskipun begitu, Oscar mengungkapkan kemunculan PEPE Coin yang menarik perhatian ini dapat meningkatkan eksistensi dari meme coin.

“Sejak listing di Indodax sampai saat ini. Antusiasme masyarakat terhadap Indodax juga memberikan atensi yang positif terhadap Indodax. Pepe Coin sebagai meme,  juga bisa meningkatkan eksistensi meme coin lainnya seperti DOGE, Shiba Inu, dan Floki Inu,” pungkas Oscar.

 

3 dari 4 halaman

Kripto Baru Diluncurkan, PEPE Coin Sempat Meroket 152 Persen

Sebelumnya, pada 30 April 2023, aset kripto meme coin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar bernilai USD 19,11 miliar atau setara Rp 281 triliun (asumsi kurs Rp 14.698 per dolar AS). Selama 24 jam terakhir, valuasi semua token meme telah meningkat 1,6 persen. 

Namun, hanya dua dari lima koin meme teratas berdasarkan kapitalisasi pasar yang memperoleh keuntungan. Salah satunya, cryptocurrency yang baru diluncurkan, pepe (PEPE), memimpin paket dengan keuntungan tiga digit.

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (2/5/2023), PEPE Coin (PEPE), koin kripto meme yang menampilkan karakter populer Pepe the Frog, telah mengalami lonjakan nilai yang signifikan dalam seminggu terakhir, naik 152,9 persen terhadap dolar AS. 

Statistik terbaru menunjukkan kapitalisasi pasar PEPE telah melonjak dari USD 141 juta atau setara Rp 2 triliun pada 22 April menjadi valuasi saat ini sebesar USD 303 juta atau setara Rp 4,4 triliun.

Pada 30 April 2023, aset kripto meme coin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar bernilai USd 19,11 miliar. Selama 24 jam terakhir, valuasi semua token meme telah meningkat 1,6 persen. 

 

4 dari 4 halaman

Aset Token

Bitcoin.com sebelumnya melaporkan tentang PEPE dan beberapa aset koin meme lainnya delapan hari lalu. Pada saat itu, PEPE adalah aset token meme terbesar keenam berdasarkan penilaian keseluruhan. 

Saat ini, PEPE adalah yang terbesar kelima dan memiliki volume perdagangan global sebesar USD 149,63 juta atau setara Rp 2,2 triliun, berada tepat di bawah volume harian cardano (ADA) pada Minggu. 

Token meme turun 10 persen lebih rendah dari level tertinggi sepanjang masa yang tercatat pada Minggu di USD 0,000000813847 atau setara Rp 0,012 per unit.

Nilai pasar ekonomi koin meme telah mengalami fluktuasi yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir, dengan dogecoin (DOGE) dan shiba inu (SHIB) mengalami pasang surut. 

Aset koin meme telah mendapatkan peningkatan permintaan dari investor dan spekulasi di pasar mata uang kripto sejak kenaikan nilainya yang signifikan sejak tahun 2020. 

Ekonomi koin meme terkenal dengan volatilitasnya, tetapi DOGE dan SHIB tetap berada di garis depan pasar koin meme selama dua tahun terakhir. Sementara nilai pasar koin meme ini dapat berfluktuasi, dampaknya terhadap ekonomi kripto yang lebih luas belum diabaikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.