Sukses

Mengetahui Apa Itu Desentralisasi dalam Kripto

Konsep desentralisasi merupakan konsep sistem yang digunakan untuk kebutuhan kripto seperti digital aset Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, dan lain-lain

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia kripto atau blockchain, seringkali muncul istilah Decentralized atau desentralisasi, lantas apa maksud dari desentralisasi dalam kripto? 

Dilansir dari Blockchain Council, Decentralized atau desentralisasi dalam dunia kripto adalah sebuah proses menyebarkan wewenang yang awalnya berada pada satu titik atau terpusat, kemudian menjadi meluas. Ketika sudah terdesentralisasi maka pihak pusat tidak bisa merubahnya.

Konsep desentralisasi merupakan konsep sistem yang digunakan untuk kebutuhan kripto seperti digital aset Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, dan lain-lain. Perlu diketahui Blockchain dikembangkan untuk sistem penyimpanan digital kemudian didistribusikan bersama.

Teknologi Blockchain menggunakan cryptography, lalu setelah itu bisa saling berkaitan. Blockchain sangat memanfaatkan konsep sistem desentralisasi karena saling terhubung sebab memegang peranan yang sama. 

Sistem desentralisasi di dunia Blockchain adalah sistem yang tidak dimiliki oleh otoritas sentral, tapi masih juga bisa bekerja sama seperti seakan-akan ada otoritas sentral di belakangnya.

Desentralisasi pada Blockchain juga dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang keseluruhan pengambilan keputusannya telah diberikan kepada para pengguna dari sistem tersebut.

Dengan terdapatnya sistem desentralisasi pada Blockchain ini Kamu juga tidak perlu bergantung kepada otoritas eksternal untuk validasi dan integrasi keaslian data. Proses terdesentralisasi yang biasa terjadi di antara mode jaringan untuk memastikan informasi tersebut benar.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenalan dengan Alpaca Coin Kripto Milik Platform DeFi Alpaca Finance

Alpaca Finance adalah platform Decentralized Finance (DeFi) dengan mekanisme berbasis kredit. Sesuai namanya, pengguna dapat memanfaatkan Leverage Yield Farming. Alpaca Coin adalah hadiah yang diberikan ketika seseorang meminjamkan kripto mereka.

Dilansir dari Coinmarketcap, tidak seperti DeFi lainnya, Alpaca Finance adalah proyek peluncuran yang adil tanpa pra-penjualan, tanpa pra-tambang, dan tanpa investor dengan tingkat pengembalian leverage yang lebih tinggi.

Yield Farming adalah sejenis penambangan kripto di mana pengguna mendapatkan bunga dengan meminjamkan token ke jaringan, adalah modifikasi setelah dipertaruhkan. 

Sementara itu, di ekosistem Alpaca Finance, token pemberi pinjaman akan digunakan untuk berkontribusi pada kumpulan likuiditas platform dan menghasilkan Alpaca Coin.

Apa itu Alpaca Coin?

Token Alpaca adalah token utilitas untuk Alpaca Finance yang dapat dipertaruhkan pengguna untuk mendapatkan xAlpaca, yang dapat digunakan untuk proposal tata kelola terkait platform pemungutan suara, sebagai imbalan.

Ada batas keras 188.000.000 token ALPACA; sementara itu, ada 144.858.125 di antaranya yang beredar saat ini, berdasarkan data yang dikumpulkan pada 2 Februari 2022. (75 persen dari seluruh pasokan).

 

3 dari 3 halaman

Tim Pengembang Alpaca Finance

Tonggak penting Alpaca Finance adalah buah dari tim insinyur perangkat lunak dengan blockchain yang luas, FinTech, dan keahlian infrastruktur perbankan. Ini adalah dua anggota kunci yang telah membuka efisiensi Alpaca Finance ke level baru: James Strudwick dan Pete Woodard.

James Strudwick adalah seorang profesional berpengalaman 4 tahun untuk Blockchain. Dia juga melewati banyak lembaga CeFi, termasuk BNP Paribas dan Pasar Modal.

Pete Woodard adalah mantan CEO perusahaan pemberi pinjaman cryptocurrency Nebeus. Dia juga memiliki empat tahun keahlian dalam Blockchain dan empat tahun dalam Infrastruktur Bank.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini