Sukses

Dogecoin Lanjutkan Penguatan Usai Elon Musk Rebranding Twitter

Elon Musk sempat menambahkan simbol Dogecoin ke kolom lokasi di bio Twitter-nya.

Liputan6.com, Jakarta Harga kripto Dogecoin (DOGE) berhasil menguat lebih dari 9 persen dalam 24 jam terakhir, menurut CoinGecko, diperdagangkan di kisaran USD 0,08 atau setara Rp 1.202 (asumsi kurs Rp 15.029 per dolar AS). 

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (26/7/2023), dalam seminggu terakhir, Dogecoin berhasil naik 19 persen, menjadikannya salah satu koin dengan kinerja terbaik. 

Melonjaknya harga Dogecoin terjadi setelah CEO Twitter  dan orang terkaya di dunia  Elon Musk membuat cuitan promo logo baru Twitter, yang awalnya dibagikan oleh desainer Dogecoin. Musk juga tampaknya menambahkan simbol Dogecoin ke kolom lokasi di bio Twitter-nya.

Dogecoin ditemukan pada 2013 oleh sekelompok insinyur sebagai lelucon. Tapi sekarang menjadi aset digital terbesar kedelapan dengan kapitalisasi pasar USD 11,2 miliar atau setara Rp 168,3 triliun. Akhirnya terungkap Musk telah menjadi penasihat pengembang di belakang Dogecoin sejak 2019.

Musk mulai memompa harga koin di Twitter pada 2020 dengan memposting meme, dan pada gilirannya nilainya melonjak dan mendapatkan pengikut yang banyak. Perusahaan mobil listriknya, Tesla, juga menerima cryptocurrency. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Diungkap

Tesla tidak pernah mengungkapkan apakah ada pelanggan yang menggunakan Dogecoin atau, jika sudah, berapa banyak yang diterima. Tapi kedekatan Musk dengan koin meme telah mendapat perhatian negatif.

Pada Juni 2022, sekelompok investor Dogecoin mengajukan gugatan class action senilai UDS 258 miliar atau setara Rp 3.879 triliun terhadap Musk, Tesla, dan SpaceX. 

Gugatan itu menuduh dia menjadi bagian dari skema pemerasan untuk memompa cryptocurrency. Bulan lalu, penggugat mengajukan keluhan yang diubah yang juga menuduh CEO Tesla melakukan perdagangan orang dalam.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini