Sukses

Respons Pendiri Ethereum Vitalik Buterin Terkait Langkah SEC Menindak Kripto

SEC bertindak tegas terhadap perusahaan kripto. Bagaimana respons salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin terhadap tindakan SEC?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin angkat bicara mengenai tindakan penegakan kripto baru-baru ini yang diambil oleh the US Securities and Exchange Commission (SEC) terhadap pertukaran kripto dan proyek cryptocurrency.

Dikutip dari Bitcoin News, ditulis Senin (3/7/2023), Vitalik Buterin menuturkan, kalau Solana dan proyek lainnya juga terpukul dengan tindakan SEC.

“Saya merasa tidak enak karena Solana dan proyek lainnya terpukul dengan cara ini. Mereka tidak pantas mendapatkannya, dan jika Ethereum akhirnya menang melalui semua blockchain lain yang memulai , itu bukan cara yang terhormat untuk menang, dan dalam jangka panjang mungkin bahkan bukan kemenangan,” kata dia.

Selain itu, Buterin memperingatkan tentang kemungkinan tujuan di balik tindakan ini. "Persaingan sebenarnya bukanlah rantai lain, ini adalah dunia terpusat yang berkembang pesat yang memaksakan dirinya pada saat kita berbicara, berharap proyek crypto lainnya mendapatkan hasil yang adil di situasi ini,” ujar dia.

Ethereum, Solana dan Klasifikasinya

Solana, Cardano, Polygon, BNB dan proyek kripto lainnya telah dimasukkan dalam kasus hukum saat ini yang sedang digugat SEC melawan coinbase dan binance, dua bursa kripto terbesar di pasar. SOL, token asli Solana, sebuah proyek cryptocurrency yang mendukung kontrak pintar, telah diberi label keamanan dalam proses ini, membahayakan performa dan terdaftar di bursa Amerika Serikat tanpa pendaftaran sebelumnya.

Namun, Solana Foundation yang misinya adalah membangun protokol Solana menjadi jaringan yang paling tahan sensor di dunia telah mempertanyakan validitas visi SEC, menyatakan tidak setuju dengan karakterisasi SOL sebagai keamanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eter Jadi Perhatian

Ether, token asli dari jaringan Ethereum juga merupakan bagian dari kategorisasi keamanan ini. Pada siang kongres baru-baru ini, Ketua SEC Gary Gensler tidak menjawab pertanyaan langsung apakah eter mewakili keamanan di mata komisi atau tidak.

Namun, dalam pidato pada 2018 yang sekarang terkenal, mantan pejabat SEC William Hinman merinci berdasarkan pemahamannya, penawaran dan penjualan eter saat ini bukanlah transaksi sekuritas. Pada 9 Maret 2023, Jaksa Agung New York Letitia James ajukan gugatan terhadap Kucoin, jaksa klasifikasikan eter sebagai sekuritas.

Menurut Analis JPMorgan Panigirtzoglou, pembukaan dokumen Hinman, sekelompok internal memo dan email menunjukkan diskusi yang dilakukan petugas SEC sebelum pidato ini meningkatkan kemungkinan Ethereum diatur sebagai komoditas menjelaskan saat ini dapat memicu ledakan desentralsiasi.

 

3 dari 4 halaman

Coinbase Sebut SEC Tak Punya Wewenang Beri Tuntutan pada Perusahaan Kripto

Sebelumnya, dalam sebuah surat yang diajukan pertukaran kripto Coinbase, pada Rabu, 29 Juni 2023 di pengadilan federal Manhattan, Coinbase mengatakan SEC tidak memiliki wewenang untuk mengajukan tuntutan perdata karena perdagangan aset di platformnya bukanlah sekuritas.

Pertukaran kripto terbesar di AS itu juga mengatakan akan meminta hakim untuk menolak gugatan Komisi Keamanan dan Pertukaran AS yang mengklaim telah melanggar hukum dengan gagal mendaftarkan bisnisnya.

"SEC dapat mengejar klaimnya hanya jika token dan layanan taruhan yang telah diidentifikasi adalah sekuritas," kata Coinbase, dikutip dari Channel News Asia, Minggu (27/2023).

SEC menggugat Coinbase pada 6 Juni, mengatakan itu menghasilkan miliaran dolar bertindak sebagai perantara termasuk dengan memperdagangkan setidaknya 13 aset kripto, atau token, seperti Solana, Cardano dan Polygon yang seharusnya terdaftar sebagai sekuritas.

Coinbase juga digugat atas program staking di mana ia mengumpulkan aset kripto untuk mendukung aktivitas di jaringan blockchain, dengan imbalan hadiah yang diberikannya kepada pelanggan setelah mengambil komisi untuk dirinya sendiri.

Gugatan itu diajukan satu hari setelah SEC menggugat Binance, pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia, menuduhnya menggelembungkan volume perdagangan, salah menangani dana pelanggan, dan berbohong tentang operasinya.

Ketua SEC Gary Gensler telah mencoba untuk menegaskan yurisdiksi atas industri kripto, yang menurut dia, merusak kepercayaan investor di pasar modal AS.

 

4 dari 4 halaman

Bos SEC Tuding Banyak Perusahaan Kripto Berniat Melanggar Aturan

Sebelumnya, Ketua Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC), Gary Gensler pada Kamis, 8 Juni 2023 dengan keras membantah kritik agensi tersebut mencoba untuk menghancurkan industri kripto.

Gensler justru mengatakan banyak perusahaan kripto telah membuat keputusan ekonomi yang diperhitungkan dan direncanakan untuk menghindari serta melanggar aturan.

Berbicara di konferensi Piper Sandler di New York, Gensler juga menegaskan kembali pandangannya sebagian besar token kripto memenuhi ujian sekuritas dan harus didaftarkan ke SEC. Itu berarti sebagian besar pertukaran kripto juga harus mematuhi undang-undang sekuritas, tambahnya.

"Ketika pelaku pasar aset kripto masuk ke Twitter atau TV dan mengatakan mereka tidak memiliki pemberitahuan yang adil perilaku mereka bisa saja ilegal, jangan percaya," kata Gensler, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (9/6/2023).

Industri kripto telah menyerang Gensler dalam beberapa hari terakhir setelah SEC menggugat dua bursa kripto terbesar di dunia, Coinbase dan Binance, karena diduga melanggar undang-undang sekuritas dengan gagal mendaftarkan operasi mereka ke agensi tersebut.

Chief Executive Coinbase Brian Armstrong, seorang kritikus SEC yang blak-blakan yang telah memimpin dorongan di Washington untuk aturan kripto yang lebih jelas, pada Rabu. 

Dia juga membalas Gensler, menyebutnya orang yang dingin ketika perusahaan kripto berusaha mendekatinya terkait pendaftaran. Baik Coinbase dan Binance menyangkal tuduhan SEC dan telah berjanji untuk membela diri dengan penuh semangat di pengadilan.

Anggota parlemen AS juga menekan Binance pada Kamis, menyerukan Departemen Kehakiman untuk menyelidiki setelah tuduhan dalam keluhan SEC menunjukkan Binance telah membuat pernyataan palsu kepada Kongres tentang praktik bisnisnya dalam tanggapan tertulis atas pertanyaan anggota parlemen pada Maret.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.