Sukses

EA Berencana Masukan NFT ke FIFA dan Madden

Dalam pengumuman Nike menjelaskan, di beberapa titik di masa depan, game seperti FIFA dan Madden akan terintegrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa pakaian olahraga Nike mengumumkan kolaborasi dengan pembuat video game EA Sports. Kerja sama ini berupa koleksi digital peralatan bermerek Nike yang direncanakan melalui platform Swoosh dan nantinya diintegrasikan ke dalam game EA.

Meskipun sejauh ini belum ada penyebutan kata NFT, platform tujuan Nike adalah Swoosh yang merupakan platform Web3 Nike yang diumumkan tahun lalu dan saat ini dalam versi beta tertutup. 

Dalam pengumuman Nike menjelaskan, di beberapa titik di "masa depan", game seperti FIFA dan Madden akan menampilkan integrasi dengan Swoosh, yang digambarkan Nike sebagai pengalaman komunitas digital baru.

Swoosh dibangun di atas Polygon, jaringan penskalaan Ethereum, dan saat ini hanya menawarkan koleksi NFT dalam bentuk sepatu kets digital dan kartu anggota.

Menurut situs web Swoosh, Nike mengacu pada token sebagai kreasi virtual Nike, yang mencakup sepatu kets digital, pakaian, aksesori, dan barang koleksi lainnya yang dapat Anda pakai dalam game atau ditukarkan dengan akses ke produk eksklusif, acara, dan lainnya.

GM Nike Virtual Studios, Ron Faris mengatakan dalam sebuah pernyataan, Nike dan EA Sports berbagi komitmen terhadap inovasi, kreativitas, dan keunggulan, dan keduanya sangat senang dapat bermitra.

“Kemitraan ini akan memungkinkan kami membuka beberapa pengalaman baru yang luar biasa untuk komunitas Swoosh kami dan basis penggemar EA Sports yang besar,” kata Faris, dikutip dari Decrypt, Senin (5/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesuksesan Nike dalam NFT

Nike telah melihat kesuksesan finansial yang luar biasa dari rilis NFT sejauh ini, memperoleh lebih dari USD 186 juta atau setara Rp 2,7 triliun (asumsi kurs Rp 14.891 per dolar AS) total pendapatan sejak Desember 2021 menurut data dari Dune Analytics.

Sebagian besar pendapatan itu berasal dari RTFKT, startup Web3 yang diperolehnya yang menciptakan NFT CloneX dengan artis Takashi Murakami, serta Nike CryptoKicks berbasis NFT dan sepatu kets fisik eksklusif yang hanya dapat dibeli melalui NFT yang dapat ditukarkan. 

Legenda NBA LeBron James baru-baru ini terlihat mengenakan sepasang sepatu tersebut sebelum pertandingan playoff.

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Space Pepes Cetak Rekor Koleksi NFT Bitcoin Terlaris

Sebelumnya, Space Pepes NFT menggemparkan dunia kripto dengan transaksi senilai USD 7,4 juta yang belum pernah terjadi sebelumnya di blockchain Bitcoin.

Space Pepes adalah inisiatif NFT multi-chain yang akan mencetak 100 NFT unik pada masing-masing dari sepuluh blockchain yang berbeda. Tanpa diduga, koleksi NFT terbesar dalam hal volume mingguan itu ternyata adalah perusahaan berbasis Bitcoin.

Hanya dalam tujuh hari, inisiatif Space Pepes NFT telah menghasilkan transaksi sekitar USD 7,4 juta, melampaui proyek terkenal seperti Bored Ape Yacht Club. Perubahan ini sangat mengesankan mengingat penghentian NFT sebelumnya pada Bitcoin termasuk Space Pepes.

Melansir laman Cryptopolitan, Minggu (28/5/2023), NFT yang sukses secara historis lebih menyukai Ethereum sebagai blockchain pilihan mereka.

Namun demikian, hegemoni Ethereum dapat segera ditantang jika lonjakan Ordinals Bitcoin berlanjut. Pasalnya, Bitcoin telah ada untuk sementara waktu dan memiliki nilai pasar yang lebih tinggi.

Menurut analisis sebelumnya dari CryptoSlam, blockchain Bitcoin mencatat volume NFT tertinggi kedua di minggu sebelumnya sebesar USD 35,8 juta.

Munculnya Bitcoin sebagai pemain dominan di ruang ini karena lingkungan NFT terus berubah, menandakan potensi pergolakan seismik dalam ekosistem blockchain. Lonjakan tersebut telah didukung oleh Bitcoin Ordinals khususnya Space Pepes.

Daya tarik terbaru bagi para penggemar seni digital di ranah Web3 adalah gambar pixelated dari komik "Pepe the Frog" yang terbang melintasi angkasa.

 

4 dari 4 halaman

Kinerja NFT

Space Pepes ini masing-masing harganya sedikit di bawah USD 100, dan data menunjukkan bahwa 19 Mei merupakan volume perdagangan tertinggi. Sejak itu, volume perlahan menurun.

Fakta bahwa angka mingguan ini melebihi koleksi terkenal berbasis Ethereum Bored Apes Yacht Club (BAYC) menunjukkan pola peningkatan karya seni berbasis Bitcoin yang mengungguli kreator-kreator jaringan lain, seperti Solana dan Polygon, yang lebih dikenal oleh kolektor.

Volume gabungan BAYC dan Mutant Ape Yacht Club (MAYC), koleksi lain dari artis yang sama, mencapai USD 9 juta. Gods Unchained, sebuah game berbasis ImmutableX, menghasilkan volume USD 4 juta, sedangkan koleksi Milady yang kontroversial menghasilkan perdagangan senilai USD 3 juta.

Akibatnya, NFT Bitcoin menghasilkan sekitar USD 167 juta dalam volume perdagangan selama tiga puluh hari terakhir, jauh lebih sedikit daripada Ethereum yang mendekati USD 397 juta.

Namun, menurut Cryptoslam, penjualan NFT di jaringan Bitcoin tertinggal sekitar USD 57 juta, hampir tiga kali lipat penjualan di jaringan Solana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.