Sukses

Bitcoin Perkasa, Investor Tunggu Voting Perjanjian Plafon Utang AS

Kripto naik sejak Sabtu setelah House Republicans mencapai kesepakatan tentatif dengan Gedung Putih untuk menaikkan plafon utang.

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin berhasil pulih ke level USD 28.000 atau setara Rp 419,5 juta (asumsi kurs Rp 14.984 per dolar AS) selama akhir pekan dan diperpanjang hingga Selasa, 30 Mei 2023 untuk pertama kalinya sejak awal bulan.

Dilansir dari CNBC, Rabu (31/5/2023), kenaikan harga bitcoin ini terjadi setelah pemerintahan Joe Biden mencapai kesepakatan tentatif dengan anggota parlemen dari Partai Republik untuk mengatasi plafon utang AS.

Bitcoin naik kurang dari 1 persen pada Selasa dan diperdagangkan di kisaran USD 27.868 atau setara Rp 417,5 juta, menurut Coin Metrics. Ether menguat dengan persentase yang sama dan diperdagangkan pada USD 1.908 atau setara Rp 28,5 juta.

Cryptocurrency mulai naik Sabtu malam setelah House Republicans mencapai kesepakatan tentatif dengan Gedung Putih untuk menaikkan plafon utang negara dan menghindari default. Kongres diatur untuk memberikan suara pada undang-undang pada Rabu.

Korelasi Bitcoin dan Emas Menurun

Karena negosiasi plafon utang membebani investor kripto minggu lalu, risalah pertemuan Federal Reserve terbaru juga menunjukkan pejabat bank sentral terpecah tentang ke mana harus pergi dengan kenaikan suku bunga.

Dengan kedua faktor tersebut, bitcoin mulai berperilaku seperti aset berisiko lagi. Korelasinya dengan emas telah mundur dari level tertinggi sepanjang masa tahun ini.

Bitcoin dan eter berada pada kecepatan untuk bulan terburuk sejak November, masing-masing turun 5 persen dan naik 0,1 persen.

Untuk kuartal ini, bitcoin turun hampir 2 persen, setelah menyelesaikan kuartal pertama naik 71 persen. Ether naik 4,3 persen, setelah membukukan kenaikan 52 persen di kuartal satu.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini