Sukses

Alamat Dompet Pemegang 1 Bitcoin Menembus Satu Juta

Lonjakan paling menonjol terjadi selama kehancuran pasar akut pada Juni 2023 dan mulai 11 November

Liputan6.com, Jakarta Jumlah alamat dompet Bitcoin yang menyimpan satu BTC utuh atau lebih telah melampaui angka satu juta. Tonggak satu juta tersebut dicapai pada 13 Mei 2023, menurut data dari Glassnode.

Dilansir dari Cointelegraph, Senin (22/5/2023), karena harga Bitcoin turun lebih dari 65 persen sepanjang tahun lalu, jumlah alamat dompet yang menyimpan satu Bitcoin atau lebih melonjak.

Lonjakan paling menonjol terjadi selama kehancuran pasar akut pada Juni 2023 dan mulai 11 November, tanggal itu FTX runtuh dan kemudian mengajukan kebangkrutan.

Secara total, sekitar 190.000 atau lebih pemegang 1 bitcoin ditambahkan sejak awal Februari 2022 karena harga Bitcoin turun dari level tertinggi November 2021.

Salah satu pendiri Glassnode, Negentropic, memberi tahu 54.000 pengikut Twitternya waktu terbaik untuk membeli Bitcoin adalah ketika ada masalah terjadi. 

Komentarnya muncul setelah banyak bank besar bangkrut di Amerika Serikat, serta Fed yang berpotensi menghentikan kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang. 

Ini adalah beberapa alasan mengapa Glassnode mengatakan mereka tetap percaya diri Bitcoin dapat mencapai harga USD 35.000 atau setara Rp 521,7 juta (asumsi kurs Rp 14.907 per dolar AS dalam jangka menengah.

Sebanyak juta BTC yang merupakan 17 persen dari total pasokan yang beredar “hilang selamanya,” menurut perkiraan dari Glassnode, yang menggambarkan angka tersebut dari kombinasi data termasuk BTC yang dikirim ke alamat bakar, dompet dengan kunci hilang dan akun besar yang tidak tersentuh selama lebih dari satu dekade.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu Alamat Dompet Tak Mewakili 1 Orang

Sementara angka bulat “satu juta” menandai rekor baru dalam buku rekor, perlu diperhatikan satu alamat dompet Bitcoin tidak selalu mewakili satu orang. 

Banyak investor kripto memiliki banyak alamat Bitcoin dan alamat lainnya milik institusi besar seperti pertukaran cryptocurrency dan perusahaan investasi yang biasanya memiliki Bitcoin dalam jumlah besar.

Menurut data dari penyedia analitik kripto CoinGlass, dari sekitar 19 juta Bitcoin yang beredar saat ini, 1,89 juta BTC ini  disimpan di bursa terpusat utama seperti Binance dan Coinbase.

 

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • FTX

  • BTC