Sukses

Lembaga Pajak AS Bakal Tarik Pajak untuk NFT

IRS mencirikan NFT sebagai pengidentifikasi digital unik yang direkam menggunakan teknologi ledger terdistribusi

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pajak AS, Internal Revenue Service (IRS) ingin publik mengomentari terkait rencananya untuk mengenakan pajak pada beberapa NFT dengan cara yang sama seperti mengenakan pajak pada barang koleksi yang berwujud seperti karya seni atau logam mulia. 

Dilansir dari CNBC, ditulis Minggu (8/4/2023), Wajib Pajak memiliki waktu hingga 19 Juni untuk mengomentari proposal tersebut. Saat ini, IRS memperlakukan NFT dan mata uang kripto sebagai properti untuk keperluan pajak pendapatan federal, menurut situs web agensi tersebut. 

Ini mencirikan NFT sebagai pengidentifikasi digital unik yang direkam menggunakan teknologi ledger terdistribusi dan dapat digunakan untuk mengesahkan keaslian dan kepemilikan hak atau aset terkait.

Itu berarti jika menjual NFT kurang dari jumlah yang dibayarkan, pemilik dapat menggunakan kerugian tersebut untuk mengimbangi keuntungan yang diperoleh dari investasi lain, yang dikenal sebagai capital gain

Wajib pajak juga dapat mengurangi penghasilan rutin hingga USD 3.000 atau setara RP 44,8 juta (asumsi kurs Rp 14.940 per dolar AS) jika kerugian melebihi keuntungan modal tahunan.

Untuk menentukan apakah NFT tertentu dapat ditagih, IRS berencana untuk melakukan "analisis menyeluruh", yang merupakan proses yang membantu agensi mengetahui apakah NFT mewakili kepemilikan aset yang sudah dianggap dapat dikenakan pajak. 

Misalnya seseorang memiliki NFT yang menyatakan kepemilikan permata. NFT akan dianggap sebagai barang tertagih karena permata termasuk dalam definisi IRS tentang barang koleksi nyata, jelas situs web agensi tersebut.

Untuk musim pajak saat ini, IRS berencana menggunakan analisis ini untuk menentukan kapan NFT diperlakukan sebagai barang tertagih hingga lembaga mengeluarkan panduan tambahan pada bulan-bulan mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekaman David Bowie yang Belum Dirilis Bakal Debut sebagai Musik NFT

Sebelumnya, David Bowie dianggap sebagai salah satu musisi paling berpengaruh di abad ke-20. Dia menghasilkan katalog yang luar biasa dari 27 album studio, 11 album live, 4 soundtrack, dan 128 single.

Namun penyanyi sekaligus penulis lagu yang meninggal dunia pada 2016 itu tampaknya masih memiliki satu lagu tersisa untuk dinyanyikan.

Melansir Decrypt, Jumat (7/4/2023), Gala Music, cabang dari startup Web3 Gala Games mengumumkan kemitraan dengan produser musik Larry Dvoskin dan penerbit Warner Chappell Music untuk merilis lagu hit David Bowie tahun 1983 "Let's Dance" yang belum pernah terdengar sebelumnya melalui seri NFT terbatas.

Pada 14 April, 40 tahun setelah "Let's Dance" awalnya debut, Gala Music akan merilis 3.003 NFT, masing-masing menampilkan karya seni yang terinspirasi dari Bowie.

NFT akan dijual dengan skema bayar sesuai keinginan. Semua hasil penjualan awal akan disumbangkan ke MusiCares, sebuah badan amal yang menyediakan layanan kesehatan dan manusia untuk komunitas musik.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

3 dari 4 halaman

Peluncuran Serangkaian NFT

Dvoskin mendeskripsikan lagu tersebut dalam sebuah pernyataan sebagai versi lebih melamun, elektronik" dari lagu smash tersebut, yang tetap menjadi salah satu lagu paling populer Bowie yang pernah dirilis. Produser musik dan penulis lagu telah lama berharap perombakan lagu tersebut dapat terwujud.

Pada September lalu, Bowie Estate meluncurkan serangkaian NFT dalam kemitraan dengan pasar OpenSea berjudul “Bowie on the Blockchain”. Koleksi itu, yang juga dijual untuk mengumpulkan uang untuk amal, mendapat reaksi keras dari penggemar Bowie yang mencemooh eksperimen blockchain karena tidak sesuai dengan etos dan nilai mendiang artis.

Seluruh katalog musik Bowie saat ini dimiliki oleh Warner Chappell Music, anak perusahaan dari Warner Music Group, yang membeli koleksi tersebut awal tahun lalu seharga lebih dari USD 250 juta.

Pada November 2022, label musik mengumumkan kesepakatan dengan inkubator hiburan Web3 Defient untuk membuka kekuatan Web3 bagi penulis lagu.

4 dari 4 halaman

Volume Perdagangan NFT Global Sentuh Rp 29,1 Triliun pada Maret 2023

Sebelumnya, data penjualan NFT secara global dari DappRadar, dilengkapi dengan data on-chain tambahan dari Dune, menunjukkan volume perdagangan NFT mencapai USD 1,95 miliar tau setara Rp 29,1 triliun (asumsi kurs Rp 14.965 per dolar AS) pada Maret 2023.

Dilansir dari Decrypt, Kamis (6/4/2023), nilai ini  turun sekitar 4 persen dari total volume perdagangan NFT sepanjang Februari 2023 sebesar USD 2,04 miliar atau setara Rp 30,5 triliun. 

Sebagian besar volume perdagangan itu lagi-lagi berasal dari pasar NFT Blur, dengan perdagangan Ethereum NFT senilai hampir USD 1,35 miliar atau setara Rp 20,2 triliun di pasar, naik sedikit dari sekitar USD 1,32 miliar atau setara Rp 19,7 triliun pada Februari. 

Aktivitas perdagangan Blur melonjak pada pertengahan Februari ketika pasar meluncurkan token hadiah BLUR, yang telah mendorong pembalikan massal dari pedagang “paus” yaitu, pedagang yang memegang posisi besar dalam koleksi tertentu dan bertindak sebagai pembuat pasar.

Lonjakan volume perdagangan, dan peningkatan yang dihasilkan dalam penjualan pasar NFT secara keseluruhan, telah menimbulkan pertanyaan apakah aktivitas perdagangan semacam itu harus dikategorikan sebagai "perdagangan yang dimanipulasi" atau bahkan "perdagangan cuci", seperti yang telah dilakukan oleh platform data CryptoSlam. 

Namun, DappRadar menganggapnya sebagai perdagangan yang sah, dan tren tersebut terus berlanjut dengan lebih banyak hadiah token yang dijanjikan untuk pengguna.

OpenSea, masih menjadi pasar NFT terkemuka dalam hal total dompet unik, mencatat volume perdagangan senilai USD 424 juta atau setara Rp 6,3 triliun pada Maret, turun dari USD 587 juta atau setara Rp 8,7 triliun pada Februari. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini