Sukses

Pasar Kripto Diprediksi Masih Menguat pada April 2023

Secara data historis pasar kripto selalu menguat setiap April sejak 2017 hingga 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data yang ditunjukan oleh Coinglass, pasar kripto pada April setiap tahun cenderung dominan mengalami tren bullish sangat tinggi. 

Sejak 2017-2020 terjadi kenaikan dengan rata-rata 30 persen, sehingga ini bisa menjadi potensi capital gain bagi para investor aset kripto.

Menurut tim trader Tokocrypto dalam analisis bulanan pasar kripto, yang diterima Liputan6.com, data ini hanya bersifat histori saja, tidak bisa menjadi acuan utama untuk melakukan penjualan maupun pembelian di pasar aset kripto. 

“Apabila pada akhir April nanti harga Bitcoin (BTC) ditutup dengan koreksi merah, maka bulan selanjutnya memiliki potensi untuk mengalami koreksi lanjutan,” kata tim trader, dikutip Sabtu (8/4/2023). 

Sentimen Pasar Sepanjang April

Trader dan investor saat ini berfokus untuk menentukan harga yang tepat untuk melakukan pembelian dan penjualan dan tren Bitcoin kedepannya. 

Selain itu juga ada kata kunci regulasi dan politik yang artinya secara sentimen pasar sangat baik, seperti adanya CBDC yang mulai muncul, El Salvador yang mengeluarkan surat utang negara menggunakan Bitcoin. 

Tren-tren tersebut tentunya dapat menjadi pendorong baik untuk kenaikan harga Bitcoin,” jelas tim trader.

Berdasarkan CoinMarketCap, ada beberapa berita dan acara yang akan berlangsung pada April 2023. Seperti upgrade jaringan Ethereum Shappela pada 12 April 2023 dan hardfork yang akan terjadi pada koin IoTeX pada 4 April 2023. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Bitcoin pada April

Ini merupakan sentimen baik untuk aset kripto tersebut karena update major dan difungsikan untuk menutup kekurangan jaringan blockchain yang sudah berjalan. 

“Namun, para trader dan investor lebih memperhatikan Ethereum upgrade karena aset kripto ini berada pada top 10 CoinMarketCap berdasarkan kapitalisasi pasarnya,” lanjut tim trader.

Aksi Harga Bitcoin pada AprilPergerakan Bitcoin pada April diproyeksikan memiliki potensi untuk koreksi ke harga USD 26.700 atau setara Rp 398,9 juta (asumsi kurs Rp 14.940 per dolar AS) dengan potensi penurunan kurang lebih 5 persen dari pembukaan harga April di level USD 28.000 atau setara Rp 418,3 juta.

“Potensi penurunan ini memiliki rasio kemungkinan terjadi lebih besar dikarenakan adanya beberapa indikator pendukung seperti RSI, pola candlestick, serta resistance yang kuat di harga USD 29.000 atau setara Rp 433,2 juta,” pungkas tim Trader.

Ini merupakan sentimen baik untuk aset kripto tersebut karena update major dan difungsikan untuk menutup kekurangan jaringan blockchain yang sudah berjalan. 

“Namun, para trader dan investor lebih memperhatikan Ethereum upgrade karena aset kripto ini berada pada top 10 CoinMarketCap berdasarkan kapitalisasi pasarnya,” lanjut tim trader.

Aksi Harga Bitcoin pada April

Pergerakan Bitcoin pada April diproyeksikan memiliki potensi untuk koreksi ke harga USD 26.700 atau setara Rp 398,9 juta (asumsi kurs Rp 14.940 per dolar AS) dengan potensi penurunan kurang lebih 5 persen dari pembukaan harga April di level USD 28.000 atau setara Rp 418,3 juta.

“Potensi penurunan ini memiliki rasio kemungkinan terjadi lebih besar dikarenakan adanya beberapa indikator pendukung seperti RSI, pola candlestick, serta resistance yang kuat di harga USD 29.000 atau setara Rp 433,2 juta,” pungkas tim Trader.

3 dari 4 halaman

Ekonom Sarankan El Salvador Sumbangkan Bitcoin kepada Warga Miskin

Sebelumnya, seorang ekonom telah menyarankan presiden El Salvador, Nayib Bukele harus menggunakan investasi cryptocurrency untuk membantu orang miskin di negara itu.

Berbicara kepada surat kabar lokal, profesor Universitas UCA El Salvador Rafael Lemus mengatakan pembelian Bitcoin Presiden Nayib Bukele tidak menghasilkan manfaat bagi negara dan harus dimanfaatkan dengan lebih baik.

Bukele yang menjadi pemimpin El Salvador pada 2019 melakukan tender legal Bitcoin di negara kecil Amerika Tengah pada 2021. Dia juga telah membeli banyak cryptocurrency, menurut pengumuman Twitter.

“Sama seperti dia menghabiskan lebih dari USD 2 juta atau setara Rp 29,8 miliar (asumsi kurs Rp 14.940 per dolar AS) dalam Bitcoin, mengapa tidak membatalkan investasi itu, memulihkan apa yang dia bisa, dan mengalokasikannya ke rumah tangga termiskin,” kata profesor itu, dikutip dari Decrypt, Sabtu (8/4/2023).

Dia menambahkan langkah tersebut akan mencegah rumah tangga termiskin di negara itu dari "bergerak ke dalam kemiskinan ekstrim" karena inflasi.

El Salvador adalah salah satu negara termiskin di Amerika. Itu sebelumnya menderita kekerasan geng endemik tetapi tingkat pembunuhan pernah menjadi salah satu yang tertinggi di dunia  telah turun drastis di bawah pengawasan Bukele.

Menurut data dari situs Nayib Tracker, presiden telah menghabiskan lebih dari USD 113 atau setara Rp 1,2 triliun juta untuk Bitcoin tetapi saat ini turun 34 persen dari investasi. Meskipun sang presiden sangat populer di El Salvador dan Amerika Latin secara keseluruhan, menurut jajak pendapat taruhan Bitcoin Bukele telah banyak dikritik.

Orang-orang seperti Bank Dunia dan IMF telah menolak gagasan tersebut dan sejauh ini, tidak banyak orang Salvador yang menggunakan mata uang kripto untuk pembelian sehari-hari.

 

4 dari 4 halaman

El Salvador Bakal Punya Kedutaan Bitcoin di Texas

Sebelumnya, El Salvador berencana untuk membuka "kedutaan Bitcoin" di Texas, menurut duta besar negara itu untuk AS. Duta Besar El Salvador Milena Mayorga mengatakan di Twitter, Rabu, 15 Februari 2023, dia telah bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Texas Joe Esparza untuk membahas gagasan tersebut.

Dilansir dari Decrypt, Kamis (16/2/2023), sekretaris Negara Bagian Texas mengonfirmasi mereka bertemu dengan duta besar El Salvador untuk AS untuk membahas peluang pertukaran budaya dan komersial, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut tentang apa yang akan dilakukan kedutaan selain mendidik masyarakat tentang kripto terbesar di dunia. 

El Salvador tahun lalu membuka “kantor Bitcoin” di Lugano, Swiss untuk menyebarkan adopsi cryptocurrency di Eropa. Itu juga menandatangani Nota Kesepahaman tentang kerja sama ekonomi dengan kota.

Inisiatif Swiss dimaksudkan untuk mendukung “inisiatif untuk mendorong adopsi Bitcoin dan cryptocurrency lainnya di wilayah masing-masing” serta membina pertukaran siswa dan talenta antara El Salvador dan Lugano, negara-negara mengumumkan pada saat itu.

El Salvador menjadi negara pertama yang membuat Bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran sah bersama dengan dolar AS pada September 2021. 

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengumumkan ide tersebut pada konferensi Bitcoin 2021 di Miami pada Juni. Undang-undang El Salvador telah dikritik oleh orang-orang seperti Bank Dunia dan IMF, dan sejauh ini, tidak banyak orang Salvador yang menggunakan mata uang kripto untuk pembelian sehari-hari.

Bukele juga telah mengumumkan di Twitter pada akhir 2022 akan terus membeli Bitcoin setiap hari untuk negaranya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini