Sukses

Kripto Shiba Inu Perkasa, Kecipratan Untung Elon Musk Ubah Logo Twitter Jadi Dogecoin

Harga kripto Shiba Inu turut menguat usai CEO Twitter, Elon Musk mengganti logo Twitter.

Liputan6.com, Jakarta Koin Shiba Inu dibuat secara anonim pada Agustus 2020 dengan nama samaran "Ryoshi". Koin meme ini dengan cepat mendapatkan kecepatan dan nilai karena komunitas investor tertarik dengan pesona lucu koin, dipasangkan dengan berita utama dan Tweet dari kepribadian seperti Elon Musk dan Vitalik Buterin.

Shiba Inu bertujuan untuk menjadi mitra berbasis Ethereum untuk algoritma penambangan berbasis Srypt Dogecoin. Token Shiba Inu dan SHIB adalah bagian dari kumpulan cryptocurrency bertema anjing, termasuk Baby Dogecoin (BabyDoge), Dogecoin (DOGE), JINDO INU (JIND), Alaska Inu (LAS), dan Alaskan Malamute Token (LASM). 

Shiba Inu menjadi salah satu kripto terpopuler dan masuk dalam 15 kripto jajaran teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. Shiba Inu (SHIB) juga menjadi meme coin terbesar kedua setelah pendahulunya yaitu Dogecoin.

Harga kripto Shiba Inu turut menguat usai CEO Twitter, Elon Musk mengganti logo Twitter yang awalnya burung biru menjadi anjing Shiba Inu yang merupakan maskot kripto SHIB Coin. 

Setelah perubahan itu, harga Shiba Inu sontak meroket dalam sehari terakhir dan sepekan, lantas bagaimana gerak SHIB Coin hari ini?

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu (5/4/2023) SHIB Coin menguat 1,41 persen dalam 24 jam terakhir dan 8,19 persen sepekan. Harga SHIB Coin saat ini berada di level Rp 0,1703 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 5,1 triliun.

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 14. SHIB Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 100,1 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 549 triliun SHIB Coin dari maksimal suplai tidak tersedia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harganya Meroket, Begini Cerita Kaitan Elon Musk dengan Dogecoin

Harga Dogecoin menguat sejak Senin malam setelah simbol kripto tersebut dimasukkan dalam referensi khusus di Twitter. Pengguna yang mengunjungi situs web Twitter disambut dengan gambar anjing Shiba Inu yang menjadi maskot kripto Dogecoin.

Dilansir dari Decrypt, Selasa (4/4/2023), dimasukkannya maskot Dogecoin menyebabkan harga token melonjak karena orang-orang mengetahui referensi tersebut. Dogecoin naik lebih dari 20 persen menjadi sekitar USD 0,092 atau setara Rp 1.372 (asumsi kurs Rp 14.920 per dolar AS) pada Senin malam. 

Dalam waktu kurang dari satu jam, Dogecoin membukukan harga tertinggi dalam lebih dari sebulan, menurut data CoinGecko. Harga telah naik lebih tinggi sejak itu, saat ini berada di sekitar USD 0,095 atau setara Rp 1.417.

Hubungan Musk dengan Dogecoin

Munculnya maskot Dogecoin di Twitter mewakili babak terbaru dalam hubungan jangka panjang antara CEO Twitter Elon Musk dan cryptocurrency bertema anjing.

Tesla telah mengakui memegang Dogecoin dan juga Bitcoin di masa lalu. Meskipun perusahaan telah menjual 75 persen kepemilikan Bitcoinnya tahun lalu, CEO mengatakan selama panggilan pendapatan, perusahaan belum menjual Dogecoin.

Setelah Musk mengakuisisi Twitter tahun lalu, muncul spekulasi Dogecoin dapat diintegrasikan ke dalam platform media sosial sebagai bentuk pembayaran karena Musk berusaha menata kembali perusahaan tersebut. 

Pada Januari, dilaporkan perusahaan sedang membangun produk pembayaran dengan cara yang mendukung pembayaran kripto. Perusahaan Musk telah mengadopsi token sebagai bentuk pembayaran di masa lalu. Mei lalu, Tesla dan SpaceX mulai menerima Dogecoin untuk membeli merchandise.

 

3 dari 3 halaman

Pernah Merekomendasikan

Pengaruh Musk atas Dogecoin dapat ditelusuri kembali ke saat dia pertama kali mereferensikan token tersebut secara publik di Twitter pada 2019, dengan menyatakan "Dogecoin mungkin cryptocurrency favorit saya."

Semangat seputar Dogecoin mencapai puncaknya pada Mei 2021 menjelang penampilan Musk di acara komedi larut malam "Saturday Night Live". Token naik setinggi USD 0,73 atau setara Rp 10.891, menurut CoinGecko.

Sebelumnya pada Jumat, Musk meminta hakim Manhattan untuk membatalkan gugatan USD 258 miliar atau setara Rp 3.849 triliun di mana dia dan perusahaan mobil listriknya Tesla dituduh menjalankan skema piramida untuk mendukung harga Dogecoin. Pengacara Musk dan Tesla menyebut gugatan itu sebagai "karya fiksi yang fantastis".

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.