Sukses

Rayakan Hari Perempuan Internasional, Zipmex Bangun Literasi Kripto untuk Kesetaraan

Ada beberapa contoh proyek kripto yang diprakarsai oleh perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Perempuan Sedunia yang jatuh setiap 8 Maret, Zipmex Indonesia menggelar Instagram Live bertema “Trade Like a Girl: Mendorong Kesetaraan Gender Lewat Kripto”. 

Menghadirkan Erdina Oudang, Head of Public Policy Zipmex Indonesia dan Fira Nursya’bani dari Portal Kripto sebagai pembicara, topik acara ini mengangkat tema literasi kripto di kalangan perempuan untuk mendorong kesetaraan di ekosistem kripto di Indonesia.

Zipmex Indonesia menyoroti ketimpangan dan stereotip gender yang membuat sektor teknologi dan keuangan seolah merupakan bidang yang lebih dipahami laki-laki. Padahal, peluang bagi perempuan untuk mengambil andil besar dan peran penting dalam bidang ini terbuka sangat lebar.  

Erdina menyampaikan hasil sebuah studi yang dilakukan oleh Crypto Head pada 2021 yang menyebut kurang dari 5 persen perusahaan kripto di dunia didirikan oleh perempuan. Tak hanya itu, survei yang dipublikasikan oleh TripleA.io baru-baru ini juga menyatakan secara global, hanya sekitar sepertiga investor kripto adalah perempuan.

Situasi yang mirip juga terjadi di Indonesia. Menurut data Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO) pada 2021, investor kripto di Indonesia jumlahnya kurang lebih hanya 1 juta. 

“Padahal jumlah investor kripto yang tercatat pada saat itu sudah mencapai sekitar 5 jutaan, artinya, di tahun 2021 hanya 20 persen investor kripto di Indonesia adalah perempuan,” kata Erdina dalam siaran pers, dikutip Sabtu (11/3/2023).

Hal ini menjadi tantangan sekaligus pendorong utama bagi perusahaan-perusahaan investasi digital untuk lebih gigih melibatkan perempuan dalam praktik usahanya. Kendati persentase investasi kripto terbilang masih kecil, keterlibatan perempuan dalam dunia kripto ini cukup memberi warna. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Contoh Proyek Kripto

“Menariknya juga, keterlibatan perempuan di ekosistem kripto menunjukkan karakteristik yang unik. Rata-rata komunitas yang dibuat oleh perempuan lebih inklusif dan tidak dibangun semata untuk mendapatkan uang semata, tapi juga untuk merangkul dan mengedukasi sesama perempuan,” jelas Erdina. 

Contoh Proyek Kripto yang Diprakarsai Perempuan

Begitu pula dengan perempuan di dunia kripto Indonesia. Erdina memberikan beberapa contoh proyek kripto yang diprakarsai oleh perempuan, misalnya Artopologi yang merupakan marketplace karya seni yang disertai oleh sertifikat berbasis blockchain. 

Proyek ini diinisiasi oleh Intan Wibisono dan sudah berjalan sejak 2021. Selain itu, ada juga Robomot NFT yang membuka peluang kerja jarak jauh yang diinisiasi oleh Lia Sadia. 

“Bahkan, Asosiasi Blockchain Indonesia juga diketuai oleh perempuan, yaitu Asih Karnengsih. Beliau sangat berjasa dalam mendorong kolaborasi antara pelaku industri, meningkatkan kesadaran masyarakat, dan menjembatani komunikasi antara industri dan regulator,” lanjut dia.

Aset Kripto Bisa Jadi Pilihan Investasi Perempuan

Aset kripto juga dapat menjadi pilihan investasi perempuan dari berbagai kalangan. Mulai dari kelompok ibu rumah tangga, pengusaha skala mikro, bahkan untuk pelajar yang sebagian besar pemasukannya bersumber dari uang saku orang tua, investasi kripto bisa menjadi pilihan karena tidak membutuhkan dana besar untuk memulai.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Minggu 12 Maret 2023

Sebelumnya, harga kripto jajaran teratas masih lesu pada perdagangan kripto Minggu, (12/3/2023). Mayoritas harga kripto jajaran teratas bergerak di zona merah meski gerak terbatas.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto jajaran teratas bitcoin (BTC) bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga bitcoin turun 0,11 persen. Selama sepekan, harga bitcoin terpangkas 7,9 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 20.620,41 atau sekitar Rp 318,96 juta (asumsi kurs Rp 15.468 per dolar AS)

Sementara itu, harga ethereum (ETH) bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga ethereum menguat 0,45 persen. Namun, selama sepekan terakhir, harga ethereum terpangkas 5,66 persen. Saat ini, harga ethereum berada di posisi USD 1.477,90 atau sekitar Rp 22,84 juta.

Demikian juga harga binance coin (BNB) bergerak di zona hijau. Harga BNB naik tipis 0,06 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga BNB tergelincir 3,6 persen. Harga BNB berada di posisi USD 279,75 atau sekitar Rp 4,31 juta.

Di sisi lain, harga XRP susut 1,24 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga XRP merosot 1,87 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,3669.

Selain itu, harga cardano (ADA) terpangkas 3,83 persen dalam 24 jam terakhir. Koreksi harga cardano memimpin di antara harga kripto jajaran terbatas lainnya. Dalam sepekan terakhir, harga cardano jatuh 9,29 persen. Saat ini, harga cardano (ADA) berada di posisi USD 0,3079.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Harga polygon melemah tipis 0,14 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga polygon merosot 7,09 persen. Kini harga polygon berada di posisi USD 1,07.

Di sisi lain, harga dogecoin (DOGE) terpangkas 0,61 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga dogecoin tergelincir 11,57 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,66676.

Sementara itu, harga kripto hari ini, harga tether (USDT) melorot 0,23 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga tether melonjak 0,91 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 1,01.

Harga USD Coin (USDC) terpangkas 1,46 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDC merosot 1,74 persen. Saat ini,  harga USD Coin berada di posisi USD 0,9827.

Harga binance USD (BUSD) menguat 0,74 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga binance USD bertambah 0,42 persen. Kini, harga binance USD berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global melemah 0,73 persen dalam satu hari ke posisi USD 949,78 miliar atau sekitar Rp  14.676 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.