Sukses

Zambia Uji Teknologi untuk Atur Cryptocurrency

Menteri Teknologi dan Sains Zambia, Felix Mutati menilai, Zambia perlu atur teknologi revolusioer termasuk kripto. Ia prediksi, kripto menjadi pendorong inklusi keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Zambia dan regulator sekuritas negara saat ini sedang menguji teknologi untuk mengatur cryptocurrency. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Teknologi dan Sains Zambia, Felix Mutati.

Menurut ia, cryptocurrency adalah teknologi revolusioner yang mewujudkan masa depan yang ingin dicapai negaranya.

Melansir Bitcoin, ditulis Minggu (19/2/2023), bank sentral Zambia, komisi eekuritas dan bursa negara tersebut sedang dalam proses "pengujian" teknologi untuk mengatur cryptocurrency, kata Felix.

Dalam sambutannya yang dipublikasikan dalam web kementerian, Mutati berpendapat Zambia perlu mengatur “teknologi revolusioner” ini karena merangkum “masa depan yang ingin dicapai negara”.

Mutati juga mengungkapkan pengujian teknologi peraturan akan segera ditingkatkan sebagai bagian dari langkah-langkah untuk membantu Zambia mencapai “ekonomi digital yang inklusif".

Selain itu, Felix mengatakan Zambia berupaya menjadi pusat teknologi di kawasan itu, serta telah menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membantu negara mencapai tujuan tersebut.

Meskipun Bank Zambia di masa lalu tidak menganjurkan penggunaan mata uang kripto seperti bitcoin, pernyataan Mutati menunjukkan bahwa pemerintahan Presiden Hakainde Hichilema merangkul kripto.

Sementara itu, ia juga mengklaim Zambia telah memantapkan dirinya sebagai tujuan investasi pilihan banyak investor.

"Zambia telah menciptakan daya tarik yang menarik investasi dan merupakan salah satu negara di Afrika yang menjadi tempat wajib untuk investasi,” kata Mutati.

Menurut Felix, setelah infrastruktur pembayaran digital yang dibayangkan sudah ada. Dia meramalkan masa depan di mana cryptocurrency adalah “pendorong untuk inklusi keuangan.” serta "pembuat perubahan untuk ekonomi Zambia".

Selain menggunakan cryptocurrency untuk memajukan agenda inklusi keuangan negara, Zambia berharap dapat mencapainya melalui mata uang digital bank sentral (CBDC) yang belum diluncurkan.  

Seperti dilaporkan oleh Bitcoin.com News pada Februari 2022, Bank Zambia mulai mengeksplorasi pro dan kontra penggunaan CBDC dan diharapkan menyelesaikannya pada kuartal IV tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penuhi Ambisi Jadi Pusat Kripto, Dubai Keluarkan Aturan Baru

Sebelumnya, Dubai masih berambisi untuk menjadi pusat teknologi keuangan salah satunya kripto. Ambisi ini diperkuat oleh Otoritas Pengatur Aset Virtual Dubai (VARA) yang merilis buku peraturan 2023 untuk mengatur cryptocurrency. 

Otoritas tersebut mengatakan setiap entitas di Dubai yang menerbitkan aset virtual harus mematuhi buku peraturan, dimulai dengan mengajukan izin untuk beroperasi di Dubai.

Menurut buku peraturan baru, setiap entitas yang ingin melakukan bisnis menggunakan cryptocurrency harus meminta otorisasi dan menerima lisensi dari otoritas pengatur sebelum menawarkan layanan mereka.

Lisensi dapat dicabut, kata buku peraturan, karena berbagai alasan, termasuk pelanggaran material terhadap undang-undang, peraturan, aturan, atau arahan apa pun, kepailitan, tunduk pada proses kepailitan, atau kegagalan untuk membayar keputusan oleh pengadilan di dalam atau di luar Uni Emirat Arab.

 

 

Badan itu mengatakan aturan baru dimaksudkan untuk menarik bisnis kripto, melindungi dealer dan investor aset digital, dan mengekang praktek ilegal, semuanya dalam layanan mempromosikan Dubai sebagai pusat regional dan internasional untuk aset virtual, meningkatkan daya saingnya baik secara lokal maupun internasional.

3 dari 5 halaman

Langkah Dubai Jadi Pusat Kripto

Direktur Jenderal Departemen Ekonomi dan Pariwisata Dubai dan Ketua Dewan Eksekutif VARA, Helal Saeed Almarri, mengatakan dalam sebuah pernyataan, misinya adalah menetapkan Emirat sebagai ibu kota ekonomi masa depan yang didukung oleh metaverse, AI, Web3.0 dan blockchain.

"Konstruk yang dirancang khusus ini mencerminkan komitmen UEA untuk membangun perlindungan yang bertanggung jawab, dan kepercayaan Dubai dalam menghadirkan ekosistem Virtual Asset progresif yang memupuk inovasi generasi berikutnya,” kata Almarri, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (13/2/2023).

Langkah Dubai jadi Pusat Kripto

Dubai telah mengambil langkah-langkah ke ruang blockchain sejak 2019, termasuk Departemen Pembangunan Ekonomi Dubai memindahkan layanannya ke registri berbasis blockchain di platform blockchain Dubai Pulse.

Beberapa perusahaan blockchain telah mengajukan dan memperoleh lisensi untuk beroperasi di dalam Emirat, termasuk Binance dan FTX. 

Pada Desember 2021, Binance menandatangani perjanjian dengan Otoritas Pusat Perdagangan Dunia Dubai yang bermaksud untuk mendirikan pusat yang dapat membantu perusahaan terkait blockchain lainnya mendapatkan lisensi di Dubai.

Pertukaran cryptocurrency lain yang beroperasi di Dubai termasuk Coinbase, Huobi, dan Kraken.

 

4 dari 5 halaman

Brasil Siapkan Keputusan Baru untuk Klarifikasi Aturan Kripto

Sebelumnya, Pemerintah Brasil sedang bersiap untuk mengeluarkan keputusan untuk mengisi ruang kosong yang dibiarkan terbuka oleh persetujuan undang-undang cryptocurrency baru-baru ini. Dokumen tersebut, disiapkan oleh Kementerian Keuangan yang akan menetapkan area pengawasan dan tanggung jawab Bank Sentral Brazil dan regulator sekuritas nasional (CVM).

Melansir Bitcoin, ditulis Sabtu (19/2/2023), anggota pemerintah Brasil bekerja untuk memperpanjang aturan mata uang kripto yang ditetapkan oleh undang-undang mata uang kripto yang disetujui pada 21 Desember oleh Presiden Jair Bolsonaro.  

Menurut laporan dari outlet lokal, Kementerian Keuangan sedang mengerjakan sebuah keputusan untuk mengisi kekosongan yang tidak diselesaikan oleh rumusan umum undang-undang tersebut. Dokumen tersebut harus ditinjau oleh pembantu eksekutif Presiden Luis Inacio "Lula" Da Silva sebelum mendapatkan sanksi.

Dokumen tersebut disiapkan oleh Gabriel Galipolo selaku sekretaris eksekutif Kementerian Keuangan, dan oleh sekretaris reformasi ekonomi, Marcos Pinto, dengan bantuan teknisi dari Bank Sentral Brasil dan regulator sekuritas nasional. Keputusan ini akan membagi tanggung jawab pengawasan cryptocurrency antara kedua institusi ini serta memberi mereka item yang jelas dan area pasar yang harus diperhatikan.

 

5 dari 5 halaman

Definisi Baru

Dokumen baru tersebut akan memberikan tugas kepada Bank Sentral Brasil untuk mengatur dan mengawasi perilaku pertukaran mata uang kripto di Brasil, menempatkan fokus khusus pada pemeriksaan yang mereka lakukan karena kepatuhan terhadap aturan yang dijelaskan dalam undang-undang. Penyedia layanan aset virtual (VASP) akan menerima peraturan yang serupa dengan yang dimiliki bank saat ini.

Sementara itu, definisi baru akan menempatkan regulator sekuritas Brasil di atas sekuritas yang dipatok, menganalisis apakah setiap aset yang dipatok merupakan sekuritas. Organisasi akan membentuk divisi baru yang didedikasikan untuk tugas ini, pengawasan aset digital.

Langkah ini konsisten dengan pernyataan Expedito Netto, mantan pelapor hukum, mengenai masa depan undang-undang tersebut dan revisi yang diumumkan oleh pemerintah Luis Inacio “Lula” Da Silva alias Presiden Brasil saat ini, pada Januari.

Masalah segregasi aset akan menjadi topik penting lain yang akan coba dimasukkan pemerintah ke dalam ketetapan ini. Subjek, yang menyiratkan bahwa bursa harus memisahkan asetnya dari aset milik penggunanya, diusulkan saat RUU tersebut masih dalam pembahasan. Namun, itu gagal menjadi bagian dari dokumen hukum final karena perbedaan pendapat di Kongres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.