Sukses

Minim, dari 383 Kripto Terdaftar Hanya Ada 10 Coin Lokal

Didid mengingatkan agar masyarakat dan kreator lokal ini tetap mempertimbangkan hal logis dan legalnya dari aset kripto.

Liputan6.com, Jakarta Plt Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Didid Noordiatmoko mengungkapkan dari 383 aset kripto yang terdaftar di Bappebti hanya ada 10 coin buatan lokal. 

“Kami dari Bappebti terus terang mendorong dan mengajak anak muda untuk ayo buat kripto lokal, masa nggak bisa sih, kan sudah ada contohnya yang 10 itu terbukti bisa terdaftar,” kata Didid dalam webinar Ekosistem Perdagangan Aset Kripto Modern ICDX, Jumat (17/2/2023). 

Didid menambahkan, terlepas koin itu nantinya disukai atau tidak oleh masyarakat, yang terpenting para kreator bisa membuat jenis kripto atau koin sebaik-baiknya. 

“Nah, dari sini kita juga ajak masyarakat bahwa ini ada kripto lokal kenapa kita enggak coba investasi di situ. Dengan adanya dua hal ini kami ingin mendorong semakin berkembangnya koin lokal dan industri kripto,” jelas Didid.

Meskipun begitu, Didid mengingatkan agar masyarakat dan kreator lokal ini tetap mempertimbangkan hal logis dan legalnya dari aset kripto. 

Bappebti secara berkala selalu melakukan evaluasi terhadap 383 aset kripto yang terdaftar. Jika nantinya ditemukan hal-hal yang tidak sesuai maka akan dilakukan delisting terhadap aset kripto tersebut. 

“Terbuka juga kemungkinan ada beberapa jenis lagi yang mungkin belum terdaftar tetapi sudah sudah layak, maka akan dilakukan listing. Jadi jumlah 383 itu tidak berhenti begitu saja, tetapi itu akan terus berkembang,” pungkas Didid.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenalan dengan Kripto Floki Inu, Salah Satu Meme Coin Terbesar di Dunia

Floki Inu (FLOKI Coin) adalah koin meme bertema anjing, yang menyebut dirinya bukan koin meme tetapi "sebuah gerakan". Ini adalah aset kripto yang lahir dari penggemar dan anggota komunitas Shiba Inu (SHIB) 

Dilansir dari Coinmarketcap, komunitas FLOKI menyebut dirinya "Floki Viking". Floki Inu bersumpah untuk menganggap serius upaya komunitasnya dalam mengembangkan kripto ini.

Floki Inu juga bermitra dengan CryptoCart, memberikan pemegangnya opsi untuk membeli barang di lebih dari 1.700 toko melalui kemitraan dengan CryptoCart (CC). Ini juga bekerja pada kemitraan serupa dengan Curate (XCUR) yang memungkinkan token Floki digunakan sebagai metode pembayaran di lokapasar barang fisik Curate.

Siapa Saja Pendiri Floki Inu?

Tidak seperti banyak koin meme lain seperti Shiba Inu, tim di balik Floki Inu tersedia untuk umum, tetapi bersifat pseudonim atau menggunakan nama samaran. FLOKI didirikan oleh sekelompok pelaku dan pengamat kripto dengan nama B, PetaByte Capital, Sabre, dan MrBrown Whale. 

Pengembang utama proyek ini adalah Jackie Xu, yang, menurut Floki Inu, adalah sosok yang dihormati dan disegani di industri dengan lebih dari satu dekade pengalaman blockchain. 

Tim mengumumkan Valhalla, metaverse gim NFT-nya, sedang dikembangkan oleh tim yang terdiri dari 11 orang, dengan lebih dari 50 tahun pengalaman tim gabungan dan berencana untuk segera berkembang menjadi tim yang terdiri dari 20 orang.

Keunikan Floki Inu

Floki Inu ingin membedakan dirinya dari koin meme lain dengan menggabungkan meme dengan utilitas.

Visi jangka panjang tim adalah untuk menciptakan ekosistem yang otonom dan terdesentralisasi, termasuk strategi kemitraan, membangun utilitas pada token itu sendiri, dan mengembangkan kasus penggunaan untuk merek Floki Inu melalui NFT, gim, dan fitur terdesentralisasi keuangan.

3 dari 3 halaman

Kapitalisasi Pasar Kripto Meme Coin Meningkat, Sentuh Rp 340,9 Triliun

Kapitalisasi pasar kripto koin meme telah naik nilainya terhadap dolar AS bulan lalu. Menurut statistik yang tercatat pada 9 Januari 2023, melalui archive.org, ekonomi koin meme bernilai USD 16,8 miliar atau setara Rp 253,4 triliun (asumsi kurs Rp 15,086 per dolar AS) 27 hari lalu.

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (9/2/2023), selama 27 hari terakhir, token meme telah menambahkan nilai USD 5,8 miliar atau setara Rp 86,3 triliun dan naik lebih dari 34 persen. Pada 5 Februari 2023, kapitalisasi pasar koin meme bernilai lebih tinggi yaitu USD 22,6 miliar atau setara Rp 340,9 triliun, meningkat 5,4 persen dari hari sebelumnya.

Peraih terbesar minggu ini di antara meme token termasuk kripto pomeranian eth (POM), naik 117,2 persen, baby doge coin (BABYDOGE), naik 113,9 persen, dan polydoge (POLYDOGE), naik 86,7 persen. 

Dua koin meme terkemuka dalam hal penilaian pasar, dogecoin (DOGE) dan shiba inu (SHIB), telah meningkat 5,3 persen menjadi 22,1 persen, dengan SHIB mengalami peningkatan yang lebih besar.

Dogecoin telah meningkat 29,4 persen dalam sebulan, sementara shiba inu telah meningkat 71,9 persen. Sebagian besar nilai ekonomi koin meme diperoleh sepanjang 2023. 

Pada 5 Februari 2023, pemenang terbesar di antara koin meme selama 24 jam terakhir termasuk arbinu (ARBINU), yang naik 51,9 persen, duckereum (DUCKER), naik 43,5 persen, dan onigiri neko (ONIGI), naik 35,3 persen. Koin meme terbesar, dogecoin, turun 1,7 persen terhadap dolar AS, sementara shiba inu naik 1,5 persen.

Koin meme terbesar ketiga, koin baby doge, meningkat 18,9 persen selama 24 jam terakhir. Meskipun naik 34 persen terhadap dolar AS dan nilai tambah USD 5,8 miliar dalam 27 hari, sebagian besar aktivitas pasar tetap terfokus pada dua koin teratas, DOGE dan Shiba Inu, menunjukkan permintaan aset koin meme terus ada.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.