Sukses

7 Raksasa Bank Global Ciptakan Dompet Digital

Dompet digital ini nantinya bisa ditautkan pada kartu debit dan kredit untuk pembayaran.

Liputan6.com, Jakarta - Tujuh bank besar global, seperti Bank of America, JPMorgan Chase, Wells Fargo, ruist, Capital One, PNC Bank, dan US Bank dilaporkan bekerja sama untuk meluncurkan dompet digital yang akan bersaing dengan penyedia dompet digital lainnya seperti Paypal dan Apple Pay.

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (28/1/2023), dompet tersebut akan dikelola oleh perusahaan fintech Early Warning Services (EWS), yang memiliki dan mengoperasikan Zelle. EWS menyediakan solusi manajemen risiko untuk lembaga keuangan, entitas pemerintah, dan perusahaan pembayaran.

Dompet digital baru, yang akan ditautkan ke kartu debit dan kredit pembeli untuk pembayaran online, akan beroperasi secara terpisah dari Zelle. Masih belum ada konfirmasi apakah kripto akan masuk dalam dompet ini. Namun, jika melihat PayPal, mereka sudah mengitegrasikan kripto pada dompet digitalnya.

Bank bertujuan untuk bersaing dengan penyedia dompet pihak ketiga lainnya seperti Paypal dan Apple Pay karena mereka khawatir akan kehilangan kendali atas hubungan pelanggan mereka, publikasi tersebut menyampaikan.

EWS berencana untuk mulai meluncurkan dompet baru pada paruh kedua tahun ini. Visa dan Mastercard sudah bergabung, dan perusahaan fintech lainnya telah menjangkau jaringan kartu lain, seperti Discover Financial Services, untuk menilai minat mereka dalam menambahkan kartu mereka ke dompet.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Senator Arizona Kenalkan RUU Baru, Ingin Jadikan Bitcoin Alat Pembayaran Sah

Sebelumnya, Senator Negara Bagian Arizona Wendy Rogers telah memperkenalkan beberapa Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait kripto, termasuk satu untuk membuat Bitcoin sebagai alat pembayaran sah.

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (28/1/2023), RUU tersebut disponsori bersama oleh rekan senat negara bagiannya dari Partai Republik Jeff Weninger dan J.D. Mesnard. Salah satu RUU mengusulkan membuat bitcoin sebagai legal tender. 

Undang-undang mendefinisikan cryptocurrency sebagai mata uang digital peer-to-peer yang terdesentralisasi di mana catatan transaksi dipertahankan pada blockchain bitcoin dan unit mata uang baru dihasilkan oleh solusi komputasi masalah matematika dan yang beroperasi secara independen dari pusat bank.

RUU lain mengusulkan mengizinkan lembaga negara untuk masuk ke dalam perjanjian dengan penerbit cryptocurrency untuk menyediakan metode untuk menerima cryptocurrency sebagai metode pembayaran denda, hukuman perdata atau hukuman lainnya, sewa, tarif, pajak, biaya, biaya, pendapatan, dan kewajiban keuangan

Selain itu, kripto direncanakan dapat digunakan dalam penilaian khusus untuk membayar berapapun jumlah yang harus dibayarkan kepada lembaga atau negara bagian ini.

Rogers memperkenalkan RUU serupa untuk membuat Bitcoin sebagai alat pembayaran sah di Arizona tahun lalu tetapi dengan cepat ditolak.

Pada September 2021, El Salvador menjadi negara pertama yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar AS. Sejak itu, negara yang dipimpin oleh presiden pro-bitcoin Nayib Bukele, telah membeli ribuan BTC untuk perbendaharaannya. November lalu, Bukele mengumumkan bawa El Salvador membeli bitcoin setiap hari.

3 dari 3 halaman

Elon Musk Gigit Jari, Simpanan Bitcoin Milik Tesla Rugi Rp 508,5 Miliar

Sebelumnya, dalam laporan pendapatan terbarunya, Tesla mengungkapkan pihaknya tidak membeli atau menjual Bitcoin apa pun pada kuartal terakhir 2022.

Dilansir dari Decrypt, Jumat (27/1/2023),Tesla alami biaya penurunan nilai sekitar USD 34 juta atau setara Rp 508,5 miliar (asumsi kurs Rp 14.947 per dolar AS)  karena nilai kepemilikan Bitcoin turun menjadi USD 184 juta atau setara Rp 2,7 triliun dari USD 218 juta atau setara Rp 3,8 triliun pada kuartal tiga 2022.

Dalam dunia akuntansi, biaya penurunan nilai adalah pengurangan nilai aset di bawah nilai tercatatnya atau biaya perolehan aset. Dalam konteks kepemilikan Bitcoin Tesla, ini berarti meskipun perusahaan masih memiliki jumlah BTC yang sama di neraca, nilai pasar simpanan telah turun dibandingkan kuartal sebelumnya.

Bitcoin diperdagangkan di bawah USD 20.000 atau setara Rp 299,1 juta pada akhir September 2022, sebelum jatuh di bawah USD 16.000 atau setara Rp 239,4 juta pada akhir tahun, menurut data CoinGecko.

Tesla dan Bitcoin

Tesla bergabung dengan jajaran perusahaan yang memegang cryptocurrency terkemuka ketika mengungkapkan telah berinvestasi USD 1,5 miliar atau setara Rp 22,4 triliun dalam Bitcoin pada Februari 2021, berita itu sontak mendorong harga BTC ke rekor tertinggi baru pada saat itu.

Perusahaan menjual 10 persen dari kepemilikan Bitcoinnya pada Q1 2021 untuk membuktikan likuiditas Bitcoin sebagai alternatif untuk menyimpan uang tunai di neraca, dengan penjualan signifikan berikutnya datang pada kuartal kedua 2022 ketika Tesla mengungkapkan mereka telah menjual 75 persen dari kepemilikan Bitcoinnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.