Sukses

Harga Kripto Hari Ini Sabtu 7 Januari 2023: Bitcoin Menghijau, Cardano Pimpin Penguatan

Mayoritas jajaran kripto teratas termasuk bitcoin kompak menghijau pada Sabtu, 7 Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bitcoin dan kripto jajaran teratas berbalik arah ke zona hijau pada perdagangan Sabtu (7/1/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas berada di zona hijau.

Mengutip data Coinmarketcap, Sabtu pagi, 7 Januari 2023, harga bitcoin dengan kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) naik 0,57 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin menanjak 2,05 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 16.944,76 atau sekitar Rp 264,52 juta (asumsi kurs Rp 15.612 per dolar AS).

Demikian juga harga ethereum (ETH). Harga ethereum bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir dengan naik 1,17 persen. Dalam 24 jam terakhir, harga ethereum melonjak 5,76 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.268,01 atau sekitar Rp 19,79 juta.

Sementara itu, harga binance coin (BNB) naik 0,86 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga BNB melompat 5,72 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 259,82 atau sekitar Rp 4,04 juta.

Harga XRP bertambah 1,09 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga XRP turun 0,11 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,344.

Penguatan juga dialami cardano (ADA). Harga cardano bertambah 1,94 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga cardano terbang 13,90 persen. Saat ini, harga cardano berada di posisi USD 0,2794.

Harga dogecoin (DOGE) naik 1,05 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga dogecoin bertambah 5,93 persen. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,07248.

Harga polygon (MATIC) bertambah 1,32 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga polygon melompat 5,51 persen. Saat ini, harga polygon berada di posisi USD 0,8025.

Stablecoin seperti tether (USDT) berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga tether naik tipis 0,01 persen. Harga tether kini di posisi USD 0,9997.

Saham USD Coin (USDC) naik tipis 0,01 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDC berada di zona merah. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1.00.

Selain itu, harga binance USD (BUSD) menguat terbatas 0,02 persen. Selama sepekan terakhir, harga BUSD naik 0,02 persen. Saat ini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apotek di Ukraina Kini Terima Pembayaran Kripto

Sebelumnya, Jaringan ritel Apotek di Ukraina, ANC telah menerima pembayaran kripto untuk membeli berbagai produk seperti obat-obatan dan barang-barang lainnya.

Opsi pembayaran baru ini sudah dapat diakses sejak Selasa (3/1/2023), perusahaan mengklaim telah menjadi jaringan apotek pertama di Eropa yang menawarkan pembayaran kripto. 

"Mulai 3 Januari, Anda dapat menikmati pembayaran instan saat membeli produk farmasi. Dimungkinkan untuk membayar pesanan dengan cryptocurrency di Anc,” isi pengumuman perusahaan, dikutip dari Bitcoin, Jumat (6/1/2023). 

Transaksi dengan kripto akan diproses melalui Binance Pay, sistem pembayaran yang dikembangkan oleh bursa aset digital terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan. 

Ini memungkinkan pengguna dan bisnis di seluruh dunia untuk membelanjakan, mengirim, dan menerima lebih dari 70 mata uang digital seperti bitcoin.

Untuk memanfaatkan layanan ini, pelanggan harus mengunduh dan menginstal aplikasi Binance, pergi ke situs web ANC, melakukan pemesanan dan membayar tagihan menggunakan Binance Pay. Kemudian mereka dapat menerima produk atau mengambilnya di salah satu toko jaringan.

ANC mengoperasikan jaringan apotek dengan nama mereknya dan menyatukan beberapa rantai Ukraina lainnya seperti Blagodiya dan Kopiyka. ANC memiliki toko di lebih dari 130 kota di Ukraina dengan lebih dari 7 juta pelanggan setiap tahunnya. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Ukraina memantapkan dirinya sebagai pemimpin regional dalam adopsi kripto.

Sejak Rusia meluncurkan invasinya pada akhir Februari, pemerintah negara itu dan organisasi sukarelawan mengandalkan sumbangan mata uang kripto untuk mendanai inisiatif pertahanan dan kemanusiaan, yang juga didukung oleh industri. 

 

3 dari 4 halaman

CEO Perusahaan Kripto Bangkrut Celsius Network Digugat Jaksa Agung New York

Sebelumnya, pemberi pinjaman kripto Celsius Network masih menghadapi konsekuensi sejak dinyatakan bangkrut pada 2022.

Kini, Jaksa Agung Negara Bagian New York, Letitia James telah menggugat mantan CEO Celsius Alex Mashinsky karena diduga menipu investor sebesar miliaran dolar dalam cryptocurrency. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (6/1/2023), eksekutif itu dituduh menyesatkan pelanggan tentang kesehatan keuangan Celsius yang memburuk, dan tidak mendaftar sebagai penjual atau sebagai pedagang komoditas dan sekuritas.

Kantor Kejaksaan Agung mengklaim Mashinsky secara keliru membanggakan investasi berisiko rendah dan mitra pemberi pinjaman yang andal sementara "secara rutin" mengekspos investor ke pendekatan berisiko tinggi yang mengakibatkan kerugian yang disembunyikan kepala perusahaan dari pelanggan. 

Dia juga membuat pernyataan yang tidak benar tentang keamanan, strategi, dan jumlah pengguna, menurut gugatan tersebut. Mantan kepala Celsius diduga menipu ratusan ribu investor (lebih dari 26.000 di negara bagian), beberapa di antaranya menurut James mengalami "kehancuran finansial".

New York berharap untuk melarang Mashinsky melakukan bisnis di negara bagian itu. Ia juga ingin Mashinsky membayar ganti rugi dan memberi kompensasi kepada investor yang terdampak. 

Dalam sebuah pernyataan, Celsius hanya menegaskan kembali Mashinsky mengundurkan diri sebagai CEO pada September dan "tidak lagi terlibat" dalam mengelola perusahaan.

Celsius adalah salah satu korban paling menonjol dari kehancuran kripto tahun lalu. Nilai tokennya anjlok dari USD 7,00 (Rp 109.446) pada 2021 menjadi hanya USD 3,00 (Rp 46.905) pada pertengahan 2022 

Hal itu sangat merusak perusahaan yang menawarkan pinjaman dengan sedikit agunan dan menjanjikan imbal hasil setinggi 18,6 persen. Celsius tidak memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk bertahan dari krisis. 

Kemudian Celsius membekukan penarikan pada Juni lalu untuk menstabilkan asetnya, tetapi memilih kebangkrutan pada bulan berikutnya untuk merestrukturisasi dan memberikan kesempatan yang lebih baik untuk berkumpul kembali.

 

4 dari 4 halaman

Kripto Senilai Rp 60,9 Triliun Hilang Sepanjang 2022 Akibat Berbagai Insiden

Sebelumnya, perusahaan analitik kripto, Immunefi dalam sebuah Laporan Kerugian Kripto 2022 mengungkapkan lebih dari USD 3,9 miliar (Rp 60,9 triliun) kripto hilang tahun lalu. Angka tersebut, turun 51,2 persen dibandingkan dengan 2021, ketika lebih dari USD 8 miliar (Rp 125 triliun) dicuri, menurut laporan itu.

Kerugian kripto didefinisikan sebagai kombinasi dari peretasan dan dugaan insiden penipuan. Pemimpin teknologi dari tim triase di Immunefi, Adrian Hetma, mengatakan mengatakan pada 2022, sebagian besar kerugian, atau USD 3,77 miliar (Rp 58,9 triliun), berasal dari peretasan di 134 insiden tertentu. 

Selain itu, sekitar USD 175 juta (Rp 2,7 triliun) hilang karena penipuan di 34 insiden dalam jangka waktu yang sama. 

"Keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan keuangan terpusat (CeFi) mengalami peristiwa bencana besar, termasuk ledakan ekosistem Terra/LUNA dan jatuhnya FTX pertukaran kripto terpusat. Tapi secara keseluruhan, DeFi adalah target utama untuk peretasan yang berhasil lebih dari 80 persen,” kata Immunefi, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (6/1/2023).

Dua blockchain yang paling ditargetkan tahun lalu adalah BNB Chain ekosistem blockchain pertukaran kripto Binance  dan blockchain Ethereum layer-1, masing-masing dengan 65 dan 49 insiden. 

Bersama-sama, BNB Chain dan Ethereum mewakili lebih dari setengah serangan blockchain sebesar 63,3 persen. Mengikuti di belakang keduanya adalah Solana, dengan 12 insiden, atau 6,7 persen dari total serangan pada 2022.

Menantikan 2023, diprediksi “kerugian” kripto akan mencapai miliaran lagi karena lebih banyak pemain memasuki ruang dan modal terus mengalir masuk. 

Memperbaiki jangka panjang ini akan menjadi produk dari langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan, sesuatu yang tidak semua proyek, blockchains , protokol dan entitas aset digital lainnya telah diprioritaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.