Sukses

Terkuak, Orangtua Sam Bankman-Fried Terima Pembayaran dari FTX

Bankman dibayar oleh FTX setidaknya selama satu tahun saat dia mengerjakan proyek amal FTX.

Liputan6.com, Jakarta - Saat berbicara di depan Kongres AS tentang keruntuhan FTX, CEO FTX baru, John J. Ray III, ditanya tentang orangtua Sam Bankman-Fried (SBF) dan apakah Joseph Bankman (ayah SBF) adalah seorang karyawan FTX atau tidak. 

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ray menjawab “dia menerima pembayaran, keluarga pasti menerima pembayaran”. Pernyataan CEO FTX di depan Kongres mengikuti laporan yang menuduh USD 121 juta (Rp 1,8 triliun) di real estat Bahama dikaitkan dengan orangtua SBF dan FTX. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (19/12/2022), satu rumah tertentu adalah rumah senilai USD 16,4 juta yang dibeli atas nama orangtua SBF, tetapi SBF merinci itu dimaksudkan untuk menjadi milik perusahaan. 

Menurut penulis Wall Street Journal Justin Baer dan Hardika Singh, juru bicara keluarga menjelaskan Bankman dibayar oleh FTX setidaknya selama satu tahun saat dia mengerjakan proyek amal FTX. Juga dikatakan Bankman menasihati SBF sebelum dia berbicara di depan Komite Jasa Keuangan DPR pada 8 Desember 2021.

Laporan juga mencatat Bankman menyarankan SBF tentang masalah hukum sebelum pengajuan kebangkrutan Bab 11 dan pengunduran dirinya. Meskipun saat ini tidak diketahui apakah orang tua SBF lebih terlibat dalam urusan bisnis SBF, keluarga menghadapi tagihan hukum yang signifikan dari pengacara kerah putih yang disewa SBF.

Juru bicara orangtua SBF mengatakan tidak pernah bermaksud dan tidak pernah percaya mereka memiliki manfaat atau kepemilikan ekonomi atas rumah tersebut. 

Kedua orangtua SBF, sama-sama mengajar kelas hukum di Universitas Stanford, dan publikasi berita Puck baru-baru ini menerbitkan sebuah artikel yang mengatakan orang tua SBF terobsesi dengan etika.

Ayah SBF telah menjadwalkan kelas hukum untuk mengajar bulan ini dan dia baru-baru ini membatalkan kelasnya, sementara Ibu SBF baru-baru ini mengundurkan diri dari komite aksi politik super (PAC) Mind The Gap, sebuah PAC yang dia bantu dirikan pada 2018.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analis Sebut Runtuhnya FTX Tak Berdampak pada Sistem Keuangan Tradisional

Sebelumnya, kepala analisis investasi AJ Bell, Laith Khalaf mengungkapkan, tidak ada limpahan risiko dari cryptocurrency ke aset yang lebih tradisional. 

Hal ini diungkapkan di tengah kasus miliaran dolar Amerika Serikat (AS) hilang ketika bursa FTX ambruk, menimbulkan pertanyaan tentang apakah pergerakan di bidang kripto dapat memantul ke sistem keuangan lainnya.

“Kripto memiliki banyak uang tetapi itu dibangun sebagai ekosistem yang terpisah,” kata kepala analisis investasi Laith Khalaf dikutip dari CNBC, Sabtu (17/12/2022). 

Meskipun begitu, Khalaf mengatakan,  itu bukan berarti tidak akan ada tumpang tindih di masa depan. Potensi limpahan risiko masih ada di masa depan. 

“Jika kami memiliki masalah yang lebih luas pada sistem, Anda dapat mulai melihatnya memengaruhi aset lain, tetapi saya tidak benar-benar melihatnya,” tambahnya.

Khalaf enggan membuat prediksi ke mana cryptocurrency akan pergi selanjutnya karena itu sangat dapat diubah sebagai aset.

“Kita bisa duduk di sini berbicara kali ini tahun depan dan Bitcoin bisa mencapai USD 5.000 atau USD 50.000. Itu tidak mengejutkan saya karena pasar sangat didorong oleh sentimen,” kata Khalaf.

Dan sementara ada pertanyaan tentang adopsi cryptocurrency jangka panjang, Khalaf membuat satu poin dengan banyak kepastian.

“Untuk masa mendatang, cryptocurrency tetap menjadi aset yang sangat fluktuatif dan spekulatif,” katanya.

Dalam dua pengajuan pengadilan terpisah, pengacara FTX mengatakan pada November kemungkinan memiliki lebih dari 1 juta kreditur, dan berutang kepada 50 kreditur tanpa jaminan sebesar USD 3,1 miliar.

Pendiri dan mantan CEO bursa, Sam Bankman-Fried, kemudian didakwa menipu investor pada Selasa setelah ditangkap pada Senin.

3 dari 4 halaman

Dampak Bangkrutnya FTX, Kanada Perketat Pengawasan Kripto

Sebelumnya, Administrator Sekuritas Kanada (CSA) akan memperkuat pendekatannya terhadap pengawasan kripto menyusul peristiwa baru-baru ini di pasar kripto akibat runtuhnya FTX. Hal itu disampaikan CSA dalam sebuah pernyataan.

Badan tersebut, yang terdiri dari regulator sekuritas dari masing-masing 10 provinsi dan tiga wilayah di Kanada, mengatakan akan memperluas persyaratan yang ada untuk platform yang saat ini beroperasi di negara tersebut. 

Pada Agustus 2022 telah diumumkan regulator mengharapkan perusahaan kripto yang tidak terdaftar di negara tersebut untuk melakukan pra-pendaftaran (PRU) sementara aplikasi mereka disetujui.

"Jika platform yang saat ini tunduk pada undang-undang sekuritas di Kanada tidak mengirimkan PRU ke regulator utamanya atau berhenti beroperasi, CSA akan mempertimbangkan semua opsi peraturan yang berlaku,” kata CSA, dikutip dari CoinDesk, Sabtu, 17 Desember 2022.

CSA menambahkan hal itu dilakukan untuk membuat platform mematuhi undang-undang sekuritas, termasuk tindakan penegakan hukum.

Regulator di seluruh dunia telah melihat kripto dengan lebih kritis sejak FTX, yang merupakan pertukaran terbesar ketiga berdasarkan volume pada satu titik, menyatakan bangkrut dan telah menyalahgunakan dana pelanggan. Mantan CEO-nya, Sam Bankman-Fried, ditangkap pada Senin setelah AS mengajukan tuntutan pidana.

Peristiwa baru-baru ini, di mana beberapa perusahaan kripto dan koin terbesar telah runtuh termasuk Celsius Network dan algoritmik stablecoin terraUSD (UST) dari Terra, telah menyebabkan miliaran terhapus dari pasar kripto dalam setahun.

Platform perdagangan kripto yang terdaftar sebagai sekuritas atau telah mengajukan PRU dilarang mengizinkan klien Kanada untuk berdagang atau mendapatkan eksposur ke sekuritas atau turunan kripto, pernyataan itu mengingatkan perusahaan.

4 dari 4 halaman

Mantan CEO FTX Ungkap Ingin Dirikan Usaha Baru untuk Ganti Kerugian Investor

Sebelumnya, mantan CEO dari pertukaran kripto FTX yang runtuh, Sam Bankman-Fried (SBF) menyebut memiliki rencana untuk memulai bisnis baru untuk membayar kembali investor dan pengguna FTX.

Hal itu disampaikan SBF dalam sebuah wawancara bersama BBC yang diterbitkan pada Sabtu, 10 Desember 2022.

"Saya akan memberikan apa saja untuk bisa melakukan itu. Dan saya akan mencoba jika saya bisa. Saya akan memikirkan tentang bagaimana kami dapat membantu dunia dan jika pengguna tidak mendapatkan banyak kembali, saya akan memikirkan tentang apa yang dapat saya lakukan untuk mereka,” kata SBF dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (17/12/2022). 

FTX mengajukan kebangkrutan pada 11 November dan diperkirakan satu juta pelanggan dan investor kehilangan miliaran dolar Amerika Serikat dalam runtuhnya bursa. Namun, Bankman-Fried menegaskan tidak sengaja mencampurkan dana nasabah atau melakukan penipuan. 

“Saya tidak sengaja melakukan penipuan, saya rasa saya tidak melakukan penipuan, saya tidak ingin semua ini terjadi. Saya jelas tidak kompeten seperti yang saya kira,” ujar SBF.

Bankman-Fried juga ditanya apakah dia siap dengan kemungkinan dia masuk penjara. Mantan CEO FTX itu menjawab ada waktu di malam hari untuk merenung.

“Ya, tetapi ketika saya bangun di siang hari, saya mencoba dan fokus, seproduktif mungkin dan mengabaikan hal-hal yang di luar kendali saya,” ungkap SBF. 

Setidaknya satu orang mengatakan dia akan mendukung SBF lagi jika dia memiliki usaha lain. Bintang Shark Tank Kevin O'Leary, alias Mr. Wonderful, percaya Bankman-Fried adalah salah satu trader terbaik di dunia kripto. 

Dia dan manajer dana lindung nilai Bill Ackman yakin mantan kepala FTX itu tidak sengaja melakukan penipuan. O'Leary dibayar USD 15 juta oleh FTX untuk menjadi juru bicara bursa. Bintang Shark Tank juga hampir mendapatkan USD 8 miliar untuk menyelamatkan FTX sebelum runtuh.

Pada Senin malam waktu AS, Kantor Kejaksaan Agung dan Kementerian Hukum mengumumkan Bankman-Fried telah ditangkap oleh Kepolisian Kerajaan Bahama setelah AS mengajukan tuntutan pidana terhadapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.