Sukses

Pasar Kripto Datar, Analis Sebut Sentimen Makro Ekonomi Belum Kuat

Liputan6.com, Jakarta - Pergerakan pasar kripto pada tengah pekan ini terhitung turun tipis dalam 24 jam terakhir. Meskipun ditutup merah, pergerakan harga Bitcoin masih cenderung datar.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono mengatakan, faktor utama market kripto tidak menunjukan reli karena dorongan dari makroekonomi yang belum menguat. 

"Saat ini, hambatan makroekonomi tetap tidak menguntungkan dan hal ini kemungkinan akan tetap terjadi sampai investor memiliki gambaran yang lebih jelas tentang kebijakan The Fed soal suku bunga,” kata Afid dalam analisis pasar harian yang diterima Liputan6.com, Rabu (7/12/2022).

Afid menambahkan, tidak hanya kripto, indeks saham Amerika Serikat (AS), seperti Wall Street S&P 500 ditutup melemah pada perdagangan Selasa, 6 Desember 2022 dengan turun untuk sesi keempat berturut-turut. 

Hal ini disebabkan oleh investor khawatir kenaikan suku bunga The Fed dan perbincangan resesi yang mendekat.

"Pelemahan pasar saham AS juga menyebabkan investor kurang bergairah bermain kripto. Alhasil market cenderung bergerak sideways," ujar Afid.

Selain makroekonomi, berita negatif juga datang dalam beberapa hari belakangan. Genesis Global Trading dan perusahaan induknya, Digital Currency Group, dilaporkan memiliki hutang sebesar USD 900 juta (Rp 14 triliun) ke pelanggan Gemini Earn. Laporan tersebut cukup mengkhawatirkan soal keberlangsungan Genesis.

Sementara itu, bursa kripto Bybit menjadi sorotan setelah mengumumkan telah melakukan PHK massal untuk kedua kalinya pada tahun ini. 

Kabar-kabar itu cukup menekan aksi investor di market. Sentimen market kripto kembali menurun setelah aset kripto dengan kapitalisasi tinggi ditutup merah. Fear and Greed Index ditutup pada level 29, dengan kategori Fear.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Analisis Teknikal

Dari sisi analisis teknikal, Bitcoin konsisten bergerak sideways setelah berhasil pumping sejak 30 November lalu. Dari data relative strength index (RSI) mengindikasikan belum adanya pergerakan impulsif dari aksi beli dan jual. 

Pergerakan harga BTC bergerak sideways pada 20-Day exponential moving average (EMA) dengan level USD 16.978 (Rp 264,4 juta) sebagai dinamis support. Apabila pergerakan harga Bitcoin berhasil breakout titik tersebut, maka support yang menjadi resistance di level US$ 17.510 menjadi target naik selanjutnya.

Meskipun begitu, Afid menyebut beberapa aset kripto berhasil menarik sentimen positif market kripto setelah berhasil naik tinggi, seperti TKO yang meroket 40 persen dalam 24 jam terakhir, 

“AXS yang berhasil pumping sebesar 27,76 persen, SNX naik sebesar 8,83 persen, dan FTM melanjutkan tren positifnya, dengan kenaikan sebesar 4,26 persen,” pungkas Afid.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto pada Rabu Pagi 7 Desember 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Rabu (7/12/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali bertengger di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi, 7 Desember 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat tipis 0,14 persen dalam 24 jam terakhir dan 3,15 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 16.997 per koin atau setara Rp 265,5 juta (asumsi kurs Rp 15.624 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) masih melemah pagi ini. ETH turun 0,40 persen, tetapi masih menguat 2,94 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.255 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 0,17 persen, tetapi masih melemah 2,61 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 288,96 per koin. 

Kemudian Cardano, masih melemah. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 1,13 persen, tetapi masih naik 1,92 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,3162 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) masih bertengger di zona hijau dengan penguatan selama satu hari terakhir sebesar 1,50 persen dan 5,07 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 14,10 per koin.

Sedangkan XRP juga turut menghijau. XRP menguat 0,16 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 2,00 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3899 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini masih terkoreksi. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 1,80 persen dan 2,62 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,09942 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami penurunan ke level USD 851 miliar dari sebelumnya di level USD 852 miliar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.
    Kripto
  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.
    Bitcoin
  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe
    Saham
  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.
    The Fed
  • Crypto
  • Cryptocurrency