Sukses

6.100 Mesin ATM Kripto Terpasang di Dunia Sepanjang 2022

Liputan6.com, Jakarta - Data yang dikumpulkan oleh Crypto Presales, menunjukkan sekitar 6.100 mesin ATM kripto dan bitcoin yang dipasang dalam sebelas bulan pertama 2022. Ini hampir tiga kali lebih sedikit dari yang dipasang pada periode yang sama tahun lalu. 

Perlambatan nyata dalam jumlah ATM yang baru dipasang berbeda dengan peningkatan pesat dalam jumlah pemasangan baru yang terlihat pada 2021. 

Seperti yang dijelaskan dalam laporan Crypto Presales, pada 2021 instalasi ATM kripto dan bitcoin paling banyak sejauh ini sekitar 20.300 mesin yang baru dipasang. Rekor jumlah instalasi baru tahun itu menjadikan jumlah total ATM kripto di dunia menjadi 32.600.

Sebaliknya, pada 2022, yang didominasi oleh pasar beruang akibat runtuhnya Terra LUNA dan baru-baru ini runtuhnya FTX, jumlah ATM yang dipasang turun untuk pertama kalinya.

“Pada pertengahan 2022, ada sekitar 37.800 ATM kripto di seluruh dunia. Jumlahnya terus meningkat dan mencapai lebih dari 38.800 pada Agustus. Namun, pada September, jumlah BTM turun untuk pertama kalinya, dengan jumlah mesin turun menjadi 38.400,” isi laporan tersebut, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (28/11/2022).

Namun, laporan tersebut mengungkapkan jumlah ATM yang terpasang telah pulih dan diyakini telah mencapai sekitar 39.000 pada pertengahan November 2022.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kepemilikan ATM Kripto

Amerika Serikat Menguasai 

Sementara itu, data yang dikumpulkan oleh Crypto Presales menunjukkan Amerika Serikat menyumbang sekitar 90 persen dari semua ATM kripto dan bitcoin yang terpasang pada 2022. 

Menurut data, 2.688 ATM terpasang di Kanada menempati posisi kedua dalam daftar sepuluh besar negara dengan sebagian besar mesin pengeluaran kripto. Negara-negara lain dalam sepuluh besar memiliki kurang dari 300 ATM terpasang.

Kepemilikan ATM Kripto

Dengan pangsa pasar 33 persen dan lebih dari 12.000 mesin per November, Bitaccess mewakili produsen ATM kripto terbesar di dunia. General Bytes menempati peringkat kedua dengan pangsa pasar 23 persen dan sekitar 9.000 BTM. Genesis Coin dan Bitstop mengikuti dengan pangsa pasar masing-masing 22 persen dan 5 persen.

Laporan tersebut, yang mengandalkan data dari Coin ATM Radar, mencatat 82 persen dari semua mesin yang terpasang mendukung altcoin. Sekitar 80 persen ATM mendukung litecoin, 73 persen mendukung ethereum, dan hanya 39 persen mendukung dogecoin.

3 dari 4 halaman

El Salvador Bikin Kantor Bitcoin Nasional

Sebelumnya, Pemerintah El Salvador telah menciptakan National Bitcoin Office atau Kantor Bitcoin Nasional  (ONBTC) setelah Presiden El Salvador Nayib Bukele mengungkapkan akan beli satu bitcoin setiap hari.

Dalam laporan juga disebutkan kalau entitas itu dibuat melalui surat keputusan nomor 49 yang ditandatangani Menteri Pariwisata dan Ekonomi Bukele. Demikian disebutkan laporan Torres yang dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (27/11/2022).

Kantor Bitcoin Nasional didirikan dengan ‘otonomi fungsional dan teknis dalam kepresidenan' pada 25 November 2022. Kantor bitcoin nasional ini untuk mengelola semua proyek yang terkait dengan cryptocurrency dan didirikan dalam keputusan Nomor 49 oleh Presiden El Salvador Nayib Bukele. Keputusan nomor 49 diterbitkan dalam lembaran negara resmi El Salvador yang dirangkas dlaam pasal dua.

“Pasal dua mendefinisikan tujuan ONBTC yang akan merancang, diagnosis, merencanakan, memprogram, menggordinasikan, menindaklanjuti, mengukur, menganalisis, dan evaluasi rencana, program dan proyek yang terkait dengan bitcoin untuk pembangunan ekonomi negara,” demikian dari unggahan yang diterbitkan oleh catatan Torres.

“Itu juga akan dapat berkolaborasi dengan negara lain bisa diperlukan, dalam hal yang berkaitan dengan bitcoin,”

Pembuatan ONBTC mengikuti Bukele yang menjelaskan negaranya akan membeli satu bitcoin setiap hari. Pada saat itu, simpanan bitcoin El Salvador sekitar 2.381 BTC, dan sudah sembilan hari sejak pengumuman Bukele yang berarti negara itu telah memperoleh sembilan bitcoin lagi.

4 dari 4 halaman

Unit Administrasi Khusus

Torres menyebutkan, Bukele akan bertanggung jawab untuk menunjuk direktur ONBTC dan pendukung bitcoin, istri Max Keiser Stacy Herbert akan terlibat.

“Merasa terhormat untuk terlibat dalam menyiapkan kantor bitcoin untuk presideb Bukele,” cuitan Herbert pada 1 November 2022.

Selain itu, ONBTC memiliki akun Twitter dan mengatakan, laporan akan segera dipublikasikan. “Kantor bitcoin nasional akan segera menerbitkan laporan pertama kami. Topiknya akan membahas penambangan bitcoin di El Salvador,”

Laporan itu juga menunjukkan kalau tagihan aset digital akan membantu mendukung rencana penerbitan obligasi bitcoin. Gagasan obligasi bitcoin El Salvador telah ditunda dan laporan mencatat obligasi itu mungkin diterbitkan oleh perusahaan La Geo.

Adapun kantor ONBTC juga akan mengelola pertemuan individu dengan Bukele sehubungan dengan pelajaran bitcoin dan blockchain.

“Badan baru ini akan bekerja sebagai unit administrasi khusus dengan otonomi fungsional dan teknis,”

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS